Perbedaan Pengaruh Antara Pembelajaran Inkuiri Dan Pembelajaran Ekspositori Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Patologi di Prodi Kebidanan Universitas Muhammadiyah Surabaya

ABSTRAK

Rachmawati Ika Sukarsih , S8540908315.. Perbedaan Pengaruh Antara Pembelajaran Inkuiri Dan Pembelajaran Ekspositori Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Patologi di Prodi Kebidanan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Tesis, Program Studi Kedokteran keluarga Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa. (2) Pengaruh pembelajaran Ekspositori terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa .(3) Untuk membandingkan perbedaan pengaruh pembelajaran inkuiri dan pembelajaran ekspositori terhadap motivasi dan prestasi belajar
Penelitian ini di laksanakan di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional dengan disain cross sectional. Populasi dalam penelitiaan ini adalah mahasiswa Diploma III Kebidanan Universitas Muhammadiyah Surabaya dengan sampel penelitian adalah mahasiswa semester IV tahun akademik 2010 sebanyak 103 orang yang terbagi menjadi 2 kelas A sebanyak 50 orang dan kelas B sebanyak 53 orang. Tehnik pengambilan sampel di lakukan secara total sampel.Instrumen untuk mendapatkan data berupa angket untuk variabel motivasi dan test tulis untuk variabel prestasi belajar. Validitas dan reabilitas angket motivasi dan prestasi belajar di uji dengan menggunakan rumus Product Moment.Hasil uji validitas dan reabilitas angket motivasi di dapatkan 48 item sedangkan test tulis di dapatkan 30 item
Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan analisis varian satu jalan Kruskal – walls ( one Way Anova ) didapatkan hasil tingkat motivasi belajar pada F hitung = 5461 dan F tabel 3936 dan tingkat signifikasi < 0.021 (0.021 > 0.05 ). hal membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan antara motivasi belajar antara metode pembelajaran inkuiri dan metode pembelajaran ekspositori. . Pada tingkat prestasi belajar di dapatkan hasl F hitung 33263 dan F tabel 3936 dengan tingkat signifikan 0.000 (0.000 < 0.05) hal ini membuktikan terdapat perbedaan prestasi belajar antara penggunaan metode pembelajaran inkuiri dan metode pembelajaran ekspositori
Hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan masukan bagi dosen kebidanan berperan aktif dan inovatif dalam proses pembelajaran sehingga dapat memacu daya kreatif mahasiswa. Selain itu dosen dapat melaksanakan pembelajaran secara langsung kepada mahasiswa melalui pendekatan kasus sebelum mahasiswa melaksanakan praktikum di tempat praktek yang sebenarnya.
Kata kunci : Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran Ekspositori, Motivasi belajar , Prestasi belajar

ABSTRACT

Rachmawati Ika Sukarsih, S8540908315. Differences Between the Effect of inquiry and Expository learning subject On Motivation And student Achievement in Obstetric Pathology Care at Midwifery study program in Muhammadiyah University of Surabaya. Thesis, Master Program in Family madicine – Postgraduate Program . Sebelas Maret University-Surakarta

This study aims : (1) to determine the effect of inquiry learning on student motivation and learning achievement. (2) determine Effect of expository teaching on student motivation and learning achievement. (3) To compare 2 detemine inquiry learning and expository effect on motivation and student achievement .
Cross sectional was employed as the disign of this obsevational research. 103 of midwifery diploma student from muhammadiyah university of surabaya were taken as axhaustive sample and divided into 2 groups consist of 50 and 53 students. A quesionare was used to assess motivation , while student achievment was assesed by a writen test instrument. Validity and reability test that have been employed to those two instrument resulted 48 item for motivation instrumen and 30 item for written test student achievement.
Data were analyzed using one way analysis of variance kruskal – walls and resulted F Count 5461 F table 3936 with p < 0,021. It showed that there was no difference between student motivation in both inquiri and Expository learning method. Where as data analysis for student achievement resulted F count 33263 F table 3936 with p < 0.000 it revealed the difference between student achievement in inquiri anf expository learnig method.
The result of this study provides inputs for midwifery lecturers to be active and innovative learning process in order to tringger student creativity lecture can also employs direct learning through study case approach before student carry out practical work at the actual practice
Key Word : Inquiry method , Expository method , motivation , student achievement