Hubungan antara Hasil Prakerin, Kreativitas dan Kemandirian dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Produktif pada Program Keahlian Akuntansi di SMK Kabupaten Karanganyar

Endang Purwatiningsih. Hubungan antara Hasil Prakerin, Kreativitas dan Kemandirian dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Produktif pada Program Keahlian Akuntansi di SMK Kabupaten Karanganyar. Tesis Surakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, Nopember : 2007

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Hubungan antara hasil prakerin, kreativitas dan kemandirian secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata diklat produktif akuntansi di SMK kabupaten Karanganyar. (2) Hubungan antara hasil prakerin dengan prestasi belajar mata diklat produktif akuntansi di SMK kabupaten Karanganyar. (3) Hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar mata diklat produktif akuntansi di SMK kabupaten Karanganyar. (4) Hubungan antara kemandirian dengan prestasi belajar mata diklat produktif akuntansi di SMK kabupaten Karanganyar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK kabupaten Karanganyar tahun 2009. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas XII program keahlian Akuntansi di SMK kabupaten Karanganyar yang berjumlah 363. Sampel diambil dengan teknik Proportional random sampling sejumlah 149 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penyebaran angket, dokumentasi dan tes.. Uji coba dengan responden 32 siswa. Untuk uji validitas angket kemandirian digunakan rumus product moment. Selanjutnya untuk uji reliabilitas angket kemandirian digunakan rumus Alpha. Validitas dan reliabilitas instrumen prestasi belajar mata diklat produktif dengan menggunakan rumus point biserial dan rumus KR 20. Hasil uji validitas angket kemandirian belajar dari 60 item terdapat 53 item yang valid dan uji reliabilitas menghasilkan r11 = 0,952. Hasil uji validitas tes prestasi belajar mata diklat produktif akuntansi dari 40 soal terdapat 34 soal yang valid, sedangkan koefisien reliabilitas sebesar 0,908. Teknik analisis data digunakan teknik analisis regresi ganda tiga prediktor dan teknik korelasi parsial dengan taraf signifikan α 0,05. Sebelum analisis data terlebih dahulu perlu dilakukan pengujian prasyarat analisis yang meliputi : (1) Uji normalitas data, (2) Uji Linieritas dan Keberartian, (3) Uji Independen.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil suatu simpulan yaitu, (1) Ada hubungan yang positif antara hasil prakerin, kreativitas dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata diklat produktif akuntansi di SMK kabupaten Karanganyar. Dengan ( Rxy123 = 0,434 ) dan (Fhitung = 11,220 > F(3.145;0.05) = 2,67). (2) Ada hubungan yang positif antara hasil Prakerin dengan prestasi mata diklat produktif akuntansi di SMK kabupaten Karanganyar, apabila variabel kreativitas dan kemandirian tetap.( rhitung = 0,277 ) dan ( thitung = 3,472 > t¬tabel 1,960 ). (3) Ada hubungan yang positif antara kreativitas dengan prestasi mata diklat produktif akuntansi di SMK kabupaten Karangnyar, apabila variabel hasil prakerin dan kemandirian tetap.( rhitung = 0,2,60 ) dan ( thitung = 3,243 > t¬tabel 1,960). (4) Ada hubungan yang positif antara kemandirian dengan prestasi mata diklat produktif akuntansi di SMK kabupaten Karangnyar, apabila variabel hasil prakerin dan kreativitas tetap. (rhitung = 0,161) dan ( thitung = 1,964 > t¬tabel 1,960). Koefisien determinasi sebesar Rtotal2 = 0,188 . Hasil korelasi parsial menunjukan hubungan yang tidak terlalu kuat, tetapi di sarankan untuk tetap memperhatikan ketiga aspek (hasil prakerin, kreativitas dan kemandirian) dalam meningkatkan prestasi belajar mata diklat produktif akuntansi SMK