Pengaruh Metode TAI dan STAD terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan Memperhatikan Kemampuan Awal dan Kemampuan Matematik (Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Stoikiometri pada Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013)

Ratna Amalia. S831108052. 2013. Pengaruh Metode TAI dan STAD terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan Memperhatikan Kemampuan Awal dan Kemampuan Matematik (Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Stoikiometri pada Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013). TESIS. Pembimbing I : Drs. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D, II : Prof. Dr. Ashadi. Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode TAI dan STAD terhadap prestasi belajar. (2) pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa. (3) pengaruh kemampuan matematik terhadap prestasi belajar siswa. (4) interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar. (5) interaksi metode pembelajaran dengan kemampuan matematik siswa terhadap prestasi belajar. (6) interaksi antara kemampuan awal dan kemampuan matematik siswa terhadap prestasi belajar. (7) interaksi antara metode pembelajaran, kemampuan awal dan kemampuan matematik siswa terhadap prestasi belajar.
Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Karangdowo tahun pelajaran 2012/2013, sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data kemampuan awal, kemampuan matematik, dan prestasi belajar kognitif digunakan metode tes, sedangkan prestasi afektif digunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi (ANAVA) dengan General Liniear Model, perhitungannya menggunakan program PASW 18.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran TAI dan STAD terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif. (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif. (3) Terdapat pengaruh kemampuan matematik tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif. (4) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran TAI dan STAD serta tinggi rendahnya kemampuan awal terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif. (5) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran TAI dan STAD serta tinggi rendahnya kemampuan matematik terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif. (6) Tidak ada interaksi antara tinggi rendahnya kemampuan awal serta tinggi rendahnya kemampuan matematik terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif. (7) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran TAI dan STAD, tinggi rendahnya kemampuan awal dan tinggi rendahnya kemampuan matematik terhadap prestasi belajar baik kognitif maupun afektif.

Kata kunci : TAI, STAD, prestasi, kemampuan awal, kemampuan matematik

Ratna Amalia. S581108052. 2013. Effect of TAI and STAD Methods to Student Achievement with Regard the Prior Knowledge and the Mathematical Ability (Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Stoikiometri pada Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013). THESIS. Supervisor I : Drs. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D, II : Prof. Dr. Ashadi. Program Study of Sains Education, Post-graduate Program of Sebelas Maret University, Surakarta.

ABSTRACT
The aims of this research were to find out: (1) the effect of TAI and STAD methods toward student achievement. (2) the effect of prior knowledge and the lower ones toward students achievement. (3) the effect of high mathematic ability and the lower ones toward students achievement. (4) the interaction between cooperative learning method with prior knowledge toward students achievement. (5) the interaction between cooperative learning method with mathematic ability toward students achievement. (6) the interaction between prior knowledge with mathematic ability toward students achievement. (7) the interaction between cooperative learning, prior knowledge and mathematic ability toward students achievement.
The research used experimental method. All of 10th grade students in SMA Negeri 1 Karangdowo period 2012/2013 were taken as the population, the sample on these research are took cluster random sampling technique. Prir knowledge, mathematic ability and students achievement were collected by test method, while the affective student’s achievement was collected by questioner method. The data analysis technique used is the analysis of variance (ANOVA) with General Liniear Model, the calculation using PASW 18 program.
The result were: (1) there were effect of TAI and STAD methods toward cognitive and affective achievement. (2) there were effect of high prior knowledge and the lower ones toward cognitive and affective achievement. (3) there were effect of high mathematic ability and lower ones toward cognitive and affective achievement. (4) there were no interaction between TAI and STAD methods and prior knowledge toward cognitive and affective achievement. (5) there were no interaction between TAI and STAD methods and mathematic ability toward cognitive and affective achievement. (6) there were no interaction between prior knowledge and mathematic ability toward cognitive and affective achievement. (7) there were no interaction betwen TAI and STAD methods, prior knowledge and mathematic ability toward cognitive and affective achievement.
Keywords : TAI, STAD, Achievement, Prior Knowledge, Mathematic Ability