Implementasi Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Kaitannya dengan Kompetensi Belajar Sains Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa di SDN Kleco II Surakarta

ABSTRAK

Haryanto, S83090500,. 2008, Implementasi Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Kaitannya dengan Kompetensi Belajar Sains Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa di SDN Kleco II Surakarta, Tesis: Program Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2008.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh model pembelajaran CTL dan konvensional terhadap kompetensi belajar sains pada materi perubahan lingkungan; (2) perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dan siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah terhadap kompetensi belajar sains siswa pada materi perubahan lingkungan; dan (3) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa terhadap kompetensi belajar sains pada materi perubahan lingkungan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimental. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri II Kleco Kecamatan Laweyan Kodya Surakarta pada semester 2 tahun pelajaran 2006/ 2007. Penelitian ini menggunakan rancangan desain faktor 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri II Kleco Tahun Pelajaran 2006/ 2007. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling yaitu secara undian. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas yaitu model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa, dan satu variabel terikat berupa berupa prestasi belajar sains. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus anava dua jalan dengan desain faktorial (2 x 2). Desain ini terdiri dari dua variabel bebas yang masing-masing terdiri dari dua kategori, yaitu model pembelajaran konstektual/ Contextual Teaching and Learning (CTL) dan konvensional dan aktivitas belajar siswa (Tinggi dan Rendah).
Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual (CTL/ Contextual Teaching and Learning) dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar sains (aspek kognitif, afektif, dan psikomotor) pada materi perubahan lingkungan. Siswa yang belajar melalui model pembelajaran CTL memperoleh prestasi belajar sains yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui model konvensional.; (2) Terdapat pengaruh antara aktivitas belajar siswa yang tinggi dan aktivitas belajar siswa yang rendah terhadap prestasi belajar sains (aspek kognitif, afektif, dan psikomotor) pada materi perubahan lingkungan. Siswa yang tingkat aktivitas belajarnya tinggi cenderung memperoleh prestasi belajar sains yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tingkat aktivitas belajarnya rendah; dan (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar sains (aspek kognitif, afektif, dan psikomotor) pada materi perubahan lingkungan.
Kata kunci: Model pembelajaran, kompetensi belajar, dan aktivitas belajar.

ABSTRACT

Haryanto, S83090500,. 2008, The Implementation of Contextual Teaching and Learning (CTL) Model and its Correlation with Science Learning Competency Viewed from Students’ Learning Activities in SDN Kleco II Surakarta, Thesis: Science Education Program, Postgraduate Program of Sebelas Maret University of Surakarta. 2008.

The aims of the research are to know: (1) the effects difference of CTL and conventional learning models on science learning competency in the subject of environmental change; (2) the effects difference between the students with the high and the low learning activity on students’ science learning competency in the subject of environmental change; and (3) the interaction between learning models and learning activities on students’ science learning competency in the subject of environmental change.
The method of research is experimental research. The research was administered in SD Negeri II Kleco Kecamatan Laweyan of Surakarta in 2nd semester of academic year of 2006/2007. The research employed factorial design of 2 x 2. The population of th research was 4th grade students of SD Negeri II Kleco of academic year of 2006/2007. The sample of the research was determined using random sampling technique, namely using toss. The research employed two independent variables namely learning models and learning activities, and a dependent variables namely science’s learning achievement.The data analysis technique was done using two-ways anava with factorial design of 2 x 2. The design comprises two independent variables that consist of two categories, namely contextual teaching and learning model and conventional model, and learning activities comprises high and low activities.
Based on the analysis, the research concludes that: (1) there’s an effect of learning model, Contextual Teaching and Learning and conventional model on science’s learning achievement (cognitive, affective, and psychomotor aspects) on environmental change material. The students who learn through CTL model gain higher eachievement in science compared to those who learn through conventional one.; (2) there’s an effect of learning activities between the high and the low activities students on science’s learning achievement (cognitive, affective, and psychomotor aspects) on environmental change material. The students who have high learning activities tend to gain higher achievement in science compared to those who have low learning activities; and (3) there’s an effect interaction between the learning models and learning activities on science’s learning achievement (cognitive, affective, and psychomotor aspects) on environmental change material.
Key words: Learning model, learning competency, and learning activity.