Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Kesehatan Kerja I Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa.

ABSTRAK

SUSILOWATI NIM. S540209016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Kesehatan Kerja I Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Tesis, Surakarta : Program Studi Magister Kedokteran Keluarga Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret, 2010.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar kesehatan kerja I. (2) Perbedaan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah siswa terhadap prestasi belajar kesehatan kerja I. (3) Interaksi model pembelajaran dan motivasi yang dimiliki siswa terhadap prestasi belajar kesehatan kerja I.
Penelitian tersebut merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa semester II Program D-III Hiperkes dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Dari populasi tersebut peneliti mengambil 70 siswa sebagai sampel, 35 siswa kelas A sebagai kelompok eksperimen dengan pembelajaran model Problem Based Learning dan 35 siswa kelas B sebagai kelompok kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisa data menggunakan anava dua jalur dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan teknik uji F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang sangat signifikan model pembelajaran terhadap prestasi belajar kesehatan kerja I dengan hasil uji F = 14,176; p = 0,000 (p < 0,01); (2) terdapat pengaruh motivasi yang sangat signifikan terhadap prestasi belajar kesehatan kerja I dengan hasil uji F = 29,298 ; p = 0,000 (p < 0,01); (3) terdapat interaksi model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar kesehatan kerja I yang signifikan dengan hasil uji F = 4,536; p = 0,037 (p < 0,05).
Kesimpulan dari hasil peneltian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar; maka untuk meningkatkan prestasi belajar sebaiknya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning serta meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci:Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Konvensional, Prestasi Belajar

ABSTRACT

SUSILOWATI (S540209016). The Influence of Problem Based Learning Model and Conventional Learning Model toward Learning Achievement of Kesehatan Kerja I Based on Students Learning Motivation. Thesis, Surakarta: Medical Family Magister Study Programme, Post Graduate Program, Sebelas Maret University, 2010.

The objectives of this research are to know: (1) the different influences of Problem Based Learning model and conventional learning model toward learning achievement of kesehatan kerja I. (2) the differences of high learning motivation and low learning motivation toward learning achievement of kesehatan kerja I. (3) Interaction of learning model and students motivation toward learning achievement of kesehatan kerja I.
This research is an experimental research. The research population is semester II diploma students of Hyperkes and Safety Working Medical Faculty, Sebelas Maret University. From the population researcher takes 70 students as samples, 35 students from class A as experimental group with Problem Based Learning model and 35 students from class B as control group with conventional learning model. The sample is taken by using cluster random sampling. Then the data is analysed using anava two ways with prerequisite test analysis are normality test Lilliefors test and homogenity test using model test F.
The results of the research show that: (1) there is a significant influence of the learning model towards learning achievement of kesehatan kerja I with test-based F= 14,176; p= 0,000 (p < 0,01); (2) there is a significant motivation influence toward learning achievement of kesehatan kerja I with test-based F=29,298 ; p = 0,000 (p < 0,01); (3) there is a significant interaction of learning model and motivation toward learning achievement of kesehatan kerja I with test-based F= 4,536; p= 0,037 (p < 0,05).
The conclusion of the research shows that learning model and motivation influences the learning achievement; so in order to improve the learning achievement, it is suggested to use Problem Based Learning model and increase the students learning motivation.

Keyword:Problem Based Learning Model, Conventional Learning, Learning Achievement