Novel Bidadari Bidadari Surga Karya Tere-Liye (Tinjauan Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan)

ABSTRAK

THERESIA SRI SUSETIANINGSIH. S 840209127. Novel Bidadari Bidadari Surga Karya Tere-Liye (Tinjauan Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan) Tesis. Surakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta.2010

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menjelaskan (1) pandangan dunia pengarang dalam novel Bidadari Bidadari Surga, (2) Ekspresi cinta tokoh dalam novel Bidadari Bidadari Surga,(3) cara tokoh membangun ekonomi keluarga dalam novel Bidadari Bidadari Surga dan (4) Nilai- nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Bidadari Bidadari Surga.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi saatra. Sumber data penelitian berasal primer, yaitu novel Bidadari Bidadari Surga dan sumber data sekunder, yaitu informasi dari internet dan hasil wawancara yang diperoleh langsung dari pengarang novel tentang novel Bidadari Bidadari Surga. Trianggulasi metode dilakukan dengan pengecekan data dokumen dengan data wawancara untuk mendapatkan simpulan yang sama. Data teresebut diperoleh dengan mengkaji novel Bidadari Bidadari Surga melalui analisis isi, yaitu melakukan penafsiran terhadap teks untuk dipahami isinya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Reduksi data selalu dilakukan, bila simpulan dirasa kurang, maka data kembali dikumpulkan untuk mencari pendukung simpulan yang telah dikembangkan dan juga sebagai usaha pendalaman data.
Penelitian ini menyimpulkan (1) pandangan dunia pengarang kesederhanaan hidup dengan bekerja keras untuk mencapai kesuksesan; (2) ekspresi cinta tokoh dalam novel cinta sebagai modal utama yang sangat berharga untuk mengembangkan potensi yang ada pada keluarga,ekspresi cinta tokoh adalah (a) memberikan kasih sayang dan rasa aman (b) memberikan perhatian diantara anggota keluarga (c) membina pendewasaan kepribadian anggota keluarga (d) memberikan identitas keluarga; (3) cara tokoh membangun ekonomi keluarga dalam novel (a) mencari sumber- sumber penghasilan (b) pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan (c) menabung untuk memenuhi kebutuhan- kebuuhan keluarga di masa yang akan datang; (4) nilai- nilai pendidikan yang terungkap dalam novel Bidadari Bidadari Surga adalah (a) nilai pendidikan merupakan hal penting dan ajaran yang berguna bagi kemanusiaan untuk meningkatkan harkat dan martabat serta menjadikan manusia berbudaya, beragama, bermoral dan beradaptasi sebagai makhluk social, (b) nilai agama, nilai pendidikan yang menekankan hubungan antara manusia dengan Tuhan, (c) nilai moral, nilai pendidikan yang berhubungan dengan baik buruknya tingkah laku manusia, (d) nilai social, nilai pendidikan yang menekankan pada hubungan manusia dengan sesamanya, dan (e) nilai adat/ budaya, yaitu nilai pendidikan yang berhubungan dengan kebiasaan dan tradisi
Kata kunci: Novel, Pengarang, Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan.

ABSTRACT

THERESIA SRI SUSETIANINGSIH. S840209127.The novel entitled Bidadari Bidadari Surga by Tere-Liye (An Educational Value and Literry Sociology Review)
Thesis. Surakarta The Study Program of Indonesian Language Education, Postgraduate Program, Sebelas Maret University. Surakarta. 2010.

The arms of the research are to describe and explain about: (1) The author world views in her novel entitled Bidadari Bidadari Surga, (2) The characters love expressions in her novel novel Bidadari Bidadari Surga, (3) The characters ways in building the economics familyin her novel entitled Bidadari Bidadari Surga and (4) The educational values of the novel entitled Bidadari Bidadari Surga.

This is a qualitative descriptive research with a literary sociology approach. The research data were obtained from primary namely the novel of entitled Bidadari Bidadari Surga and the secondary data were information from internet and the result of directly interview with the aother of the novel entitled Bidadari Bidadari Surga. The triangulation methods were by cheking the document data and the interview data to obtain the same conclusion. Those data were obtained by examining the novel entitled Bidadari Surga through the content analysis, by doing interpretation toward discours to understand the substances. They were analyzed by means of an interactive analysis analysis technique with three components of analysis, namely data reduction, data display and conclusion drawing. The data reduction were always done if the conclution drawing seems not enough, so the data would be gathered to get support conclusion and as an effort of the data in depth.

According to the results of the analysis, some conclusion are drawn as follows: (1) the novel aother world views about the sample life with hard working to be success; (2) the characters love expressions in the novel as an intense modal todevelop the potensial in theirs family, the characters love expressions are as follows (a) giving love and secure feelings (b) giving attentions to the family members (c) building the nature behavior of the family members (d) giving the family identities; (3) The characters ways in building the family economics are as follows (a) looking for finance sources (b) organizing the family finances for their necessity (c) saving for the future; (4) The educational values that the novel contains include (a) the educational values are important things and useful learning for human to increase the dignity and being a cultural, religious, have a good moral and can adaptate as a social human (b) religious value, education value emphasized the relation between God and human beings, (c) moral value, education related to good and bad attitudes and behaviors of human beings, (d) social value, education related interrelation among human beings; and (e) custom and tradition value education related to customs and traditions.
Key words: Novel, Authors, An Educational Value and Literrary Sociology