Pola Interaksi Guru dan Siswa Tunanetra dalam Pembelajaran Matematika di SMPLB A YKAB Surakarta

ABSTRAK

Siti Khoiriyah. S851108067. 2013. Pola Interaksi Guru dan Siswa Tunanetra dalam Pembelajaran Matematika di SMPLB A YKAB Surakarta. TESIS. Pembimbing I: Dr. Imam Sujadi, M.Si, II: Drs. Pangadi, M.Si. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola interaksi guru dan siswa tunanetra dalam pembelajaran matematika tentang suatu pengetahuan konseptual dan prosedural di kelas IX SMPLB A YKAB Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis studi kasus, yaitu mempelajari secara mendalam interaksi guru dan siswa untuk kemudian dapat dideskripsikan pola interaksinya dalam pembelajaran matematika.
Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan seluruh siswa kelas IX SMPLB A YKAB Surakarta. Data dalam penelitian ini berupa interaksi guru dan siswa yang diperoleh dari hasil transkripsi rekaman kegiatan pembelajaran selama dua kali observasi. Hasil transkripsi tersebut berupa percakapan guru dan siswa yang selanjutnya direduksi untuk memperoleh percakapan terkait dengan pembelajaran pengetahuan konseptual dan prosedural. Selanjutnya, dilakukan pelabelan gerak tutur dan baku tutur pada percakapan pembelajaran konseptual dan prosedural. Berdasarkan pelabelan tersebut, kemudian dikategorikan menjadi 3 yaitu: 1) Baku tutur yang diawali dengan gerak tutur beri informasi (BIn), 2) Baku tutur yang diawali dengan gerak tutur unjuk informasi (UIn), dan 3) Baku tutur yang diawali dengan gerak tutur tunda informasi (TIn). Masing-masing kategori tersebut akan dianalisis sehingga dapat diketahui interaktor yang saling berinteraksi yang selanjutnya disebut sebagai data interaksi guru dan siswa. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu, yaitu dengan mencocokkan data interaksi guru dan siswa pada observasi pertama dengan data interaksi guru dan siswa pada observasi kedua. Hasil pencocokan tersebut akan digunakan untuk menggambarkan pola interaksinya.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pola interaksi guru dan siswa tunanetra dalam pembelajaran matematika tentang suatu pengetahuan konseptual di kelas IX SMPLB A YKAB Surakarta adalah pola interaksi dua arah disertai interaksi antar siswa. 2) Pola interaksi guru dan siswa tunanetra dalam pembelajaran matematika tentang suatu pengetahuan prosedural di kelas IX SMPLB A YKAB Surakarta adalah pola interaksi multi arah (optimal).

Kata Kunci: pola interaksi, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural, pembelajaran matematika, siswa tunanetra.

ABSTRACT

Siti Khoiriyah. S851108067. 2013. Interaction Patterns Teacher and Blind Students in The Teaching-Learning Mathematics Process in SMPLB A YKAB Surakarta. THESIS. Supervisor I: Dr. Imam Sujadi, M.Si, II: Drs. Pangadi, M.Si. Program Study of Matemathics Education. Post-graduate Program of sebelas Maret University, Surakarta.

The aim of this study is to describe the interaction pattern of the teacher and blind–students in teaching-learning math on a conceptual and procedural knowledge in class IX SMPLB A YKAB Surakarta. This research is a qualitative case study type that studies in depth about the interaction teacher and students and then the interaction pattern can be described in the teaching-learning mathematics process.
The subjects of this research are mathematics teacher and all students of class IX SMPLB A YKAB Surakarta. The data in this study forms of the teacher and student interactions that is obtained from the recording transcriptions in teaching-learning activity for two consecutive observations. The transcription results form of the teacher and students conversation that are further reduced to obtain some conversations related to the teaching-learning conceptual and procedural knowledge. Furthermore, It will be done the labeling of the motion speech and raw speech in the conversation conceptual and procedural learning-teaching. Based on the labeling, and then categorized into three, namely: 1) Raw speech that begins with the giving information motion speech (GIn), 2) Raw speech that begins with the showing information motion speech (SIn), and 3) Raw speech that begins with the delaying information motion speech (DIn). Each category will be analyzed so that it can be seen by the interactor who interacts each other then is called as the teacher and student interaction data. Techniques validity of the data that used in this study is a triangulation, namely by comparing the interaction of teacher and students on the first observations with the teacher and students interaction data in the second observation. Matching results will be used to describe the interaction patterns .
The results of this research were: 1) The teacher and blind-students interaction pattern in Math teaching-learning process about the conceptual knowledge of mathematics in class IX SMPLB A YKAB Surakarta was a two-way interaction pattern that is followed by the interaction with students. 2) The teacher and blind students interaction pattern in Math teaching-learning process about the procedural knowledge of mathematics in class IX SMPLB A YKAB Surakarta was multidirectional interaction patterns.

Key words: pattern interaction, conceptual knowledge, procedural knowledge, teaching-learning mathematics process, blind students.