Integrasi Pendidikan Seksual Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Studi Kasus SD Kanisius Jombor Klaten)

Abstrak

Vira Distiana Wati, SS541108114. 2013. Integrasi Pendidikan Seksual Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Studi Kasus SD Kanisius Jombor Klaten). TESIS. Pembimbing I :Prof.Dr.Mulyoto,M.Pd. Pembimbing II: Prof.Dr.Hermanu J.,M.Pd. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga, Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan: Mengetahui perencanaan pembelajaran pendidikan seksual yang terintegrasikan dengan pembelajaran di SD Kanisius Jombor Klaten, mengetahui pelaksanaan pendidikan seksual yang terintegrasikan dengan pembelajaran di SD Kanisius Jombor Klaten, mengetahui evaluasi pendidikan seksual yang terintegrasikan dengan pembelajaran di SD Kanisius Jombor Klaten,dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan seksual yang terintegrasikan dengan pembelajaran di SD Kanisius Jombor Klaten.
Metode: Bentuk penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus terpancang (embedded case study research) ganda.Data diperoleh dari wawancara mendalam,mencatat dokumen dan observasi langsung.
Hasil: SD Kanisius Jombor Klaten menganggap penting pendidikan seksual bagi para siswa mereka karena perkembangan psikologis anak yang memang sudah membutuhkannya juga karena perkembangan kemajuan era globalisasi.Karena itu sekolah berupaya memberikannya sejak dini dengan melakukan perencanaan pendidikan seksual yang terintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada.Pendidikan seksual dilaksanakan dengan mengintegrasikan dengan mata pelajaran IPA, Penjakes dan Agama. Sudah diintegrasikannya pendidikan seksual dengan mata pelajaran yang ada bisa memberikan pengetahuan dan pendidikan bagi siswa yang berdampak pada perilaku siswa untuk lebih berhati-hati dengan masalah seksual. Dari evaluasi yang dilakukan para siswa lebih sadar sejak dini untuk menjaga organ reproduksi mereka dengan merawat dan menjaga kesehatan. Para siswa juga semakin berhati-hati agar terhindar dari pelecehan seksual. Kendala yang dihadapi dalam melakukan pembelajaran seksual adalah semakin cepat dan canggihnya perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih yang membawa dampak positif dan negatif bagi siswa dan kurangnya peran orangtua dalam memberikan pendidikan seksual bagi anak-anak mereka di rumah.
Kesimpulan: Perencanaan pendidikan seksual telah diintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada di SD Kanisus Jombor Klaten. Dengan sudah diintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada diharapkan siswa mendapat pengetahuan yang cukup sebagai bekal dewasa kelak. Dan guru bisa lebih memfokuskan pada RPP yang telah dibuat, pelaksanaan pendidikan seksual telah dilaksanakan di SD Kanisius Jombor Klaten dengan mengintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada. Sekolah menganggap perlu untuk memberikan pendidikan seksual karena perkembangan psikologis anak yang memang sudah membutuhkannya juga karena perkembangan kemajuan era globalisasi. Dengan memberikan pendidikan seksual sejak dini diharapkan bisa menjadi dasar bagi kehidupan anak dimasa selanjutnya, dengan pemberian pendidikan seksual yang diintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada bisa membuat anak didik tahu sejak dini perkembangan seksual yang terjadi dalam dirinya yang bisa membuat mereka lebih tahu dan berhati-hati dalam bersikap,dan kendala yang dihadapi dalam memberikan pendidikan seksual pada anak SD Kanisius Jombor Klaten antara lain kurangnya partisipasi dari orangtua murid untuk memberikan pendidikan seksual di rumah. Juga perkembangan kemajuan teknologi yang semakin cepat dan mudah mendapatkannya.

Kata kunci: integrasi, pendidikan seksual, pembelajaran.

Abstract

Vira Distiana Wati, S S541108114.2013. Integration of Sexual Education in Learning in Elementary School (Case Study in Elementary School Kanisius Jombor Klaten). Thesis.Promotor I: M Prof.Dr.Mulyoto,M.Pd.Promotor II : Prof.Dr.Hermanu J.,M.Pd. Master of Family Medicine, Post-Graduate Sebelas Maret University of Surakarta.

Objective: To determine the sexual education lesson plans are integrated with learning in Elementary School Kanisius Jombor Klaten, knowing the implementation of sex education that is integrated with learning In Elementary School Kanisius Jombor Klaten, knowing sexual education evaluation is integrated with learning in Elementary School Kanisius Jombor Klaten, and to determine the constraints encountered in the implementation of sex education that is integrated with learning in Elementary School Kanisius Jombor Klaten.

Methods: The study design was a descriptive qualitative with strategy double embeddedcase studyresearch. Data obtained from in-depth interviews, document recordsanddirect observation.
Results: Elementary School Kanisius Jombor Klaten importance consider on sexual education for their students due to the psychological development of children who already need it as well as the development progress of the globalization era. Because the school seeks to give early sexual education planning is integrated with science subjects, physical and health education and religion. Sexual education is the integration with the existing subjects can provide knowledge and education for students who have an impact on the behavior of the students to be more careful with sexual problems. Of evaluation made by the students more aware early on to keep their reproductive organs with caring for and maintaining health. The students are also more careful to avoid sexual harassment. Obstacles encountered in conducting sexual learning is faster and more sophisticated technological developments bring positive and negative effects for students and the lack of parental role in providing sex education for their children at home.
Conclusion: Sexual education lesson plan has been integrated with the existing subjects in Elementary School Kanisus Jombor Klaten. With already integrated with existing subjects students are expected to gain enough knowledge in preparation for adulthood. And teachers can focus on lesson plans that have been made, the implementation of sex education has been held at Elementary SchoolKanisius Jombor Klaten by integrating with existing subjects. School considers it necessary to provide sexual education for psychological development of children who already need it as well as the development progress of the globalization era. By providing early sexual education is expected to be the basis for the subsequent days of the child’s life, with the provision of sexual education be integrated with existing subjects can make students know early sexual development occurs in him that could make them better know and be careful in attitude, and the obstacles encountered in providing sexual education to elementary school Kanisius Jombor Klaten students, among others, the lack of participation of parents to provide sex education at home. Also the development of increasingly rapid technological advances and easy to get.

Keywords: integration, sexual education, Learning.