Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa menggunakan Reciprocal Teaching (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di kelas XI IPA-2 MAN 2 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2008/2009

Muhamad Muslihuddin Budirahardjo. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa menggunakan Reciprocal Teaching (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di kelas XI IPA-2 MAN 2 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2008/2009, Thesis, Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi apakah dan sejauhmana reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa, and (2) menjelaskan situasi saat teknik reciprocal teaching diterapkan pada kelas pelajaran membaca. Penelitian dilakukan di MAN 2 Bojonegoro; subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-2 pada tahun pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Pebruari sampai dengan Mei 2009 dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dengan 9 kali tatap muka. Ada 2 tipe data pada penelitian ini yaitu data kwalitatif dan data kwantitatif. Data kwalitatif diperoleh dari melaksanakan pengamatan di kelas secara langsung and wawancara terhadap siswa yang ada pada kegiatan pembelajaran, mengadakan pertemuan rutin dengan kolaborator untuk menemukan kemajuan siswa. Kuisener, foto, and catatan lapangan juga digunakan dalam penelitian ini. Data kwantitatif merupakan kumpulan nilai siswa yang diperoleh dari tes awal dan tes akhir. Teknik analisa data menggunakan teknik kualitatif dan kwantitatif. Dalam menganalisa data dengan teknik kualitatif menggunakan tekhnik perbandingan konstan oleh Strauss dan Glasser yang terdiri dari beberapa langkah: (1) membandingkan tiap-tiap kategori; (2) mengintegrasikan kategori dan perlengkapannya; (3) menyimpulkan teori; dan (4) menuliskan teori. teknik analisa data kuantitatif menggunakan statistic diskriptif yaitu dengan mencari rata-rata tiap tes
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Reciprocal Teaching tidak dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa tapi juga meningkatkan interaksi, kepercayaan diri dan motivasi siswa dalam kegiatan dikelas. Mereka menjadi lebh aktif, antusias dan lebih berani mengungkapkan pendapat dalam bahasa Inggris. Peningkatan kemampuan memahami bacaan atau membaca dalam bahasa Inggris bias dilihat dari hasil rata-rata tes-awal 55,00, tes akhir pada siklus 1 adalah 58,15; siklus 2 adalah 63,85 dan siklus 3 rata-rata 69,50
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Reciprocal Teaching bermanfaat meningkatkan kemampuan membaca siswa dan meningkatkan aktifitas dalam peeembelajaran di kelas. Oleh karenanya, Reciprocal Teaching sangat berguna untuk diterapkan pada pelajarab menbaca bahasa Inggris dan untuk bidang kemampuan lain yang berorientasi di kelas