Nilai Sosial dan Religius dalam Kumpulan Cerpen Robohnya Surau Kami Karya Ali Akbar Navis

Imam Muzaki, S 840908107. 2010. Nilai Sosial dan Religius dalam Kumpulan Cerpen Robohnya Surau Kami Karya Ali Akbar Navis. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai sosial dan religius yang terdapat dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya Ali Akbar Navis agar bermanfaat bagi pembaca.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan pragmatis. Pendekatam pragmatis adalah pendekatan yang menitikberatkan pada pembaca. Pendekatan pragmatis memandang karya sastra sebagai sesuatu yang disusun untuk mencapai efek tertentu pada pembaca. Pendekatan pragmatis juga memandang bahwa karya sastra yang berhasil adalah karya sastra yang mampu memenuhi keinginan pembaca, mampu menumbuhkan kesenangan, dan mempunyai pengaruh tertentu bagi pembaca. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data-data yang bersifat kualitatif sehingga diperoleh deskripsi yang jelas mengenai kandungan niulai-nilai sosial dan religius kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami. Nilai-nilai tersebut diharapkan dapat mewadahi isi atau pesan cerpen secara komprehensif.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami terkandung nilai-nilai sosial dan religius. Nilai social yang terkandung dalam kumpulan cerepen Robohnya Surau Kami dikelompokkan ke dalam dua sifat, yaitu nilai sosial positif dan negatif. Nilai social positif meliputi nilai tolong menolong, nilai menasihati, nilai kasih sayang, nilai meminta maaf, nilai kasih saying, nilai keikhlasan, nilai bekerja keras, nilai tanggungjawab, nilai bijaksana, nilai saling menghormati, nilai berbakti, nilai kesabaran, nilai belas kasihan, dan nilai tabah.Nilai social negative meliputi egois, prasangka, kekerasan keluarga, sombong,ach tak acuh, tidak menghargai orang lain, memaki, merasa paling tahu, licik, berbohong, dan dendam. Nilai religius meliputi nilai keimantauhidan manusia terhadap Tuhan, Keteringatan manusia terhadap sifat Tuhan, ketaatan manusia terhadap firman Tuhan, dan kepasrahan manusia terhadap kekuasaan Tuhan.
Kata kunci: Cerpen, nilai-nilai sosial, religius, pragmatik