PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR KETEPATAN MENENDANG BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA (Eksperimen Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Taktis Dan Drill Pada Siswa SMP Negeri 8 Mataram)

Isnaini, NIM: A.120209106, 2010. PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR KETEPATAN MENENDANG BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA (Eksperimen Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Taktis Dan Drill Pada Siswa SMP Negeri 8 Mataram). Komisi Pembimbing I : Prof. Dr. H. Sudjarwo, M.Pd. Pembimbing II : Dr. dr. Muchsin Doewes, M.ARS. Tesis: Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran taktis dan drill terhadap hasil belajar ketepatan menendang bola ke arah gawang pada permainan sepakbola. (2) Perbedaan hasil belajar ketepatan menendang bola ke arah gawang pada permainan sepakbola antara siswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi dan rendah. (3) Pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan persepsi kinestetik terhadap hasil belajar ketepatan menendang bola ke arah gawang pada permainan sepakbola.
Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 X 2. Populasi penelitian adalah siswa putera kelas VIII SMP Negeri 8 Mataram tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 60 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, besar sampel yang diambil yaitu sebanyak 40 siswa. Sampel terdiri dari 20 siswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi dan 20 siswa yang memiliki persepsi kinestetik rendah. Variabel yang diteliti yaitu variabel bebas terdiri dari dua faktor yaitu variabel manipulatif dan variabel atributif, serta satu (1) variabel terikat. Variabel manipulatif terdiri dari pendekatan pembelajaran taktis dan pendekatan pembelajaran drill. Variabel atributif terdiri dari kelompok sampel dengan persepsi kinestetik tinggi dan rendah. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu ketepatan menendang bola pada permainan sepakbola. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Pengambilan data ketepatan menendang bola pada permainan sepakbola dengan tes menendang bola ke dalam sasaran di gawang. Pengambilan data persepsi kinestetik dilakukan dengan horizontal linear space test dan vertical linear space test. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis varians dan uji rentang Newman Keuls, pada taraf signifikansi 5%.
Kesimpulan: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran taktis dan drill terhadap ketepatan menendang bola ke arah gawang pada permainan sepakbola. Pengaruh pendekatan pembelajaran taktis lebih baik dari pada dengan pendekatan drill. (2) Ada perbedaan hasil belajar ketepatan menendang bola ke arah gawang pada permainan sepakbola yang signifikan antara siswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi dan rendah. Peningkatan ketepatan menendang bola ke arah gawang pada permainan sepakbola pada siswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi lebih baik dari pada yang memiliki persepsi kinestetik rendah. (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan persepsi kinestetik terhadap ketepatan menendang bola ke arah gawang pada permainan sepakbola. (a) Siswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi lebih cocok jika diberikan pendekatan pembelajaran taktis. (b) Siswa dengan persepsi kinestetik rendah lebih cocok jika diberikan pendekatan pembelajaran drill.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Taktis, Pendekatan Pembelajaran Drill, Persepsi kinestetik, Ketepatan Menendang Bola Pada Permainan Sepakbola

Isnaini, NIM: 120209106, 2010. THE EFFECT TEACHING APPROACH AND KINESTHETIC PERCEPTION TO RESULT LEARNING FOOTBALL KICKING SKILL. Thesis : The Major of Ilmu Keolahragaan, Post Graduate Sebelas Maret University Of Surakarta. (Study Experiment About Teaching approach With Tactical Approach And Drill Approach at Student SMP Negeri 8 Mataram). Guidance Comission I : Prof. Dr. H. Sudjarwo, M.Pd. Guidance II : Dr. dr. Muchsin Doewes, M.ARS, Thesis: Study Program of Sports Science, Postgraduate Program, Sebelas Maret University of Surakarta

The aims research of the are to investigated: (1) The different effect of teaching approach with tactical approach and drill approach to result learning football kicking skill. (2) The different the result learning football kicking skill between student group having high kinesthetic perception and kinesthetic perception lower. (3) Interaction effect of usage of teaching approach and kinesthetic perception to result learning football kicking skill
Experiment method with 2 X 2 factorial design was used in this research. The Research Population is the male student of SMP Negeri 8 Mataram Academic Year 2008/2010, i.e. 60 students. Sampling technique was used purposive random sampling,, the amount of sample taken are 40 students. Sample consists of 20 student represent student owning high kinesthetic perception and 20 students owning low kinesthetic perception. The variable that researched is independent variable consist of two factor that were manipulative variable, attributive variable, and also one (1) dependent variable. Manipulative variable consist of the teaching approach with the tactical approach and drill approach. Attributive Variable consists of groups with high kinesthetic perception and low kinesthetic perception. Dependent variable in this research is football kicking skill. Data collecting technique are test and measurement. The data collecting of football kicking skill is using football kicking skill to goal. Data of kinesthetic perception done using horizontal linear space test and vertical linear space test. Data analysis Technique in this research use analysis of variance test and span Newman Keuls, at 5% level of significance.
Conclusion: (1) There is a significant different of effect which between teaching approach with tactical approach and drill approach to result learning football kicking skill. The effect teaching approach with the tactical approach is better than with the drill approach. (2) There is a significant different effect between student group owning high kinesthetic perception and kinesthetic perception lower to result learning football kicking skill. Uplifting of football kicking skill at student owning high kinesthetic perception is better the than those who owning low kinesthetic perception. (3) There is a significant of interaction effect between usage of teaching approach and kinesthetic perception to result learning football kicking skill. (a) Student having high kinesthetic perception more compatible if given by teaching with the tactical approach. (b) Student ability motor lower more compatible if given by teaching with the drill approach

Keyword: Teaching With Drill Approach, Teaching With Tactical Approach, Kinesthetic Perception, Football Kicking Skill.