Implementasi Model-Model Inovatif, Media, dan Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 7 Tahunan Kabupaten Jepara

ABSTRAK

Edy Mulyono, S 840209106, 2010. Implementasi Model-Model Inovatif, Media, dan Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 7 Tahunan Kabupaten Jepara. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.2010.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang : 1). Persepsi guru terhadap model pembelajaran inovatif, media dan evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia; 2). Kemampuan guru mengimplementasikan model pembelajaran inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia; 3). Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran Bahasa Indonesia; 4). Kemampuan guru melakukan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia; 5). Kendala-kendala guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran inovatif, media dan evaluasi; 6) Upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala-kendala dalam mengimplementasikan model pembelajaran inovatif, media, dan evaluasi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif diskriptif-naturalistik. Sumber data di peroleh dari informan, peristiwa, dan dokumen. Informan dari studi ini adalah kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Guna memeperoleh kesahihan data, peneliti melakukan triangulasi data, review informan dan hadir di tempat penelitian.Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Temuan penelitian ini adalah :1) Persepsi guru terhadap model pembelajaran inovatif, media dan evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sudah cukup baik. Hal ini tercermin adanya pemahaman, wawasan, dan pengalaman guru yang luas mengenai model pembelajaran inovatif, media dan evaluasi; 2). Kemampuan guru mengimplementasikan model pembelajaran inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia cukup baik. Hal ini tercermin adanya kemantapan, pengalaman guru mengenai model pembelajaran inovatif , adanya motivasi meningkatkan pengalaman guru untuk lebih berinovasi dan berkreasi dalam menggunakan model-model pembelajaran inovatif; 3) Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, media grafis , media berbasis computer, mampu memilih media yang tepat serta berpedoman pada prinsip–prinsip penggunaan media pembelajaran; (4) Kemampuan evaluasi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada dasarnya cukup baik, hal ini tercermin guru mampu melakukan penilaian kelas dengan berbagai teknik, mampu menganalisis hasil penilaian, dan menentukan tindak lanjut hasil penilaian; 5) Kendala–kendala guru dalam mengimplementasikan media pembelajaran yaitu kurang optimalnya pemanfaatan media yang ada, minimnya produktifitas guru dalam menciptakan media, kurangnya ketrampilan guru merancang media, terbatasnya dana; 6) Upaya guru dalam mengatasi kendala dalam mengimplementasi model pembelajaran inovatif, media dan evaluasi, yakni dengan mengadakan pendalaman model pembelajaran inovatif, mengefektifkan waktu di sekolah, penambahan alokasi dana, penggalakkan supervisi dan pengawasan dalam KBM, memaksimalkan penggunaan media yang ada , meningkatkan daya dukung tes, meningkatkan teknik–teknik penilaian.
Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada guru untuk mengembangkan penggunaan model–model pembelajaran inovatif, media dan evaluasi secara tepat sehingga prestasi siswa akan meningkat. Kepala sekolah, komite sekolah, dan stakeholder diharapkan memberi dukungan terhadap peningkatan SDM guru dan pemberdayaan guru untuk meningkatkan profesionalitasnya dalam melaksanakan pembelajaran yang inovatif.

ABSTRACT

Edy Mulyono, S 840209106, 2010. Implementation of Innovative Models, Media, and Evaluation of Student Learning Indonesian Class V Elementary School 7 Jepara. Thesis. Study Program of Educational Indonesian Language, Post Graduate Program, Sebelas Maret University of Surakarta, 2010.

This study aims to describe: 1). Perception of teachers on innovative teaching models, media and evaluation in learning Indonesian; 2). The ability of teachers to implement innovative learning models in learning Indonesian; 3). Teachers’ ability in using the media to learn about Indonesian; 4). The ability of teachers to evaluate learning Indonesian; 5). The constraints of teachers in implementing innovative teaching models, media and evaluation; 6) Efforts by teachers to overcome the constraints in implementing an innovative learning model, media, and evaluation.
The research method used in this research is naturalistic-descriptive qualitative research method. Source data obtained from informants, observation, and documents. The informant of this study is headmaster, the V-grade teacher, and students. Sampling technique used was purposive sampling. For collecting data is using in-depth interviews, observation and document analysis. In order to obtain the validity of the data, researchers conducted triangulation of data, review of informants and present in the research field. The technique data analysis is using the model of interactive analysis.
The findings of this research is ; 1) Perception of teachers on innovative teaching models, the media and evaluation in learning Indonesian is good enough. This is reflected in the understanding, insight, and extensive experience of teachers doing innovative learning model, the media and evaluation; 2). Ability of teacher in implementing innovative teaching model in learning Indonesian is good enough. This is reflected in the stability, experience of teachers on innovative teaching models, the motivation of teachers to further enhance the experience to innovate and be creative in using innovative learning models; 3) the ability of teachers in using a variety of instructional media, graphic media, computer-based media, able to choosing appropriate media and use principles of media learning, (4) Ability to evaluate teachers in learning Indonesian is basically good enough, this reflected the teacher is able to assess the class with a variety of techniques, capable of analyzing assessment, and determining follow-up assessment ; 5) These constraints teachers in implementing instructional media that is less optimal utilization of existing media, lack of productivity in creating media teachers, lack of skilled teachers to design media, limited funds; 6) The efforts of teachers in overcoming obstacles in implementing an innovative learning model, and the media evaluation, is by holding a deepening of innovative teaching models, streamlining the time at school, adding funds allocation, supervision and oversight in the promotion of teaching and learning, maximizing use of existing media, increasing the carrying capacity of the test, improve evaluation techniques.
Based on the findings of this study is recommended for teachers to develop the use of innovative models of learning, media and proper evaluation so that student achievement will increase. The headmaster, school committees and stakeholders are expected to provide support to the improvement of human resources and empower teachers to improve the professionalism of teachers in implementing an innovative learning.