Pengaruh Metode Diskusi dan Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Fisika ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Kreativitas Siswa” (Studi kasus pada siswa SMP Negeri 1 Karanganyar Kebumen, Kelas VII, Materi Besaran dan Satuan, Semester Gasal, Tahun Pelajaran 2009 / 2010)

Suharjo. S.830908224, 2010 “Pengaruh Metode Diskusi dan Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Fisika ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Kreativitas Siswa” (Studi kasus pada siswa SMP Negeri 1 Karanganyar Kebumen, Kelas VII, Materi Besaran dan Satuan, Semester Gasal, Tahun Pelajaran 2009 / 2010). Tesis, Program Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode diskusi dan lab pemberian tugas, (2) Perbedaan prestasi belajar siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dan rendah, (3) Perbedaan prestasi belajar siswa yang memiliki kreativitas siswa tinggi dan rendah, (4) Interaksi antara pembelajaran menggunakan metode diskusi dan pemberian tugas dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa, (5) Interaksi antara pembelajaran menggunakan metode diskusi dan pemberian tugas dengan kreativitas siswa terhadap prestasi siswa, (6) Interaksi antara motivasi berprestasi dan kreativitas terhadap prestasi siswa, dan (7) Interaksi antara pembelajaran menggunakan metode diskusi dan pemberian tugas, motivasi berprestasi, dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan mengambil sampel kelas VII B yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan metode diskusi, dan kelas VII C diberi perlakuan pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk mendapatkan data prestasi belajar, serta teknik non tes berupa angket untuk mendapatkan data motivasi berprestasi dan kreativitas siswa. Analisis data menggunakan anava tiga jalan dengan desain faktorial 2 x 2 x 2 dan dilanjutkan dengan ANOM.
Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode diskusi dan lab pemberian tugas (p-value metode = 0,658 > 0,050.), (2) Ada perbedaan prestasi belajar siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dan rendah, (p-value Motivasi berprestasi siswa = 0,041 < 0,050.), dari hasil uji lanjut Anava didapatkan bahwa siswa dengan motivasi berprestasi tingi prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, (3) Ada perbedaan prestasi belajar siswa yang memiliki kreativitas siswa tinggi dan rendah (p-value Kreativitas siswa = 0,001 < 0,050), dari hasil uji lanjut Anava didapatkan bahwa siswa dengan kreativitas tingi prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas rendah, (4) Tidak ada interaksi antara pembelajaran menggunakan metode diskusi dan pemberian tugas dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa, (5) Tidak ada interaksi antara pembelajaran menggunakan metode diskusi dan pemberian tugas dengan kreativitas siswa terhadap prestasi siswa, (6) Ada interaksi antara motivasi berprestasi dan kreativitas terhadap prestasi siswa (p-value = 0,017 < 0,050), dari hasil uji lanjut Anava didapatkan bahwa siswa dengan motivasi berprestasi prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas, dan (7) Tidak ada interaksi antara pembelajaran menggunakan metode diskusi dan pemberian tugas, motivasi berprestasi, dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa (p-value = 0,719 > 0.050).