Pengaruh Lingkungan Belajar dan Metode Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Asuhan Persalinan di Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta

ABSTRAK

Margiyanti. S541102052. 2013. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Metode Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Asuhan Persalinan di Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta. TESIS: Pembimbing I: Prof. Dr. Didik G. Tamtomo, dr., MM., M.Ke., PAK., Pembimbing II: Putu Suriyasa, dr., MS., PKK., Sp.OK., Program Studi Magister Kedokteran Keluarga, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2013.

Prestasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta pada semester genap tahun akademik 2012/2013 kurang optimal. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah lingkungan belajar dan Metode Pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan; 1) untuk menganalisis pengaruh lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta; 2) Untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran dengan prestasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta; dan 3) untuk menganalisis pengaruh lingkungan belajar dan metode pembelajaran dengan prestasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan di Akademi Kebidanan Ummi Khasanah menggunakan jenis penelitian kuantitatif non eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah seluruh mahasiswa semester empat sebanyak 56 mahasiswa, dengan menggunakan teknik total sampling. Uji Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji regresi linieritas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1) Lingkungan belajar secara parsial tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa, hal ini ditunjukkan dengan harga F hitung > F tabel 0,929 < 2,131 dan nilai signifikansi 0,357 > 0,05. 2) Metode pembelajaran secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa, hal ini ditunjukkan dengan harga F hitung > F tabel (-3,745 > -18,131) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Lingkungan belajar dan metode pembelajaran secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa, hal ini ditunjukkan dengan harga F hitung > F tabel (13,775 > 3,06) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Metode Pembelajaran, dan Prestasi Belajar.

ABSTRACT

Margiyanti. S541102052. 2013. The Effect of Environmental Learning and Teaching Methods With Students Learning Achievement in Maternity Care Course in Ummi Khasanah Academy of Midwifery Yogyakarta. Thesis: Principal Advisor: Prof. Dr. Didik G. Tamtomo, dr., MM., M.Ke., PAK., Co-advisor: Putu Suriyasa, dr., MS., PKK., Sp.OK., The Graduate Program in Family Medicine, Sebelas Maret University, Surakarta, 2013.

Achievement of students in Yogyakarta Khasanah Ummi Midwifery Academy in the second semester of academic year 2012/2013 is less than optimal. It is influenced by several factors, including the learning environment and learning methods.
This research aims: 1) to analyze the effect of the learning environment and the learning achievement of students at the Academy of Midwifery Ummi Khasanah Yogyakarta; 2) To analyze the influence of learning methods and the learning achievement of students at the Academy of Midwifery Ummi Khasanah Yogyakarta, and 3) to analyze the influence of learning environments and methods learning with learning achievement of students at the Academy of Midwifery Ummi Khasanah Yogyakarta.
The research was conducted at the Academy of Midwifery Ummi Khasanah using non-experimental quantitative research design with pretest-posttest control group design Nonequivalent. The samples used were all students of fourth semester by 56 students, with a total sampling technique. Hypothesis testing is done using regression test linearity.
Based on the results of this study concluded that: 1) partial learning environment have no effect on student achievement, as shown by the price of F count> F table 0.929 <2.131 and significance value 0.357> 0.05. 2) learning method in partial effect on student achievement, as shown by the price of F count> F table (-3.745> -18.131) and the significance value 0.000 <0.05. 3) Learning environment and learning methods simultaneously significant positive effect on student achievement, as shown by the price of F count> F table (13.775> 3.06) and significance value 0.000 <0.05.

Keywords: Learning Environment, Learning Methods and Learning Achievement.