Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Geografi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa

Djoko Heriyanto. S.880908016. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Geografi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa”. Tesis. Surakarta : Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret.2010.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar geografi pada materi Menganalisis Fenomena Biosfer antara pembelajaran yang menggunakan model kooperatif jigsaw dengan pendekatan pembelajaran ceramah; 2) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; 3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara pembelajaran yang menggunaan model kooperatif jigsaw pendekatan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cepogo Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cepogo sebanyak 104 siswa. Dari populasi tersebut diambil 70 siswa sebagai sampel, yang terdiri dari 36 siswa kelas XI IPS3 sebagai kelas eksperimen diberi model pembelajaran kooperatif jigsaw dan kelas XI IPS2 sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol diberi pendekatan pembelajaran ceramah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik analisis data digunakan Analisis Variansi dua jalan.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pembelajaran model kooperatif jigsaw dengan siswa yang diberi pendekatan pembelajaran ceramah (Fhitung = 54,8421 > Ftabel = 3,98), derajad kebebasan 1 pada taraf signifikansi  = 0,05; 2) terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang mempunyai motivasi tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi rendah ( Fhitung = 5,6894 > Ftabel =3,98 ) derajad kebebasan 1 pada taraf signifikansi  = 0,05; 3) tidak terdapat interaksi pengaruh pembelajaran model kooperatif jigsaw dan motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi ( Fhitung = 0,0742 < Ftabel = 3,98 ) derajad kebebasan 1 pada taraf signifikansi  = 0,05.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan pendekatan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar geografi. Hasil belajar geografi dapat ditingkatkan melalui motivasi dan ketepatan pemilihan model pembelajaran