Pengaruh Penggunaan Media Lingkungan dan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Ditinjau dari Kreativitas Siswa ( Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V di SD Negeri Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013)

ABSTRAK

Raharti. S 811108031. Pengaruh Penggunaan Media Lingkungan dan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Ditinjau dari Kreativitas Siswa ( Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V di SD Negeri Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013). Tesis. Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Tahun 2013 THESIS. Haris Mudjiman. Nunuk Suryani. Educational Technology Department, Mastery Degree. Sebelas Maret University.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan media lingkungan dengan media gambar terhadap prestasi belajar siswa. (2) Perbedaan pengaruh yang signifikan antara kreativitas siswa tinggi dengan kreativitas siswa rendah terhadap prestasi belajar. (3) Interaksi pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan interaksi terhadap prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimental. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Selogiri yang berjumlah 786 siswa yang terdiri dari 35 SD. Teknik penelitian yang digunakan adalah multi stage cluster random sampling. Sampel penelitian yang terpilih adalah SD Negeri Kepatihan sebanyak 30 siswa sebagai sampel eksperimen dan SD Negeri I Pule sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol.
Ketepatan dan kesahihan tes prestasi belajar diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Validitas butir soal diuji menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Karl Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus belah dua. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas dan homoginitas) dan Analisis Variansi (ANAVA) dua jalan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Perbedaan pengaruh penggunaan metode Inquiry discovery dan metode diskusi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V sekolah dasar negeri di Kecamatan Selogiri, hal ini dapat diketahui bahwa hasil perolehan Fo=93,476 > Fo,05=4,02, (2) ada Perbedaan pengaruh kemampuan awal siswa tinggi dengan kemampuan awal siswa rendah terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V sekolah dasar negeri di Kecamatan Selogiri (Fo=158,529 > Fo,05 =4,02), dan (3), ada interaksi pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V sekolah dasar negeri di Kecamatan Selogiri (Fo= 22,927 >Fo,05=4.02).

Kata Kunci : Media Lingkungan dan media Gambar, Kreativitas, prestasi belajar

ABSTRACT

Raharti. S 811 108 031. 2012. THE INFLUENCE OF USING IMAGE MEDIA AND ENVIRONMENT MEDIA TO THE ACHIEVEMENT OF LEARNING NATURAL SCIENCE EVALUATED FROM STUDENTS’ CREATIVITY (Experimental Study in the Fifth Grade Students of State Elementary Schools in Selogiri District, Wonogiri Regency Academic Year 2012/2013)THESIS. Haris Mudjiman. Nunuk Suryani. Educational Technology Department, Mastery Degree. Sebelas Maret University.

The study aimed to determine: (1) a significant difference in the use of image media and environment media to students’ achievement, (2) a significant difference between high students’ creativity and low students’ creativity to students’ achievement, (3) a significant interaction between the influence of using image media and environment media; and high and lower students’ creativity to students’ achievement in learning Natural Science.
Type of the research is experimental. The research was conducted at the state elementary schools in Selogiri district. The population in this study was all the fifth grade elementary school students in the Selogiri district totaling 786 students consisting of 35 elementary schools. Sampling technique used in this study is multi stage cluster random sampling. The research samples were 30 students of SD Negeri Kepatihan as the experimental samples and 30 students of SD Negeri I Pule as the control group.
The accuracy and validity of achievement tests were examined by validity test and reliability test. The validity was tested by using the correlation formula of Karl Pearson Product moment and the reliability was tested by using Two Sides formula. The data analysis technique used was the prerequisite test (normality and homogeneity test) and Two Way of Variance Analysis (ANOVA).
Based on the result, it can be concluded: (1) there are differences in the influence of the use of image media and environment media on the Natural Science learning achievement of the fifth grade students in the state elementary schools in Selogiri, it can be seen that the proceeds from Fo = 93, 476 > Fo, 05 = 4, 02, (2) There are differences in the influence of high students’ creativity and low students’ creativity on the Natural Science learning achievement of the fifth grade students in the state elementary schools in Selogiri (Fo = 158, 529 > Fo, 05 = 4, 02) and (3) there is an interaction between the influence of using image media and environment media; and high and lower students’ creativity to the students’ achievement in learning Science of the fifth grade students in elementary school in selogiri (Fo – 22, 927 > Fo, 05 = 4, 02).

Keywords: environment media, image media, creativity, learning achievement