Hubungan antara Lingkungan Belajar, Dukungan Orang tua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Al Islam 1 Surakarta

Sestiono Mindiharto. S 541202128, 2013. Hubungan antara Lingkungan Belajar, Dukungan Orang tua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Al Islam 1 Surakarta. Komisi Pembimbing I : Prof. dr. Bhisma Murti, MPH, M.Sc, Ph.D. Pembimbing II : Dr. Ir. Ruben Dharmawan, M.Sc, Ph.D. Program Studi : Magister Kedokteran Keluarga Minat Utama : Pendidikan Profesi Kesehatan. Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK
Latar Belakang : Prestasi belajar merupakan indikator penting tentang keberhasilan proses belajar mengajar pada siswa yang menempuh pendidikan menengah. Situasi lingkungan keluarga, dukungan orang tua dan motivasi siswa mendukung kegiatan belajarnya sehingga dapat meningkat prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk Mengaplikasikan hubungan antara lingkungan belajar, dukungan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Siswa SMA Al Islam 1 Surakarta.

Subyek dan Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah metode observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan stratified random sampling yaitu jumlah subyek 45 siswa kelas X tahun ajaran 2012/2013. Reliabilitas instrumen variabel diuji dengan menggunakan Item-Total Correlation; (2) Split-Half Reliability. Alpha () Cronbach. Data dianalisis dengan regresi linear ganda.

Hasil : Terdapat hubungan yang positif dan secara statistik signifikan antara lingkungan belajar (β = 0,67, CI 95 % antara 0,07 sampai 0,13). Dukungan orang tua (β = 0,11, CI 95 % antara 0,06 sampai 0,17). Motivasi belajar (β = 0,23, CI 95 % antara 0,16 sampai 0,29) dengan prestasi belajar.

Simpulan : Terdapat hubungan yang positif dan secara statistik signifikan antara lingkungan belajar, dukungan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar

Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Dukungan Orang Tua, motivasi belajar, Prestasi Belajar.

ABSTRACT

Sestiono Mindiharto. S541202128, 2013. Relationship between Learning Environment, Parents Support and Motivation for the Student Achievement for the first grade of SMA Al Islam 1 Surakarta. Commission Supervisor I : Prof. dr. Bhisma Murti, MPH, M.Sc, Ph.D. Supervisor II : Dr. Ir. Ruben Dharmawan, M.Sc, Ph.D. Study program : Master of Family Medicine Interests Main : Health Professions Education. Graduate University of March Surakarta.

Background: Learning achievement is an important indicator of the success of the learning process of students studying at secondary. Situation of the family environment, parents support and motivation of students to support their learning activities in order to increase student achievement. This study aims to apply the relationship between the learning environment, parent support and motivation to learn and the learning achievement for the first grade students of SMA Al Islam 1 Surakarta.

Subjects and Methods: This type of research is observational analytic method, the cross-sectional approach. The sampling technique used is stratified random sampling with the number of subjects, 45 students of class X of the school year 2012/2013. Reliability of the instrument variables tested using Item-Total Correlation, (2) Split-Half Reliability. Alpha () Cronbach. Data were analyzed with multiple linear regression.

Results: There is a positive and statistically significant between the learning environment (β = 0.67, CI 95 % from 0.07 to 0.13.) Parental support (β = 0.11, CI 95 % from 0.06 to 0.17) between Motivation to learn (β = 0.23, CI 95 % from 0.16 to 0.29) with academic achievement.

Conclusion: There is a positive and statistically significant between the learning environment, parent support and motivation to learn and the learning achievement

Keywords : Learning Environment, Parent Support, motivation to learn, Learning Achievement.