EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE DAN TUGAS MAKALAH INDIVIDU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI DAN PARTISIPASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR KEPERAWATAN

ABSTRAK

YUANITA WULANDAI, NIM S540908321, EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE DAN TUGAS MAKALAH INDIVIDU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI DAN PARTISIPASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR KEPERAWATAN Tesis: Program Studi Kedokteran Keluarga Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta,2010.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dan tugas makalah individu pada mata kuliah KDK I dalam prestasi belajar mahasiswa yang dilihat dari hasil tes individu dan hasil kesepakatan dalam pembelajaran (2) Efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dan tugas makalah individu pada mata kuliah KDK I ditinjau pada segi partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yaitu sebuah proses investigasi terkendali yang berdaur ulang dan bersifat reflektif mandiri yang dilakukan oleh dosen yang memiliki tujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap system, cara kerja, proses, isi, kompetensi, atau situasi pembelajaran. Penelitian di lakukan bulan Januari sampai dengan juni 2010. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya Program Studi S1 keperawatan semester II. Tehnik pengumpulan data menggunakan (1) Tes, digunakan untuk mendapatkan data tentang penugasan konsep dan hasil belajar (2) Observasi, dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas mahasiswa dalam PBM (3) Wawancara, untuk mendapatkan data awal tentang kondisi pembelajaran sebelum diterapkan model dan setelah diterapkan model (4) Diskusi antar dosen dan observer tentang refleksi siklus PTK.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dan tugas makalah individu efektif diterapkan pada mata kuliah KDK I dengan hasil prosentase ketuntasan prestasi belajar ditinjau dari nilai post tes 76% mahasiswa dinyatakan tuntas dan dari segi kesepakatan 86% mahasiswa dinyatakan tuntas (2) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dan tugas makalah individu efektif diterapkan pada mata kuliah KDK I dengan hasil prosentase ketuntasan partisipasi 100% mahasiswa dinyatakan tuntas.
Kata Kunci : Efektifitas, Model Pembelajaran Think-Pair-Share, Prestasi, Partisipasi

ABSTRAK

YUANITA WULANDAI, NIM S540908321, IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING EFFECTIVENESS MODEL THINK-PAIR-SHARE AND DUTIES OF INDIVIDUALS AGAINST PAPERS INCREASED STUDENT ACHIEVEMENT AND PARTICIPATION IN BASIC CONCEPTS OF NURSING COURSE I. Thesis: Health Professions Education Graduate Program University of Surakarta Eleven March, 2010.

The purpose of this study is to determine: (1) the effective application of cooperative learning methods Think-Pair-Share and the assignment of individual papers on subjects KDK I reviewed the terms of achievement of students who viewed the results of individual tests and results in the learning agreement (2) Effectiveness implementation of cooperative learning methods Think-Pair-Share and the assignment of individual papers on subjects KDK I reviewed in terms of student participation in learning.

This research is a Class Action (Classroom Action Research) is an investigative process that berdaur controlled and reflective self-re-done by the teachers / teacher candidates who have a goal to make improvements to the system, way of working, processes, content, competencies, or learning situations. The experiment was conducted from January to June 2010. The population in this study were students of Faculty of Health Sciences Program University of Surabaya, the second semester of nursing S1. Techniques used for data collection (1) test, to use to obtain data about the assignment of concepts and learning outcomes (2) observations were used to collect data about student activities in PBM (3) Interview, in order to obtain preliminary data about the learning conditions before and after the applied model applied model (4) Discussions between faculty and observers regarding TOD reflection cycle.

The conclusion of this research is (1) the effective application of cooperative learning methods Think-Pair-Share and the assignment of individual papers on subjects KDK I reviewed the terms of achievement of students who viewed the results of individual tests 76% directori complet and results in the learning agreement 86% directori complet (2) Effectiveness implementation of cooperative learning methods Think-Pair-Share and the assignment of individual papers on subjects KDK I reviewed in terms of student participation in learning 100% directori complet.

Keywords: Effectiveness, Cooperative Learning Model Think-Pair-Share, Achievement, Participation.