Korelasi antara Kecerdasan Emosi dan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Karanganyar. Tesis. Surakarta

Wasana. Korelasi antara Kecerdasan Emosi dan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Karanganyar. Tesis. Surakarta : Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, 2009.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara (1) kecerdasan emosi siswa dengan prestasi belajar siswa, (2) minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, dan (3) kecerdasan emosi dan minat belajar siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa. Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan metode survei jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kabupaten Karanganyar. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 1 kelas yaitu kelas 6 yang terdiri dari 50 siswa. Data kecerdasan emosi siswa dan minat belajar siswa dikumpulkan melalui instrumen berbentuk angket. Sedangkan data prestasi belajar siswa diambil melalui dokumenter, yaitu rata-rata nilai raport semester I. Validitas instrumen diuji dengan menggunakan validitas kontruk, sedangkan untuk untuk mengetahui reliabilitas digunakan uji konsistensi internal dengan rumus Alfa-Cronbach. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan tehnik regresi dan korelasi dengan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dengan chi-kuadrat, uji liniearitas dengan pendekatan grafis dan uji independensi. Hasil analisis pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa : (1) terdapat korelasi positif dan signifikan antara kecerdasan emosi siswa dengan prestasi belajar siswa ( r1y = 0,562 > r tabel = 0,279 ), (2) terdapat korelasi korelasi positif dan signifikan antara minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa ( r2y = 0,527 > r tabel = 0,279 ) dan (3) terdapat korelasi positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dan minat belajar siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa ( Fhitung = 24,636 > Ftabel = 3,19 ). Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) ada korelasi yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa, dengan sumbangan sebesar 27,539 %, (2) ada korelasi yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dengan sumbangan sebesar 23,641 % dan (3) ada korelasi korelasi positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dan minat belajar siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa dengan sumbangan sebesar 51,18 %. Hal ini menunjukkan bahwa kedua variabel bebas dapat menjadi prediktor yang baik bagi prestasi belajar siswa.