Kajian Antropologi Sastra dan Nilai Pendidikan Novel Ca Bau Kan Karya Remy Sylado

ABSTRAK

Muhammad Sholehuddin. S841108017. 2013. “Kajian Antropologi Sastra dan Nilai Pendidikan Novel Ca Bau Kan Karya Remy Sylado”. TESIS. Pembimbing I Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., II: Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kompleks ide novel Ca Bau Kan karya Remy Sylado. (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan kompleks aktivitas novel Ca Bau Kan karya Remy Sylado. (3) Mendeskripsikan dan menjelaskan kompleks hasil budaya novel Ca Bau Kan karya Remy Sylado. (4) Mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Ca Bau Kan karya Remy Sylado.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata. Data penelitian ini adalah novel Ca Bau Kan karya Remy Sylado. Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi sastra untuk mendeskripsikan kompleks ide, aktivitas, dan hasil budaya novel Ca Bau Kan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik noninteraktif dengan membaca novel dan analisis dokumen. Validasi data menggunakan trianggulasi data.
Hasil penelitian ini menyimpulkan: a) kompleks ide novel Ca Bau Kan karya Remy Sylado terdiri dari lima pandangan hidup masyarakat Tionghoa, yaitu: (1) kompleks ide tentang hakikat hidup manusia (HH), (2) kompleks ide tentang hakikat karya manusia (HK), (3) kompleks ide tentang hakikat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu (HW), (4) kompleks ide tentang pandangan manusia terhadap alam semesta (HA), dan (5) kompleks ide tentang hakikat hubungan antarmanusia (HM), b) kompleks aktivitas novel Ca Bau Kan karya Remy Sylado terdiri dari: (1) kompleks aktivitas yang berhubungan dengan kekerabatan (K), (2) kompleks aktivitas yang berhubungan dengan ekonomi (Ec), (3) kompleks aktivitas yang berhubungan dengan pendidikan (Ed), (4) kompleks aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan ilmiah (Sc), (5) kompleks aktivitas yang berhubungan dengan estetika dan rekreasi (AR), (6) kompleks aktivitas yang berhubungan dengan reliji (R), (7) kompleks aktivitas yang berhubungan dengan politik, dan (8) kompleks aktivitas yang berhubungan dengan somatis (Sm), c) kompleks hasil budaya novel Ca Bau Kan karya Remy Sylado dibagi dalam beberapa jenis, yakni: (1) kompleks hasil budaya berbentuk bahasa (B), (2) kompleks hasil budaya berbentuk sistem pengetahuan (SP), (3) kompleks hasil budaya berbentuk organisasi sosial (OS), (4) kompleks hasil budaya berbentuk teknologi (Tk), (5) kompleks hasil budaya berbentuk alat produksi/mata pencarian, (MP), (6) kompleks hasil budaya berbentuk reliji (R), dan (7) kompleks hasil budaya berbentuk kesenian (K). d) Nilai-nilai pendidikan yang ditemukan dalam novel Ca Bau Kan dipilah menjadi tiga jenis, yakni (1) nilai religi, (2) nilai moral, (3) nilai sosial, dan (4) nilai budaya.

Kata kunci: antropologi sastra, novel Ca Bau Kan, nilai-nilai pendidikan

ABSTRACT

Muhammad Sholehuddin. S841108017. 2013. “Literary Anthropology Study and Education Value of Novel Ca Bau Kan Authored by Remy Sylado”. THESIS. Advisor: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., Co-Advisor: Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd. The Study Program of Indonesian Language Education, Postgraduate Program, Sebelas Maret University Surakarta.

The aimed of the Research is: (1) to describe and explain idea complexity of novel Ca Bau Kan authored by Remy Sylado. (2) to describe and explain the activity complexity of novel Ca Bau Kan authored by Remy Sylado. (3) to describe and explain result complexity of novel Ca Bau Kan authored by Remy Sylado. (4) to describe and explain the education values that lay in novel Ca Bau Kan authored by Remy Sylado.
This is a qualitative research. Qualitative research is a research procedure that results in description data in form of words. The data of this research is novel entitled Ca Bau Kan. This research used literary anthropology approach to know about the idea complexity, activity, cultural result complexity Ca Bau Kan a novel by Remy Sylado. Technique to the collecting data which is used by reading novel and analyzing document. The validation data applies trianggulation data.
The research result conduces that: a) The Idea Complexity of novel Ca Bau Kan authored by Remy Sylado divided into five Chinese way of life: (1) idea complexity about the essence of human life (HH), (2) idea complexity about the essence of human creation (HK), (3) idea complexity about the essence human position in space of time (HW), (4) idea complexity about human point of view to the universe (HA), and (5) idea complexity about the essence of human relationship (HM). b) The Activity Complexity of novel Ca Bau Kan authored by Remy Sylado divided into some resultants such: (1) activity complexity that related to the fraternity (K), (2) activity complexity that related to the economy (Ec), (3) activity complexity that related to the education (Ed), (4) activity complexity that related to the scientific activities (Sc), (5) activity complexity that related to the aesthetic and recreation (AR), (6) activity complexity that related to the religion (R), (7) activity complexity that related to the politic (P), and (8) activity complexity that related to the somatic (Sm). c) The Cultural Result Complexity of novel Ca Bau Kan authored by Remy Sylado divided into some kind, such: (1) complex of cultural result in language (B), (2) complex of cultural result in knowledge system (SP), (3) complex of cultural result in social organization (OS), (4) complex of cultural result in technology (Tk), (5) complex of cultural result in production tools or occupation (MP), (6) complex of cultural result in religion (R), and (7) complex of cultural result in arts (K). Education Values that found in novel Ca Bau Kan authored by Remy Sylado divided into four kinds, such: (1) Religious Value, (2) Moral Value, (3) Social Value, and (4) Cultural Value.

Keywords: Literary Anthropology, Novel Ca Bau Kan, Education Values.