Kualitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru Di MAN Purwodadi Kabupaten Grobogan

ABSTRAK

Edi Agus Triyanto. A121308015. Kualitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru Di MAN Purwodadi Kabupaten Grobogan. Tesis. Program Pascasarjana Ilmu Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing I Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr, AIFO. II Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, guru juga dituntut untuk mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan, khususnya aspek kognitif, psikomotor dan afektif bagi setiap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru siswa MAN Purwodadi Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2014/2015 dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization ( TAI )
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini kepala sekolah, guru dan siswa . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Purwodadi tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 34 orang dengan teknik Purposiv Sampling. Variabel bebas adalah Model Pembelajaran kooperatif Tipe Time Assisted individualization (TAI), dan variabel terikat adalah hasil belajar tolak peluru Teknik pengumpulan data dengan melalui tes, wawancara mendalam ,dokumentasi dan observasi kemampuan gerak dasar tolak peluru dari proses kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi planning, acting, observasi dan reflecting.
Data hasil analisis yang diperoleh bahwa pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan model pembelajaran Tipe time Assisted Individulization (TAI) dilakukan secara menyeluruh terdapat peningkatan dari kondisi awal. Penilaian meliputi 3 aspek (kognitif, psikomotor dan afektif). Yaitu aspek kognitif menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat dari (70.57%) menjadi (94.11%), pada aspek spikomotor menunjukkan ketuntasan belajar siswa dari (70.58%) menjadi (88.23%), sedangkan pada aspek afektif menunjukkan ketuntasan belajar siswa dari (88.22%) menjadi (100%).
Kesimpulam bahwa penerapan model pembelajaran tipe Time Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa yang meliputi 3 aspek yaitu kognitif, spikomotor dan afektif,

Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), peningkatan hasil belajar, dan tolak peluru

ABSTRACT

Edi Agus Triyanto. A121308015. Quality of Cooperative learning Model Team Assisted Individualization (TAI) Type Application in the Improvement of learning of Outcome of in The Shot-up at MAN Purwodadi Grobogan . Thesis. Graduate School of Sport Science, University of March Surakarta, Consultant I Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr, AIFO. II Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.

The background of this research is that in teaching of physical education, teachers are also required to be able to increase growth and development of the students, particularly cognitive, psychomotor and affective aspect for each student. The purpose of this research is to improve student learning outcomes of shot put at MAN Purwodadi Grobogan academic year 2014/2015 with the Application of Cooperative Learning Model Team Assisted Individualization (TAI) type.
The research method that used is qualitative research. Source of data in this research is the principal, teachers and students. The subjects were students of X class at MAN Purwodadi academic year 2014/2015 amounted to 34 students with Purposive sampling techniques. The independent variable is a cooperative learning model Assisted individualization Time (TAI) type, and the dependent variable is the learning outcomes of shot put. Data collection technique used tests, in-depth interviews, documentation and observation about basic motion capabilities of shot put in the learning process activities. Data analysis technique used data reduction, data display, and drawing conclusion. Validity test of the data in this research used triangulation with descriptive, based on qualitative analysis. The procedures of this research include the planning, acting, observing and reflecting.
The data analysis results obtained that the shot put learning used learning model of Assisted Individualization Time (TAI) type is done thoroughly, there was an increase from the initial conditions. Assessment includes three aspects (cognitive, psychomotor and affective). For cognitive aspect show that students’ learning mastery is increased from (70.57%) into (94.11%), the psychomotor aspect shows students’ learning mastery from (70.58%) into (88.23%), whereas the affective aspect shows that students’ learning mastery from (88.22% ) into (100%).
The conclusion is the application of learning models of Time Assisted Individualization (TAI) type can improve students’ learning outcomes of shot put which includes three aspects, namely cognitive, psychomotor and affective.

Keywords: application of Cooperative Learning Model of Team Assisted Individualization (TAI) type, increase of learning outcomes, and shot put