PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH

Satutik Rahayu, S830906011.2006.” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Dan Eksperimen Ditinjau Dari Sikap Ilmiah ”(Studi Kasus Pembelajaran Elektronika Dasar I Pada Pokok Bahasan Dioda Semikonduktor pada Mahasiswa Semester III Tahun Akademik 2007/2008 STKIP Hamzanwadi Selong NTB). Tesis: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan penelitian ini adalah :1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode inkuiri terbimbing dan eksperimen terhadap prestasi belajar mahasiswa pada aspek kognitif dan psikomotorik, 2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sikap ilmiah kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar mahasiswa pada aspek kognitif dan psikomotorik, 3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode inkuiri terbimbing dan eksperimen dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar mahasiswa pada aspek kognitif dan psikomotorik.
Penelitian mulai dilaksanakan pada bulan Nopember 2006 sampai dengan bulan september 2007, dengan populasi mahasiswa semester III Program Studi pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong, menggunakan metode eksperimen dan desain faktorial anava 2 x 2, sampel penelitian diperoleh dengan cara simple random sampling (acak sederhana) yaitu dengan menggunakan undian.
Teknik pengumpulan data sikap ilmiah mahasiswa dengan menggunakan angket tertutup, data prestasi belajar mahasiswa pada aspek kognitif dilakukan dengan tes berbentuk multiple choice dan data prestasi belajar mahasiswa pada aspek psikomotorik menggunakan metode observasi. Validitas instrumen diuji dengan menggunakan koefisien korelasi point biserial untuk aspek kognitif, instrumen sikap ilmiah dengan menggunakan teknik product moment. Sedangkan untuk reliabilitas angket menggunakan rumus alpha, diperoleh r11 = 0,30 dan reliabilitas aspek kognitif diperoleh r11 = 0,69 . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi(anava) 2 x 2,
Hasil analisis data pada taraf signifikansi 5 % sedangkan Ftabel = 4,00 diperoleh : 1) data prestasi belajar aspek kognitif Fhitung = 4,35 sedangkan prestasi belajar aspek psikomotorik Fhitung = 4,07 artinya model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode inkuiri terbimbing lebih berpengaruh dibanding dengan metode eksperimen, 2) data sikap ilmiah mahasiswa Fhitung = 5,75 sedangkan aspek psikomotorik Fhitung = 5,70 artinya sikap ilmiah tinggi lebih berpengaruh dibanding dengan sikap ilmiah rendah, 3) Uji interaksi menunjukkan Fhitung =0,20 untuk aspek kognitif dan uji prestasi belajar aspek psikomotorik Fhitung = 0,49 artinya tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode inkuiri terbimbing dan eksperimen dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar mahasiswa pada aspek kognitif dan psikomotorik.