Efektivitas Penerapan Metode Outdoor Activities Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas VII SMPN I Kedungbanteng Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010

Ciptadi, S880908003. 2009. Efektivitas Penerapan Metode Outdoor Activities Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas VII SMPN I Kedungbanteng Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Tesis: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan Metode Outdoor activities dengan hasil belajar geografi pada siswa kelas VII semester 1 SMP Negeri I Kedungbanteng Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2009 / 2010; (2) pengaruh Motivasi Berprestasi dengan hasil belajar geografi pada siswa kelas VII semester 1 SMP Negeri I Kedungbanteng Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2009 / 2010; dan (3) penerapan Metode Outdoor activities dan Motivasi Berprestasi dengan hasil belajar geografi pada siswa kelas VII semester 1 SMP Negeri I Kedungbanteng Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2009 / 2010.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen faktorial dengan design Subjek Random Desain Pretes – Postes Group, dengan populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri I Kedungbanteng Tahun Pelajaran 2009 / 2010 yang berjumlah 318 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling sebanyak 78 siswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel penerapan Metode Outdoor Activities menggunakan kegiatan belajar mengajar, motivasi berprestasi menggunakan angket dan hasil belajar geografi menggunakan tes. Validitas butir tes diuji dengan korelasi product moment dari Pearson, dan reliabilitas tes diuji dengan rumus Spearman Brown dan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik Analisis Variansi Dua Jalan dengan prasyarat uji normalitas sebaran data menggunakan Chi - Kuadrat, dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett, dengan taraf signifikansi penelitian sebesar 5%.
Dari hasil analisis statistik diperoleh hasil, harga t hitung sebesar 1,921. Untuk dk = 6 ( N ?? 1 ) dan taraf signifikansi 0,05 atau 95 % diperoleh harga t tabel sebesar 1, 671. Karena t hitung > daripada t tabel, maka keputusan uji adalah bahwa Hipotesis yang berbunyi : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Outdoor Activities dengan hasil belajar geografi siswa kelas VII semester 1 SMPN I Kedungbanteng Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010, (2) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar geografi siswa kelas VII semester 1 SMPN I Kedungbanteng Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010, dan (3) Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Outdoor Activities dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar geografi siswa kelas VII semester 1 SMPN I Kedungbanteng Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010 adalah diterima.