Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Pictorial Riddle dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Analisis (Pembelajaran Fisika Materi Pembelajaran Getaran dan Gelombang Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2012/2013)

ABSTRAK

Laili Mahmudah. 2013. Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Pictorial Riddle dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Analisis (Pembelajaran Fisika Materi Pembelajaran Getaran dan Gelombang Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2012/2013). TESIS. Pembimbing I: Dra. Suparmi, MA., Ph.D. II: Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Berdasarkan undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan memiliki fungsi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang cerdas, bertanggung jawab, dan berkarakter, namun pada kenyataannya kualitas pendidikan di Indonesia menurun dari tahun ke tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran pictorial riddle dan problem solving, kemampuan berpikir kritis, kemampuan analisis, dan interaksinya terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2×2x2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, yaitu VIII C sebagai kelas eksperimen I diberi pembelajaran dengan metode pictorial riddle dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II diberi pembelajaran dengan metode problem solving. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk kemampuan berpikir kritis, kemampuan analisis, prestasi kognitif, angket dan lembar observasi untuk prestasi afektif, serta lembar observasi untuk prestasi psikomotorik. Teknik analisis data menggunakan anava tiga jalan, kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut Scheffe’.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) tidak ada pengaruh prestasi belajar kognitif dan psikomotorik siswa yang diberi pembelajaran dengan metode pictorial riddle dan problem solving, namun mempengaruhi prestasi belajar afektif; (2) ada pengaruh kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif, afektif; dan psikomotorik; (3) ada pengaruh kemampuan analisis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif, afektif; dan psikomotorik; (4) ada interaksi antara metode pictorial riddle dan problem solving dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif, tetapi tidak ada interaksi pada prestasi belajar psikomotorik; (5) tidak ada interaksi antara metode pictorial riddle dan problem solving dengan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar kognitif siswa, tetapi ada interaksi pada prestasi belajar afektif dan psikomotorik; (6) tidak ada interaksi antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar kognitif, afektif dan psikomotorik; (7) tidak ada interaksi antara metode pictorial riddle dan problem solving dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan analisis siswa terhadap prestasi belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.

Kata kunci : kuasi eksperimen, prestasi belajar Fisika, getaran dan gelombang.

ABSTRACT

Laili Mahmudah. 2013. Physics Learning by Using Pictorial Riddle and Problem Solving Methods Toward Critical Thinking and Analytical skill (Physics Learning Materials of Vibrations and Waves VIII Class Semester II in SMP Negeri 3 Natar in Academic Year 2012/2013). THESIS Consultants I: Dra. Suparmi, MA., Ph.D. II: Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd. Science Education, Postgraduate Program of Sebelas Maret University.

Building on the law of National Educational System, education has the function to bring Indonesian people are intelligent, responsible and characteristic. But in fact, the quality of education in Indonesia declined from year to years. The goal of this research is to determine the effect of pictorial riddle learning methods and problem solving, critical thinking skill, analytical skill, and interaction toward student achievement
This research uses a quasi-experimental factorial design 2×2x2. The population of this research is all eighth grade students of SMP Negeri 3 Natar, South Lampung in the Academic Year of 2012/2013. The technique of collecting sampling in this research is a cluster random sampling. The sample in this research are two classes, VIII C class is an experimental I class given with pictorial riddle method and VIII B is experimental class II given with problems solving method. Data collection technique which is used in this research are critical thinking skills test, analytical skills, cognitive performance, questionnaires and observation sheets for affective achievement. Data analysis technique uses three-way ANOVA, followed by Scheffe test.
Based on the results of the research, it can be concluded: (1) there was no effect on the students cognitive and psychomotor achievement which was taught by pictorial riddle and problem solving methods, but it was influence the affective achievement; (2) there was an influence of high and low critical thinking skills toward cognitive, affective, and psychomotor achievement; (3) there was an an influence of high and low of analytical skill and toward cognitive, affective, and psychomotor achievement; (4) there was an interaction between pictorial riddle and problem solving methods with critical thinking skill toward cognitive and affective, achievement, but there was no interaction on the psychomotor achievement; (5) there was no interaction between pictorial riddle and problem solving methods with the analytical skill toward cognitive achievement, but there was an interaction on the affective and psychomotor achievement; (6) there was no interaction between critical thinking skill and analytical skill toward cognitive, affective, and psychomotor achievement; (7) there was no interaction between pictorial riddle and problem solving methods with critical thinking skill and analytical skill toward s cognitive and affective toward cognitive, affective, and psychomotor achievement.

Key words: quasi-experimental, Physics achievement, vibration and wave