Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Komunikasi dan Konseling dalam Kebidanan Ditinjau dari Motivasi Belajar

Triswanti. S541202159. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Komunikasi dan Konseling dalam Kebidanan Ditinjau dari Motivasi Belajar. Tesis : Pembimbing 1: Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd, II: Prof. Dr. Ambar Mudigdo, dr., Sp.PA(K). Program Studi Magister Kedokteran Keluarga, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini menganalisis perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran role playing dan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar mata kuliah komunikasi dan konseling dalam kebidanan tentang tanda-tanda bahaya pada kehamilan trimester III ditinjau dari motivasi belajar mahasiswa.
Rancangan penelitian ini termasuk jenis kuantitatif menggunakan metode Post Test Design dengan pendekatan eksperimen rancangan faktorial 2×2. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Tingkat 1 Semester II Kelas A dan B Akademi Kebidanan An Nur Purwodadi. Tehnik pengumpulan sampel menggunakan tehnik cluster random sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan analisis dua jalur di lanjutkan uji Scheffe dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Levene’s Test.
Dari hasil penelitian di dapat nilai : (1) Ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata kuliah Komunikasi dan Konseling dalam Kebidanan dengan angka signifikan (p) metode pembelajaran (0,004) < 0,05, (2) Ada perbedaan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah Komunikasi dan Konseling dalam Kebidanan dengan angka signifikan (p) motivasi (0,000) < 0,05, (3) Ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah Komunikasi dan Konseling dalam Kebidanan dengan angka signifikan (p) interaksi (0,019) < 0,05.

Kata kunci: metode pembelajaran, motivasi, dan prestasi belajar.

ABSTRACT

Triswanti. S541202159. 2013. The Effect of Learning Method Use on the Student Learning Achievement in the Communication and Counseling in Midwifery Course Viewed From Learning Motivation. Thesis: First Counselor: Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd, Second Counselor: Prof. Dr. Ambar Mudigdo, dr., Sp.PA(K). Family medical Magister Study Program, Postgraduate Program, Surakarta Sebelas Maret University.

The objective of research was to analyze the differential effect of role playing and conventional learning method uses on the student learning achievement in the Communication and Counseling in Midwifery Course about the dangerous sign of third trimester pregnancy viewed from learning motivation.

The research design belonged to quantitative type using Post-Test Design with 2×2 factorial design experiment approach. The subject of research was all of the First-Year Students of Second Semester A and B Classes of Purwodadi An Nur Midwifery Academy. Technique of collecting data used was a two-way analysis followed by Scheffe test with Kolmogorov-Smirnov for normality test and homogeneity test with Levene’s Test.

From the result of research, it could be found that: (1) There was a differential effect of learning method on the Communication and Counseling in Midwifery course with significance level (p) of learning method (0.004) < 0.05, (2) There was a differential effect of learning motivation on the Communication and Counseling in Midwifery course with significance level (p) of learning motivation (0.000) < 0.05, (3) There was an interaction effect between learning method and learning motivation on the Communication and Counseling in Midwifery course with significance level (p) of interaction (0.019) < 0.05.

Keywords: learning method, motivation, and learning achievement.