Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa dengan Menggunakan Metode Montessori (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Jombor 03 Bendosari Sukoharjo pada Tahun Ajaran 2011/ 2012)

ABSTRAK

SARI HANDAYANI. NIM: S890809210. 2012. Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa dengan Menggunakan Metode Montessori (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Jombor 03 Bendosari Sukoharjo pada Tahun Ajaran 2011/ 2012). TESIS. Pembimbing I: Dr. Ngadiso, M.Pd., II: Dr. Abdul Asib, M.Pd. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pasca Sarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Thesis ini ditulis untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa dan untuk mengetahui apakah mengajarkan kosakata dengan menggunakan Metode Montessori dapat meningkatkan kemampuan kosakata siswa, dan untuk mencari tahu kelemahan dan keuntungan mengajaar kosakata menggunakan Metode Montessori. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kurangnya penguasaan kosakata siswa SD Negeri Jombor 03 Sukoharjo yang disebabkan oleh kegagalan instruksi kosakata.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dari bulan April hingga Agustus 2012 pada kelas IV. Prosedur penelitian dimulai dari mengidentifikasi masalah, merencanakan aksi, mengimplementasikan aksi, mengobservasi aksi, dan merefleksikan hasil penelitian. Data kualitatif didapat dari observasi, kuesioner menggunakan Constant Comparative Method (CCM) / Metode Perbandingan Konstan.Data kuantitatif didapat dari pre-test, penilaian reguler dan post-test. Dalam menganalisis data kuantitatif, peneliti menggunakan pemaparan statistik menjelaskan skor tertinggi, terendah dan nilai tengahnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan Metode Montessori dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa pada semua aspek: arti, pengucapan, pelafalan, dan penggunaannya. Kondisi kelas sangat kondusif dan menyenangkan untuk anak-anak untuk mempelajari kosakata. Siswa termotivasi untuk mempelajari kosakata. Selama pengimplementasian penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa siswa dapat meningkatkan konsentrasi, motivasi, dan minat, pekerjaan, mental disiplin, kepercayaan diri, dan partisipasi. Selebihnya, siswa yang gaduh dan pemalu merespon dengan lebih baik setiap instruksi kosakata yang diberikan. Kelemahan penelitian ini secara umum dikarenakan waktu yang terbatas, kegaduhan, siswa pemalu, dan efek peningkatan kepercayaan diri siswa.

Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Metode Montessori.

ABSTRACT

SARI HANDAYANI. NIM: S890809210. 2012. Improving the Students’ Vocabulary Mastery Using Montessori Method (A Classroom Action Research at SD Negeri Jombor 03 Bendosari Sukoharjo in the Academic Year of 2011/2012). THESIS. Consultant I: Dr. Ngadiso, M.Pd., II: Dr. Abdul Asib, M.Pd. English Education Department Graduate Program University of Sebelas Maret.

This thesis is written to improve the students’ vocabulary mastery and to know whether teaching vocabulary using Montessori Method can improve the students’ vocabulary mastery, and to find the strengths and the weaknesses of teaching vocabulary using Montessori Method. The problem highlighted in this research is the low vocabulary mastery of students in SD Negeri Jombor 03 Sukoharjo that is caused by the failure of vocabulary instructions.
The research is conducted in two cycles from April to August 2012 in class IV. The procedure of the research consists of identifying problem, planning the action, implementing the action, observing the action, and reflecting the result of the research. The qualitative data were derived from observation forms, questionnaire, interviews, and document analysis of the students’ work. In analyzing qualitative data, the researcher uses Constant Comparative Method (CCM). The quantitative data were derived from the pre-test, regular assessment and the post-tests. In analyzing quantitative data, the researcher used a descriptive statistics.
The result of the research shows that Montessori Method can improve the students’ vocabulary mastery in all aspects: meaning, pronunciation, spelling, and the usage. The class condition is conducieve and enjoyable for children to study vocabulary. The students are motivated to study vocabulary. The researcher summarizes that the students can develop their concentrations, motivations, and interest, work, mental discipline, self-confident, and participation. Moreover, the introvert and noisy students get better response in following the vocabulary instruction. The weaknesses of the research are generally due to the limited time, the niosy, introvert students, and the effect of the increasing of the students’ self confidence.

Keyword: Vocabulary Mastery, Montessori Method.