Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Starter Eskperimen (PSE) Melalui Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains Dan Kreativitas Siswa (Studi Kasus Pada Materi Pokok Bahasan Metabolisme Untuk Kelas XII IPA SMAN 2 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013)

ABSTRAK

Dwijono. S.831108016. Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Starter Eskperimen (PSE) Melalui Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains Dan Kreativitas Siswa (Studi Kasus Pada Materi Pokok Bahasan Metabolisme Untuk Kelas XII IPA SMAN 2 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013). TESIS Prodi Pendidikan Sains Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing I: Prof. Dr. Widha Sinarno, M.Pd dan Pembimbing II: Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Starter Eksperimen melalui inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi, pengaruh keterampilan proses sains dan kreativitas siswa serta interaksi diantara ketiganya terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan dilaksanakan bulan September 2012 – Oktober 2012. Populasi adalah semua siswa kelas XII IPA SMAN 2 Madiun. Sampel penelitian diambil dengan metode cluster random sampling terdiri dari 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk prestasi belajar kognitif dan kreativitas serta metode angket untuk mengukur keterampilan proses sains serta metode observasi untuk data prestasi belajar afektif dan psikomotor. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dengan desain faktorial 2 x 2 x 2 menggunakan software SPSS versi 16 dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil pada penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan prestasi kognitif, afektif dan psikomotor terhadap pengunaan Pendekatan Starter Eksperimen; (2) ada perbedaan antara Keterampilan proses tinggi dan rendah terhadap prestasi kognitif, afektif dan psikomotor; (3) terdapat perbedaan prestasi kognitif, afektif dan psikomotor terhadap siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah; (4) tidak terdapat perbedaan prestasi kognitif, afektif dan psikomotor terhadap penggunaan Pendekatan Starter Eksperimen dengan Keterampilan proses; (5) terdapat interaksi prestasi kognitif, dan tidak ada interaksi prestasi afektif dan psikomotor terhadap penggunaan Pendekatan Starter Eksperimen dengan kreativitas; (6) terdapat perbedaan prestasi afektif, psikomotor dan ada interaksi prestasi kognitif terhadap Keterampilan proses dan kreativitas; (7) tidak terdapat perbedaan prestasi kognitif, afektif dan psikomotor terhadap penggunaan metode inkuiri melalui demonstrasi dan eksperimen, Keterampilan proses dan kreativitas.

Kata Kunci : Pendekatan Starter Eksperimen, inkuiri, keterampilan proses, kreativitas.

ABSTRACT

Dwijono. S.831108016. Learning Biology With Starter Eskperimen Approach (SEA) Through Guided Inquiry And Modified Free Inquiry With Science Process Skills And Creativity Students Review (In Case Study Of Metabolism Discussion Topic For Class XII Of Science Program Of SMAN 2 Madiun Academic School Year Of 2012/2013). THESIS Science Education Program Graduate Program. Sebelas Maret University of Surakarta. Advisor I: Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd and Advisor II: Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si.

The purpose of this research were to find out: the effect of starter experiment approach through guided inquiry and modified free inquiry, the effect of science proses skill, the effect of creativity and there interaction toward students learning achievement.
The research by experimental method and was conducted from September 2012 to October 2012. The population of this research was all student of XII IPA class program of SMAN 2 Madiun. The sample was taken using cluster random sampling method consisted of 2 classes, collecting data using a test method for cognitive achievement and student creativity. Processing of the measuring for student skill was giving by using questionnaire. Measuring for the affective and psychomotor performances of the student was used by observing and testing method. The data was analyzing with variant factorial design 2 x 2 x 2 of the SPSS version 16 software with 5% significance level.
The results show that: (1) there were differences in cognitive achievement, affective and psychomotor to use Starter Experiment Approach, (2) there were differences between the high and low skill towards achievement of cognitive, affective and psychomotor, (3) there were used by differences in cognitive achievement, affective and psychomotor to students with high and low creativity, (4) there was no differences in performance of cognitive, affective and psychomotor to use Starter Experiment Approach with process skills, (5) there were interactions of cognitive performance, and no interactions of affective and psychomotor performances against the use of Starter Experiment with creative approaches, (6) there were differences in achievement affective, psychomotor and cognitive performance were no interaction for process skills and creativity, (7) there was no differences in performances of cognitive, affective and psychomotor aspects of the use of methods of inquiry through demonstration and experimentation, and process skills creativity.

Keywords: Starter Experiment Approach, inquiry, process skills, creativity.