Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Di Stikes A. Yani Yogyakarta

Tri Sunarsih, Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Di Stikes A. Yani Yogyakarta. Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga, Tesis, Universitas Sebelas Maret, 2010.

Kehidupan akademis kampus terletak pada kata kunci motivasi belajar, kemandirian dalam belajar dan bimbingan akademik terhadap mahasiswa sehingga mahasiswa mampu untuk mandiri, proaktif, kritis, dan kreatif dalam meraih prestasi belajar yang baik. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa di STIKES A.Yani Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dan menggunakan teknik korelasional, memakai instrumen kuesioner model Likert dan dokumentasi. Semua populasi diambil sebanyak 464 responden, cara pengambilan dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian di analisis menggunakan koefisien korelasi korelasi Product Moment dan Regresi Linier. N = 98 pada taraf signifikan 5 % batas penerimaan rho tabel = 0,195 dan taraf signifikan 5 %.
Dari hasil analisis hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan dengan prestasi belajar diperoleh rho hasil = 0,457 maka nilai rho hasil tersebut lebih dari nilai rho tabel. Dengan demikian maka variabel motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan akademik dengan variabel prestasi belajar mempunyai hubungan yang bermakna. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan yang bermakna antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan akademik dengan variabel prestasi belajar.
Kata Kunci : Kemandirian belajar dan prestasi belajar