Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan Isi Bacaan dengan Membaca Cepat 250 Kata Per Menit (Kpm) Menggunakan Metode Tri-Fokus Steve Snyder Pada Siswa Kelas VIII SMP YPAC Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

ABSTRAK

Karsono. S811108059. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan Isi Bacaan dengan Membaca Cepat 250 Kata Per Menit (Kpm) Menggunakan Metode Tri-Fokus Steve Snyder Pada Siswa Kelas VIII SMP YPAC Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. TESIS. Pembimbing I: Prof.Dr.H.Mulyoto,M.Pd , II: Dr.Sri Haryati, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Membaca cepat 250 kata per menit (kpm) dengan metode tri-fokus steve snyder merupakan teknik membaca yang memadukan kemampuan gerak morik (gerakan mata) atau kemampuan visual dengan kemampuan kognitif dalam membaca namun tidak mengesampingkan pemahaman terhadap isi bacaan. Titik konsentrasi pandangan mata saat membaca menggunakan metode tri-fokus steve snyder terpusat pada tiga fokus (tiga bagian) untuk setiap baris, yaitu sebagian dipusatkan di sebelah kiri, sebagian tengah, dan sebagian kanan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan metode tri-focus steve snyder dalam membaca cepat 250 kata per menit (kpm) sebagai upaya meningkatkan keterampilan menyimpulkan isi bacaan pada siswa kelas VIII SMP YPAC Surakarta. (2) Mendeskripsikan besarnya peningkatan keterampilan menyimpulkan isi bacaan dengan membaca cepat 250 kata per menit pada siswa kelas VIII SMP YPAC Surakarta setelah menggunakan metode tri-focus steve snyder.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu kelas VIII SMP YPAC Surakarta. Sumber data penelitian berasal dari siswa, peristiwa, informan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Pengujian validitas data, menggunakan uji instrument yang dikonsultasikan pada pembimbing dan guru bidang studi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik deskriptif presentase dan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII SMP YPAC Surakarta dapat menerapkan pembelajaran membaca cepat 250 kpm dengan menggunakan metode tri-fokus steve snyder. Siswa kelas VIII SMP YPAC Surakarta mengalami peningkatan kemampuan menyimpulkasn isi bacaan dengan membaca cepat 250 kpm menggunakan metode tri-fokus steve snyder. Nilai rata-rata siswa menunjukkan dari pra siklus rata-rata hasil tes siswa memperoleh nilai 54.2 (lima puluh empat koma dua) meningkat menjadi 62.3 (enam puluh dua koma tiga) pada siklus I, dan kembali mengalami peningkatan pada siklus II yaitu dengan rata-rata perolehan nilai 79 (tujuh puluh sembilan).

Kata kunci : YPAC Surakarta, membaca cepat 250 kpm, metode tri-fokus steve snyder, menyimpulkan isi bacaan.

ABSTRACT

Karsono. S811108059. 2013. Improving the Students’ Skill in Concluding Their Reading by Fast Reading 250 Words Per Minute Using Tri-Focus Steve Synder Method at the Eighth Grade Students of Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Junior High School of Surakarta In 2012/2013 Academic Year. Thesis. Consultant I: Prof. Dr. H. Mulyoto, M.Pd., Consultant II: Dr. Sri Haryati, M.Pd. Educational Technology Program, Postgraduate Program, Sebelas Maret University

Fast reading 250 words per minute using Tri-Focus Steve Synder method is a reading technique which combines motor movement skills (eye movement) or visual skills and cognitive skills in reading, without ignoring the reading comprehension. The eyes concentration point while reading using Tri-Focus Steve Synder method is centered on three focuses (three parts) for each line, those are partly in the left, in the middle, and in the right.
The research objectives are: (1) describing the implementation of Tri-Focus Steve Synder method in fast reading 250 words per minute as a way to improve the students’ skill in concluding their reading at the eighth grade students of Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Junior High School of Surakarta, (2) describing the improvement of the students’ skill in concluding their reading by fast reading 250 words per minute at the eighth grade students of Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Junior High School of Surakarta after using Tri-Focus Steve Synder method.
This research is a classroom action research. It is conducted in two cycles, and each cycle consists of: planning, implementing, observing, and reflecting. The research subject is the eighth grade students of Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Junior High School of Surakarta. The research data were from the students, events, informants, and documents. The techniques of collecting data are tests, observations, interviews, and photos. For the data validity, the researcher uses the instrument testing that is consulted to the consultants and the classroom teacher. The techniques of analyzing data are descriptive percentage technique and descriptive qualitative technique.
The result of this research shows that most of the eighth grade students of Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Junior High School of Surakarta can apply the fast reading learning 250 words per minute by using Tri-Focus Steve Synder method. The eighth grade students of Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Junior High School of Surakarta get a skill improvement in concluding their reading by fast reading 250 words per minute by using Tri-Focus Steve Synder method. The students’ average scores during pre-cycle is 54.2 and it increases up to 62.3 in cycle I, and becomes 79 in cycle II.

Key Words: YPAC of Surakarta, fast reading 250 words per minute, Tri-Focus Steve Synder method, concluding the reading.