Hubungan antara Kondisi Sosial Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan tentang Lingkungan dengan Perilaku Hidup Sehat Masyarakat Kota Surakarta

BUDHIATI, 1103004. Hubungan antara Kondisi Sosial Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan tentang Lingkungan dengan Perilaku Hidup Sehat Masyarakat Kota Surakarta. Tesis. Program Studi Ilmu Lingkungan. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2009.

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Hubungan antara kondisi sosial ekonomi dengan perilaku hidup sehat masyarakat kota Surakarta, 2) Hubungan antara tingkat pendidikan dengan perilaku hidup sehat masyarakat kota Surakarta, 3) Hubungan antara pengetahuan tentang pengelolaan lingkungna dengan perilaku hidup sehat masyarakat kota Surakarta, 4) Hubungan secara bersama-sama antara tingkat pendidikan, kondisi sosial ekonomi dan pengetahuan tentang pengelolaan lingkungan dengan perilaku hidup sehat masyarakat kota Surakarta.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatan dekskriptif kuantitatif korelasional. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, dokumen. Data penelitian ini mencakup data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari lapangan, baik dalam pengamatan fisik maupun pengambilan data secara mendalam dengan responden. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 yang diambil dengan teknik random sampling.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada hubungan yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi dengan perilaku hidup sehat masyarakat kota Surakarta, dengan persamaan garis regresi Y = 104,881 + 1,965 X1. Estimasi kondisi sosial ekonomi terhadap perilaku hidup sehat sebesar 1,26%, 2) Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan perilaku hidup sehat masyarakat kota Surakarta, dengan persamaan garis regresi Y = 103,360 + 2,142 X2. Estimasi tingkat pendidikan terhadap perilaku hidup sehat sebesar 2,25%, 3) Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang pengelolaan lingkungan dengan perilaku hidup sehat masyarakat kota Surakarta, dengan persamaan garis regresi Y = 71,63 + 0,369 X3 dan 4) Ada hubungan yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi, tingkat pendidikan dan pengetahuan tentang pengelolaan lingkungan dengan perilaku hidup sehat masyarakat kota Surakarta, dengan persamaan garis regresi Y = 71,15 + 1,674 X1 + 0,209 X2 +0,319 X3.