Kemampuan Guru Mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pembelajaran Membaca (Studi Kasus di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Karangtengah, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen)

Mugiyo, S840908109. 2009. Kemampuan Guru Mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pembelajaran Membaca (Studi Kasus di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Karangtengah, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen). Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menjelaskan persepsi guru terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan guru menyusun perencanaan pembelajaran, (3) mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan guru memilih materi pembelajaran, (4) mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan guru menggunakan metode yang PAIKEM, (5) mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan guru menggunakan media yang membangkitkan motivasi, (6) mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan guru mengadakan evaluasi sesuai dengan otentic assessment, (7) mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran membaca, dan (8) mendeskripsikan dan menjelaskan kendala-kendala dan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran membaca.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi kasus (kualitatif) dengan mengambil lokasi di SD Negeri 2 Karangtengah, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari informan, peristiwa, dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Untuk menggali informasi digunakan teknik wawancara mendalam kepada informan karena peneliti merasa belum mengetahui objek penelitian. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data-data tentang kegiatan pembelajaran, dan metode analisis dokumen digunakan untuk memperoleh data-data tentang dokumen. Dokumen yang dianalisis meliputi KTSP, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan daftar nilai. Data-data yang terkumpul dianalisis menggunakan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan serta verifikasi.
Temuan penelitian di lapangan meliputi: (1) Persepsi guru terhadap KTSP cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kelengkapan perangkat pembelajaran yang dipersiapkan oleh guru dan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, (2) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berpedoman pada perangkat pembelajaran yang dibuat oleh KKG tingkat kecamatan, (3) Pemilihan materi pembelajaran masih mengacu pada buku paket, (4) Metode yang digunakan sudah mengacu pada PAIKEM, (5) Media yang digunakan sudah mampu membangkitkan motivasi siswa, (6) Evaluasi yang dilakukaan belum sepenuhnya otentic assessment, (7) Pelaksanaan pembelajaran membaca dilaksanakan dengan cara terpadu dan tidak berdiri sendiri. Pembelajaran sudah mengacu pada KTSP, dan (8) Dalam pembelajaran membaca di SD Negeri 2 Karangtengah, mengalami kendala-kendala, antara lain: kesulitan penjabaran kurikulum, terbatasnya sarana media pembelajaran, terbatasnya alokasi waktu, namun guru telah mampu melakukan upaya-upaya untuk mengatasinya.