Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Dan Number Head Togehter Terhadap Penguasaan Konsep Geografi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pandak Kabupaten Bantul)

Tri Heriyanto. S S880908013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Dan Number Head Togehter Terhadap Penguasaan Konsep Geografi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pandak Kabupaten Bantul). Tesis. Program Studi Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup Minat Utama Geografi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Surakarta, 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). sejauhmana penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran NHT dapat mempengaruhi penguasaan konsep geografi, 2). sejauh mana motivasi belajar siswa dapat mempengaruhi penguasaan konsep geografi, dan 3). sejauh mana interaksi penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa mempengaruhi penguasaan konsep geografi.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pandak Kabupaten Bantul. Teknik sampling menggunakan porposive sampel. Sampel penelitian berjumlah 60 orang siswa. Instrumen untuk mengambil data berupa tes prestasi belajar mata pelajaran Gerografi dan Motivasi Belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas variansi, dengan taraf signifikansi penelitian sebesar 5%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Ada perbedaan pengaruh antara model GI dan model pembelajaran NHT terhadap prestasi belajar mata pelajaran Geografi (F hitung > F tabel atau 15,58 > 4,02) sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya, (2) Ada perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa pada kategori tinggi dan kategori rendah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Geograf (F hitung > F tabel atau 19,78 > 4,02) sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya, (3). Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Geografi (F hitung > F tabel atau 13,44 > 4,02) sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya.