Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Memasang Infus Pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan Stikes Kendedes Malang

Yuni Asri, S540908124. 2010. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Memasang Infus Pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan Stikes Kendedes Malang. Tesis: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Media pembelajaran video dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Dalam proses pembelajaran dilaboratorium klinik dosen hanya menggunakan media buku teks atau ceklis dan tidak didapatkan video sebagai media dalam proses pembelajaran di laboratorium klinik tentang memasang infus. Hasil belajar memiliki hubungan dengan kwalitas pembelajaran dan karakteristik pembelajaran yaitu gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video dan gaya belajar mahasiswa terhadap hasil belajar ketrampilan memasang infus pada mahasiswa sarjana keperawatan.
Desain dalam penelitian ini adalah eksperimen Randomized Controlled Trial (RCT) karena pemilihan dan pengelompokan subjek penelitian dilakukan secara randomisasi, populasi sumbernya mahasiswa sarjana keperawatan STIKes Kendedes Malang dengan jumlah sampel 58 orang dan menggunakan teknik exhaustive sampling. Variabel dependennya hasil belajar ketrampilan memasang infus, variabel independennya media video dan gaya belajar. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisa dengan uji t dengan model regresi linear ganda.
Hasil penelitian dengan menggunakan uji statistik didapatkan terdapat pengaruh media pembelajaran video dan gaya belajar terhadap hasil belajar ketrampilan memasang infus (p=0.041; R2=9.84%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran video dengan gaya belajar yang berbeda dapat meningkatkan ketrampilan infus. Oleh karena itu disarankan kepada semua dosen agar membuat video tentang semua ketrapilan kompetensi klinik yang sesuai dengan Standart Operasional Prosedur dari PPNI.
Kata Kunci: media pembelajaran, gaya belajar, ketrampilan infus