Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Kinerja Perawat Dalam Dokumentasi Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Soegiri Lamongan

ABSTRAK

Arifal Aris. S541108009. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Kinerja Perawat Dalam Dokumentasi Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Soegiri Lamongan. TESIS. Pembimbing I: Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D., II : Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Program Studi Kedokteran Keluarga, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pengetahuan perawat dalam menyelesaikan masalah klien dan bagaimana cara mendokumentasikannya harus selalu meningkatkan diri dalam hal kemampuan dan pengetahuannya, karena keunikan dari klien dan kebutuhan yang sangat individual. Kekurangan dalam dokumentasi keperawatan dapat mengakibatkan inkonsistensi asuhan keperawatan dan tidak mampu mengevaluasi terapi yang efektif. Permasalahannya, pada saat ini kemampuan perawat di Indonesia belum disertai dengan pengetahuan yang cukup untuk melakukan dokumentasi yang benar

Desain penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Kuasi & After Only With Control Design. Populasi adalah perawat yang berada di ruang perawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Soegiri Lamongan. Sampel dalam penelitian ini sebesar 80 perawat dengan tehnik pengambilan sampel exhaustive sampling, Pengumpulan data dengan kuesioner dan observasi. Analisa data dengan menggunkan uji Maan Whitney.

Hasil dari penelitian ini adalah kelompok perawat yang dilatih rata-rata memiliki pengetahuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak dilatih dengan nilai (p<0,001). Dan kelompok perawat yang dilatih rata-rata memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak dilatih (p = 0,001)

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan kesehatan sangat berpengaruh terhadap pengetahuan dan kinerja perawat dalam pelaksanaan dokumentasi asuhan keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soegiri Lamongan.

Kata kunci: Pendidikan kesehatan, pengetahuan dan kinerja.

ABSTRACT

Arifal Aris. S541108009. Influence of Health Education on Knowledge and The Performance of The Nurses in The Nursing Care of Documentation in General Hospital (RSUD) dr. Soegiri Lamongan. Thesis. Advisors I: Prof. Bhisma Murti, dr.,MPH., M.Sc., Ph.D., II: Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Study course of Family Doctoring, Graduate Program, Sebelas Maret University of Surakarta.

Nurse knowledge to solve client’s problems and how it documented should always raise oneself in terms of ability and his knowledge, because the peculiarities of clients and needs very individual. Deficiencies in the documentation of nursing can result inconsistencies care of nursing and not able to evaluate effective therapy. The problems, at the moment the ability of nurses in Indonesia have not been accompanied by sufficient knowledge to perform the correct documentation.
The research design used was Quasi Experiment and After Only With Control Design. The Population was a nurse in the General Hospital maintenance room (RSUD) dr. Soegiri Lamongan. The sample in this study were 80 nurses with sampling techniques of exhaustive sampling. Data collection using the questionnaire and observation. Data analysis with Maori Whitney test.
The result of this research is the average nurse trained having knowledge higher compared with not trained in value (p<0,001). And the average nurse trained having performance higher than trained (p=0,001).
The conclusion of this research is health education would influence the knowledge and the performance of a nurse in the implementation of documentation an orphanage nursing in local hospital (RSUD) dr. Soegiri Lamongan

Key words : Health education, knowledge and performance.