Penerapan Laboratorium Riil dan Virtual pada Pembelajaran Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar dan Kemampuan Memori

Joko Widiyanto, 2010, “Penerapan Laboratorium Riil dan Virtual pada Pembelajaran Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar dan Kemampuan Memori”. Pembimbing I : Prof. Dr. Ashadi, Pembimbing II : Dr. Sugiyarto, M.Si. Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan laboratorium rill dan virtual ditinjuau dari gaya belajar dan kemampuan memori terhadap prestasi belajar.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2 x 3. Populasi adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMS. Pengumpulan data diperoleh dari (1) angket tentang gaya belajar (2) tes kemampuan memori (3) tes prestasi hasil belajar. Analisis data menggunakan Anava 3 jalur.
Hasil dari penelitian ini setelah dilakukan pengujian hipotesis pada tingkat kepercayaan 95% diperoleh (1) ada pengaruh penggunaan metode Laboratorium Riil dan Laboratorium Virtual terhadap prestasi belajar biologi dengan nilai p-value = 0,004 (2) ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar biologi dengan nilai p-value = 0,000 (3) ada pengaruh kemampuan memori terhadap prestasi belajar biologi dengan nilai p-value = 0,000 (4) ada interaksi antara metode pembelajaran dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar biologi dengan nilai p-value = 0,037 (5) ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar biologi dengan nilai p-value = 0,002 (6) ada interaksi antara gaya belajar dan kemampuan memori terhadap prestasi belajar biologi dengan nilai p-value = 0,025 dan (7) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran, gaya belajar dan kemampuan memori secara bersama-sama terhadap prestasi belajar biologi karena diperoleh nilai p-value = 0,925.
Kata Kunci : Laboratorium Riil, Laboratorium Virtual, Gaya belajar, Kemampuan memori