Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Berwawasan Multikultural dengan Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

ABSTRAK

Ferdillasari Prima Kurniawati Sukarno. S841202007. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Berwawasan Multikultural dengan Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., II: Dr. Muh. Rohmadi, M.Hum. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks berita berwawasan multikultural dengan penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dan (2) meningkatkan kemampuan menulis teks berita berwawasan multikultural dengan penerapan metode pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII-G SMP Negeri 13 Surakarta.
Penelitian dilaksanakan pada pertengahan Januari 2013 hingga pertengahan Mei. Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII-G SMP Negeri 13 Surakarta. Data berupa RPP, foto, hasil tes, catatan lapangan, daftar nilai, dan catatan hasil wawancara. Sumber data meliputi: informan, tempat dan proses pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif. Indikator ketercapaian sebesar 80%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks berita berwawasan multikultural ditandai meningkatnya perhatian, keaktifan, dan keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita berwawasan multikultural pada siswa kelas VIII-G SMP Negeri 13 Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilakukan selama tiga siklus. Pada pratindakan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (71) 7 siswa (32%) dengan nilai rata-rata 62,72. Pada siklus I siswa tuntas meningkat menjadi 10 siswa (45%) dengan nilai rata-rata 66,59. Siklus II ada 13 siswa (59%) yang sudah tuntas, dengan nilai rata-rata 70,90. Pada siklus III siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa (82%) dengan nilai rata-rata 77,95. Pada siklus III ini pencapaian nilai baik secara kualitas proses maupun hasil telah mencapai ketuntasan yang lebih dari 80%. Selanjutnya, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks berita berwawasan multikultural dapat meningkatkan kualitas proses maupun kemampuan menulis puisi berwawasan multikultural.

Kata kunci: menulis teks berita, multikultural, pembelajaran berbasis masalah.

ABSTRACT

Ferdillasari Prima Kurniawati Sukarno. S841202007. 2013. “Improving of Writing Text News Ability Multicultural Perspective with Applying Method of Problem Based Learning Students Class VIII-G SMP Negeri 13 Surakarta Academic Years 2012/2013. THESIS. Conselour I: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., II: Dr. Muh. Rohmadi, M.Hum.Program Study Indonesian Education. Postgraduate Program, Sebelas Maret University Surakarta.

The purpose of Classroom action research is: (1) improve the quality process of learning to write text news ability multicultural perspective with applying method of problem based learning and (2) improve the ability of writing text news ability multicultural perspective with applying method of problem based learning on students class VIII-G SMP Negeri 14 Surakarta
Research was conducted in mid-January 2013 till mid-May. The research approach was classroom action research. Research subject is teacher and student class VIII-G SMP Negeri 13 Surakarta. Data the form of lesson plan, photo, test result, field notes, values list, and result of interview notes. Source data include: informants, place and learn process, also document. Collection data technique is through observation, interview, test, and document. Validity data test used triangulation method and triangulation data source. Data analysis techniques are with techniques of critical analysis and comparative descriptive techniques. An indicator of achievement isby 80%. The procedure includes the preparation of the study, a preliminary survey, the implementation cycle, observation, and reporting.
The results of research showed that the application method of problem based learning be able to improve the quality of the learning process of writing text news multicultural perspective it was marked with increasing the attention, activity, and enforceability of learning by students. This study also shows that by applying method of problem based learning can increase the ability of writing text news multicultural perspective on student Class VIII-G SMP Negeri 13 Surakarta. It can be seen from the results of actions taken during the three cycles. At pre-action number of students scoring above KKM (71) 7 students (32%) with a mean value of 62,72. Students completed the cycle I increased to 10 students (45%) with an average value of 66,59. Cycle II there were 13 students (59%) which has been completed, with an average value of 70,90. In the cycle III students who can reach KKM many as 18 students (82%) with an average value of 77,95. The cycle III is achieving good value for the quality of the process and the results have achieved mastery that more than 80%. Furthermore, it can be concluded that the teaching of writing text news multicultural perspective to improve the quality of the processes and ability of writing text news multicultural perspective.

Keyword: writing text news, multicultural, problem based learning.