Upaya Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Memparafrasakan Puisi Melalui Teknik Permainan Simulasi dan Media Kartu Lambang Majas (Penelitian Tindakan Kelas VII B SMP Negeri 7 Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012)

ABSTRAK

HENDRIYATI TRIKORWATI. NIM: S541108039. 2012. Upaya Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Memparafrasakan Puisi Melalui Teknik Permainan Simulasi dan Media Kartu Lambang Majas (Penelitian Tindakan Kelas VII B SMP Negeri 7 Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012). TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi; II. Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret.

Kemampuan mengajarkan materi memparafrasakan puisi guru rendah. Kemampuan ini berdampak pada proses belajar dan hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuanmemparafrasakan puisi dan untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP kelas VII B SMP Negeri 7 Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012, melalui teknik permainan simulasi dan media kartu lambang majas.
Penelitian dilakukan pada sejumlah 32 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik validasi data yang digunakan dalah teknik triangulasi data danmetode. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis interaktif. Analisis dilakukan terhadap kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dan guru. Pelaksanaan penelitian di-mulai dari kondisi awal, siklus I, sampai dengan siklus III.
Kesimpulan: ada peningkatan kemampuan memparafrasakan puisi dan minat belajar siswa melalui teknik permaian simulasi dan media kartu lambang majas.Pada kondisi awal minat belajar siswa dalam keadaan rendah, sedangkan siklus terakhir dalam keadaan tinggi. Hasil belajar siswa pada kondisi awal, 12,5 % mencapai batas KKM 70, sedangkan siklus terakhir mencapai 75 %. Simpulan hasil penelitian adalah penerapan teknik permainan simulasi dan media kartu lambang majas meningkatkan minat belajar dan kemampuan memparafrasakan puisi.

Kata kunci: parafrasa puisi, teknik dan media, meningkat

ABSTRACT

HENDRIYATI TRIKORWATI. NIM: S541108039. 2012. ”The Attempt Of Improving Learning Interest and Poetry Paraphrasing Abilitythrough Simulation Game and Figure Of Speech Symbol Card Media Techniques” (A Research on the VII B Graders of SMP Negeri 7 Kebumen in the School Year of 2011/2012).
TESIS. Adviser I: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi; Adviser II. Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum. Indonesian Language and Letters Education Study Program Teacher Training and Education Facultyof Sebelas Maret University

The teacher’s capability of teaching poetry paraphra-sing material is still low. The objectives of research are to improve the poetry paraphrasing ability and to improve the learning interest of the VII B graders of SMP Negeri 7 Kebumen through simulated game technique and figure of speech symbol card media.
This study was conducted with 32 students. The type of research used was a qualitative one. Techniques of validating data used were data and method triangulations. Techniques of analyzing data used were descriptive and interactive analysis. The analysis was conducted on the weakness and the strength of students’ and teachers’ performance. The study was carried out from prior condition to cycle I and to cycle III.
There was an improvement in the learning process quality and poetry paraphrasing learning achievement through simulation game and figure of speech symbol media. In prior condition the students’ learning interest was still low, but in the last cycle it was high. The students’ learning achievement in prior condition was 12.5% reaching the KKM 70 limit, while in the last cycle 75%.
Conclusion: The application of simulated game technique and figure of speech symbol card media improved the learning interest and the capability of paraphrasing poetry.

Keywords: poetry paraphrasing, technique and media improved