Pengaruh Pendekatan Independent Learning (belajar mandiri ) Dan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Ditinjau dari Motivasi Siswa. Tesis, Surakarta

ABSTRAK

Munawar Kholil (S. 810908230).Pengaruh Pendekatan Independent Learning (belajar mandiri ) Dan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Ditinjau dari Motivasi Siswa. Tesis, Surakarta, Program Studi Teknologi Pendidikan: Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, 2010.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pendekatan Independent Learning (belajar mandiri ) dan Ekspositori terhadap prestasi belajar bahasa Inggris, (2) Perbedaan prestasi belajar bahasa Inggris antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, (3) Interaksi pengaruh pendekatan pembelajaran (Independent Learning /belajar mandiri dan ekspositori) dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar bahasa Inggris.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di Kecamatan Ngrambe. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan multi-stage cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa yang mewakili populasi sejumlah 750 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar bahasa Inggris berbentuk pilihan ganda, dan angket motivasi siswa. Untuk ketepatan dan kesahihan tes prestasi belajar dan angket motivasi digunakan uji validitas dan reliabilitas. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas butir. Untuk menguji validitas butir soal tes yang berbentuk obyektif digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan reliabilitasnya digunakan rumus belah dua dari Spearman Brown ( r 11: 0,878 ). Adapun untuk menguji validitas angket motivasi digunakan rumus korelasi Product moment dari Pearson dan reliabilitasnya digunakan rumus Alpha Cronbach ( reliabilitas angket = 0,929 ). Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Varians (ANAVA) dilanjutkan dengan uji Scheffe pada taraf signifikansi 0,05.
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas ( independent variable ) dan satu variabel terikat ( dependent variable ).Variabel bebas pertama : pembelajaran dengan pendekatan Independent Learning / belajar mandiri dan ekspositori, Variabel bebas kedua/variabel independen atribut : motivasi belajar siswa. Dan variabel terikat : prestasi belajar bahasa Inggris.
Analisis data tes prestasi belajar menunjukkan bahwa: (1) Perbedaan pengaruh antara pendekatan Independent Learning (belajar mandiri ) dan Ekspositori terhadap prestasi belajar bahasa Inggris, (F hitung : 41,47 > F tabel : 3,96 pada taraf signifikansi 0,05); (2) Perbedaan prestasi belajar bahasa Inggris antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah (Fhitung : 9,71 > F tabel ; 3,96 pada taraf signifikansi 0,05) ; (3) Interaksi pengaruh pendekatan pembelajaran (Independent Learning /belajar mandiri dan ekspositori) dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar bahasa Inggris (Fhitung : 29,41 > Ftabel ; 3,96 pada taraf signifikansi 0,05).

ABSTRACT

Munawar Kholil (S. 810908230). The Effect of The Use of Independent Learning Approach and Expository to The Achievement of English Language Study Seen from The Students Motivates. Thesis, Surakarta, Study Program of Education Technology : Master Program, Sebelas Maret University 2010.

The aim of this research is to know about: (1) The difference effect of the use of independent learning approach and ekspositori to the achievement of English language study, (2) the difference of the achievement of English language study among high motivates and low motivates students, (3) The effect interaction of the use of learning approach ( Independent Learning and Ekspositori ) and the students motivate to the achievement of English language.
The research held is experimental research. The population of the research is the students of SMP Negeri in Ngrambe district. The sample collecting technique used is multi–stage cluster random sampling. The sample is 80 students that represents the population of 750 students. The instrument used to collect the data is the English language test of study achievement in the form of multiple choice, and the questionnaire of student’s motivate. For the validity of the test, we use validity and reliability test. The validity used is content and numeral validity. To test the validity of the numeral for objectivity test questions, we use the correlation formula of product moment from Pearson and the reability is using the duality formula from Spearman Brown (r11: 0,878). To test the validity of the questionnaire motivate, we use the correlation formula of product moment from Pearson and for the reliability, we use the formula of Alpha Cronbach
( questionnaire reliability = 0.929 ). The analysis technique used is Variant Analysis (ANOVA) continued with the Scheffe’on the signification level of 0.05.
In this research there are two variable namely free variable,independent variable attribute and one of dependent variable .Free variable is learning by using Independent Learning approach and Ekspositori method.Independent attribute variable is students motivate.Dependent variable is the achievement of English language study.
The data analysis of the study achievement shows that: (1) the difference effect of the use of Independent Learning and Ekspositori to the achievement in English language study (Fobs: 41,47 > Ftable: 3.96 on the significance level of 0.05: (2) the difference of the achievement of English language study among high motivate and low motivate students (Fobs : 9,71 > Ftable: 3.96 on the significance level of 0.05): (3) The effect interaction of the use of method (independent learning and ekspositori ) and the students motivate to the achievement of English language (Fobs: 29,41 > Ftable: 3.96 on the significance level of 0. 05).