PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN METODE PROYEK DAN RESITASI DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) (Studi Kasus Materi Biologi ” Plantae ” Di kelas X Semester dua MA Negeri 3 Klaten Th.2008/2009 )

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN METODE PROYEK DAN RESITASI DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) (Studi Kasus Materi Biologi ” Plantae ” Di kelas X Semester dua MA Negeri 3 Klaten Th.2008/2009 )*DWI ASTUTI PRATIWI**)

Penelitian tentang PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN METODE PROYEK DAN RESITASI DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) (Studi Kasus Materi Biologi ” Plantae ” Di kelas X Semester dua SMA Negeri 3 Klaten Th.2008/2009 ) telah dilaksanakan di SMA Negeri 3 Klaten, Kabupaten Klaten. Waktu : Maret 2008/2009. Tujuan Penelitian Mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah menggunakan metode proyek dan metode penugasan (resitasi),pengaruh kreativitas dan konsep diri terhadap prestasi belajar biologi siswa.Populasi penelitian : adalah siswa kelas X semeseter dua yang berjumlah tujuh kelas, sampel yang dipakai empat kelas diambil secara purposive sampling. Variabel dari penelitian ini terdiri atas satu variabel terikat dan empat variabel bebas yaitu : Variabel terikat adalah prestasi belajar biologi, Variabel bebas, terdiri dari, pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode proyek, pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Penugasan ( Resitasi), Kreativitas tinggi dan rendah, Konsep diri (Self Concept) kuat dan lemah. Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut : 1)Perlakuan Metode Pembelajaran berbasis masalah (Project-Based Learning ) mata pelajaran biologi plantae , secara faktor tunggal tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, 2) Perlakuan Kreativitas siswa pada terhadap prestasi belajar siswa, 3) Perlakuan Konsep diri secara faktor tunggal tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. 4) Perlakuan Kombinasi antara faktor Metode Pembelajaran berbasis masalah (Project-Based Learning ) dan Kreativitas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, 5) Kombinasi antara Metode Pembelajaran berbasis masalah (Project-Based Learning ) dan Konsep diri tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, 6) Kombinasi antara Kreativitas dan Konsep diri siswa tidak ber pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, 7)Perlakuan Kombinasi antara Metode pada Pembelajaran berbasis masalah (Project-Based Learning ) Kreativitas dan Konsep diri, tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa
Key word: Program Based Learning, Creativity, Self Concept, Achievment