Pengaruh Penggunaan Media Model, Media Gambar Dan Kemampuan Awal Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Sekolah Dasar (Studi Eksperimen pada SD Negeri Kecamatan Gondangrejo Karanganyar TA 2009/2010)

Bambang Supriyadi. Judul: Pengaruh Penggunaan Media Model, Media Gambar Dan Kemampuan Awal Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Sekolah Dasar (Studi Eksperimen pada SD Negeri Kecamatan Gondangrejo Karanganyar TA 2009/2010). Tesis, Surakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan media model dan media gambar terhadap prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. (2) Perbedaan mengenai hasil prestasi belajar IPA antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. (3) Interaksi pengaruh antara penggunaan media pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 02 Selokaton dan SD Negeri 01 Tuban Kecamatan Gondangrejo. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 02 Selokaton sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan media model dan kelas V SD Negeri 01 Tuban sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan media gambar. Metode pengumpulan data menggunakan test dan metode analisis data menggunakan analisis anava dua jalan.

Hasil penelitian ini menunjukkana bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran yang menggunakan media model dan media gambar terhadap prestasi belajar siswa. (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah terhadap prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar. Siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi hasilnya akan lebih baik, dari pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. (3) Terdapat interaksi pengaruh yang sinifikan antara penggunaan media dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar.
Guru hendaknya mampu memilih media pembelajaran yang tepat agar mudah diterima dan dipahami siswa, untuk meningkatkan prestasi belajar IPA disarankan untuk menggunakan model Media model dan Media gambar sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar IPA.