Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Eliciting Activities (MEAs) dan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kota Bengkulu Pada Materi Bangun Datar

ABSTRAK

Mutia. S851202036. 2013. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Eliciting Activities (MEAs) dan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kota Bengkulu Pada Materi Bangun Datar. TESIS. Pembimbing I : Dr. Mardiyana, M.Si., Pembimbing II : Dr. Budi Usodo, M.Pd. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang menggunakan model pembelajaran MEAs, kooperatif tipe TAI atau pengajaran langsung berbantuan powerpoint; (2) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang berdisposisi matematis tinggi, sedang, atau rendah; (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang berdisposisi matematis tinggi, sedang, atau rendah; (4) pada masing-masing disposisi matematis siswa, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang menggunakan model pembelajaran MEAs, kooperatif tipe TAI atau pengajaran langsung berbantuan powerpoint.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3×3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 272 siswa dengan rincian 90 siswa pada kelas eksperimen satu, 93 siswa pada kelas eksperimen dua, dan 89 siswa pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan angket disposisi matematis siswa. Uji coba instrumen tes prestasi meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas sedangkan uji coba instrumen angket meliputi validitas isi, konsistensi internal, dan reliabilitas. Uji normalitas populasi menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas variansi populasi menggunakan uji Bartlett. Uji keseimbangan menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama dan pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) siswa yang menggunakan model pembelajaran MEAs memberikan prestasi belajar yang sama dengan siswa yang menggunakan kooperatif tipe TAI dan siswa yang menggunakan kooperatif tipe TAI memberikan prestasi belajar yang sama dengan pengajaran langsung berbantuan powerpoint. Namun, siswa yang menggunakan model pembelajaran MEAs memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan pengajaran langsung berbantuan powerpoint; (2) siswa yang berdisposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah memberikan prestasi belajar matematika yang sama; (3) pada masing-masing model pembelajaran MEAs, TAI, dan pengajaran langsung berbantuan powerpoint, siswa yang berdisposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah memberikan prestasi belajar matematika yang sama; (4) pada masing-masing disposisi matematis siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah, siswa yang menggunakan model pembelajaran MEAs memberikan prestasi belajar yang sama dengan siswa yang menggunakan kooperatif tipe TAI dan siswa yang menggunakan kooperatif tipe TAI memberikan prestasi belajar yang sama dengan pengajaran langsung berbantuan powerpoint. Namun, siswa yang menggunakan model pembelajaran MEAs memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan pengajaran langsung berbantuan powerpoint.

Kata Kunci : MEAs, TAI, pengajaran langsung, disposisi matematis, prestasi belajar matematika.

ABSTRACT

Mutia. S851202036. 2013. The Experimentation of Mathematics Learning Using Model Eliciting Activities (MEAs) and Cooperative Learning Team Assisted Individualization (TAI) Type Viewed From The Student’s Mathematical Disposition of The Seventh Grade Students of State Junior High School In Bengkulu City On Plane. Thesis. First Conselor : Dr. Mardiyana, M.Si., Second Conselor : Dr. Budi Usodo, M.Pd. Program Study of Mathematics Education. Postgraduate Program of Sebelas Maret University, Surakarta.

This research aimed to know : (1) which one give better mathematics learning achievement, students who use MEAs, Cooperative Learning TAI type or Direct Instruction Assisted Powerpoint; (2) which one give better mathematics learning achievement, students who have high, middle or low mathematical disposition; (3) for each learning model, which one give better mathematics learning achievement, students who have high, middle, or low mathematical disposition; (4) for each category of the student’s mathematical disposition, which one give better mathematics learning achievement, students who use MEAs, Cooperative Learning TAI type or Direct Instruction Assisted Powerpoint.
The type of this research was quasi-experimental research with 3×3 factorial design. The population was all of the seventh grade students of state junior high school in Bengkulu city. The sample was taken by using stratified cluster random sampling. The sample consisted of 272 students with 90 students in the first experimental class, 93 students in the second experimental class, and 89 students in the control class. The instruments that were used to collect data were mathematics learning achievement test and the student’s mathematical disposition questionnaire. Try out of achievement test included content validity, level of difficulty, discrimination power, and reliability. Meanwhile, the questionnaire included content validity, internal consistency, and reliability. The normality test used Liliefors method and homogeneity test used Bartlett test. Balance test used one-way analysis of variance with unequal cells and the hypothesis test used two-ways analysis of variance with unequal cells.
The result of research showed that : (1) the students who used MEAs gave similar matehematics learning achievement with Cooperative Learning TAI type and the students who used either Cooperative Learning TAI type and Direct Instruction Assisted Powerpoint gave similar result. While, the students who used MEAs gave better mathematics learning achievement than who used DI Assisted Powerpoint; (2) the students who had high, medium, and low mathematical disposition gave similar mathematical learning achievement; (3) in each learning models, the students who had high, medium, and low mathematical disposition gave similar mathematical learning achievement; (4) in each category of the student’s mathematical disposition, the students who used MEAs gave similar matehematics learning achievement with Cooperative Learning TAI type and the students who used either Cooperative Learning TAI type and Direct Instruction Assisted Powerpoint gave similar result. While, the students who used MEAs gave better mathematics learning achievement than who used DI Assisted Powerpoint.

Keywords: MEAs, TAI, Direct Instruction, mathematical disposition, mathematics learning achievement