Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Constektual Teaching and Learning (CTL) Bagi Siswa Kelas V SD N 01 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar.2010

ABSTRAK

Rajinem S840209114. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Constektual Teaching and Learning (CTL) Bagi Siswa Kelas V SD N 01 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar.2010. Tesis: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan proses pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas V SDN 01 Karangasari dan (2) Meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa setelah diberi pelajaran melalui pendekatan Constektual Teaching and Learning (CTL).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas yang mengambil lokasi di kelas V SDN 01 Karangsari, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Rencana pembelajaran dalam setiap siklus disusun oleh guru dan peneliti . setiap siklus memiliki empat langkah yaitu : (1) tahap perencanaan (planning), (2) tahap pelaksanaan tindakan (acting), (3) Tahap observasi (observing), dan (4) tahap refleksi (reflekcting). Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menyusun rencana tindakan. Peneliti melakukan bimbingan intensif kepada guru kelas V tentang penerapan pendekatan Constektual Teaching and learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V yang masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini dikatakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dan guru kelas V SDN 01 Karangsari. Yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 11 siswa putra dan 9 siswa putri. Teknik pengumpulan data adalah : observasi, wawancara, angket dan tes. Uji validasi data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggualsi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif menggunakan deskriptif komparatif, teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penerapan pendekatan Constektual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan proses pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas V SDN 01 Karangsari. Hal ini terlihat bahwa setelah dilakukan tindakan siswa membuat catatan-cacatan sebelum menulis, merevisi setelah menyeleksi, dan lebih senang berlatih menulis deskripsi. (2) penerapan pendekatan Constektual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SDN 01 Karangsari. Hal ini terindikasi adanya peningkatan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar dari siklus I hingga siklus III. Disamping itu juga adanya peningkatan rata-rata kemampuan menulis deskripsi dari siklus I hingga siklus III. Siklus I Jumlah siswa yang tuntas mencapai 11 siswa dan niali rerata adalah 63,85 , ketuntasan klasikal 55,00 %. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 13 siswa, nilai rerata adalah 65,50 dan ketuntasan klasikal 65,00 %. Dilanjutkan siklus III. Hasilnya cukup memuaskan karena dari 20 siswa bisa tuntas semua. Nilai rerata 69,95 dan ketuntasan secara klasikal 100 %.

ABSTRACT

Rajinem S840209114. Description Writing Skill Improvement Through Contextual Teaching and Learning Approach (CTL) For Students of Class V SD N 01 Karangsari, Jatiyoso, Karanganyar 2010. Thesis: Bahasa Indonesia Education Major, Graduate Program Sebelas Maret University Surakarta.
This study aims to (1) enhance the learning process of writing a description and (2) improve the students ability to write descriptions after a lesson through Contextual Teaching and Learning Approach (CTL) for students of class V SDN 01 Karangsari.
This research is a Class Action Research that takes place in class V SDN 01 Karangsari, Jatiyoso, Karanganyar. This research was conducted in three cycles. Lesson plans in each cycle were prepared by teachers and researchers. Each cycle has four steps, namely: (1) planning phase (planning), (2) implementation of action phase (acting), (3) observation phase (observing), and (4) reflection phase (reflecting). The results of the reflection phase will be used as a basis to formulate action plans. Researcher conducted an intensive guidance to teachers on the implementation of Contextual Teaching and Learning approach in teaching to enhance student ability to write a description of the class V which is still low. Therefore this study said in a collaborative classroom action research. The subject of this study was students and teachers of class V at SDN 01 Karangsari, which are 20 students consisted of 11 male students and 9 female students. The techniques to collect the data are: observation, interviews, questionnaires and tests. Data validation test in this study using sources triangulation and methods triangulation. Data analysis techniques used were qualitatively and quantitatively. Qualitative data analysis techniques use descriptive comparative, quantitative data analysis techniques using descriptive statistical techniques.
The results can be summarized as follows: (1) implementation of Constektual Teaching and Learning (CTL) can enhance the learning process of description writing of class V students of SDN 01 Karangsari. This can be seen that after the action, students make notes before writing, revising after selecting, and happier to practice writing descriptions. (2) the application of Constektual Teaching and Learning (CTL) approach can increase the ability to write descriptions of the students of class V SDN 01 Karangsari. This is indicated by the increase of the number of students who experience learning mastery from cycle I to cycle III. Besides, there is an increase in the average ability to write descriptions from the cycle I to cycle III. In the cycle I, the students who pass are 11 students and mean value is 63.85, 55.00% classical completeness. In the second cycle the number of students who pass the 13 students, the mean value was 65.50 and 65.00% classical completeness. Continuing the cycle III, the results were quite satisfactory because all of the 20 students can complete the test. The average value of 69.95 and 100% completeness classically