Pemanfaatan Benda-benda Bersejarah Peninggalan Masa Kolonial Belanda sebagai Sumber Belajar di SMA Salatiga

ABSTRAK

T.M. Endah Harini, S.860908022. 2010 . Pemanfaatan Benda-benda Bersejarah Peninggalan Masa Kolonial Belanda sebagai Sumber Belajar di SMA Salatiga. Tesis : Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan jenis-jenis atau ragam benda-benda bersejarah peninggalan masa kolonial Belanda yang ada di kota Salatiga; (2) untuk menggali sejauh mana benda-benda bersejarah peninggalan masa kolonial Belanda di Salatiga memiliki nilai-nilai edukatif; (3) untuk mengetahui cara guru memanfaatkan benda-benda bersejarah peninggalan masa kolonial Belanda yang ada di kota Salatiga; (4) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan benda-benda bersejarah peninggalan masa kolonial Belanda yang ada di kota Salatiga sebagai sumber belajar di sekolah.
Lokasi penelitian ada di Kota Salatiga dengan fokus benda-benda bersejarah peninggalan masa kolonial Belanda sebagai sumber belajar di SMA Salatiga. Penelitian dilaksanakan selama enam bulan dan merupakan penelitian dasar berjenis kualitatif deskriptif dengan bentuk penelitian terpancang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, mengkaji dokumen, dan perekaman. Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling, yakni memilih informan yang dipandang paling tahu dan memiliki sumber data penting yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti seperti kepala sekolah beserta stafnya, guru, pemilik dan penunggu bangunan, peserta didik, petugas piket atau pegawai kantor.
Untuk memperoleh validitas data digunakan teknik trianggulasi sumber dengan model analisis interaktif, yaitu interaksi antara pengumpulan data dengan tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan.
Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa (1) Salatiga menyimpan banyak benda-benda peninggalan masa kolonial Belanda dengan berbagai katagori; (2) Benda-benda bersejarah peninggalan masa kolonial Belanda tersebut memiliki nilai edukatif yang sangat banyak. (3) Benda-benda bersejarah tersebut ternyata belum dimanfaatkan secara optimal sebagai sumber belajar di SMA Salatiga; (4) Banyak kendala yang dihadapi oleh guru maupun peserta didik apabila hendak memanfaatkan benda-benda bersejarah peninggalan masa kolonial Belanda sebagai sumber belajar.
Kata kunci : benda-benda bersejarah peninggalan masa kolonial Belanda, sumber sejarah

ABSTRACT

T.M. Endah Harini. S.860908022. 2010. Using Historical Relics of Dutch Colonial Inheritance as Learning Resources in Salatiga Senior High School. Thesis. History Education Program. Postgraduate Program Sebelas Maret University, Surakarata

The aims of current study were (1) describing historical relics type of Dutch colonial inheritance in Salatiga; (2) diging as far as historical relics type of Dutch colonial inheritance having educative values; (3) knowing how teachers using historical relics type of Dutch colonial inheritance; (4) knowing of teacher difficulties when using historical relics type of Dutch colonial inheritance as learning resources in Salatiga senior high school.
The study was conducted in Salatiga, focusing on historical relics of Dutch colonial inheritance as learning resources in Salatiga senior high school for about six month. This study was a basic research, an qualitve descriptive inquiry with embedded research method.Data were collected through in depth interviewing, observation, content analysis, and recording. Respondents were taken by purposive sampling i.e. those considered having deep knowledge on the matter such as the head master and his staff, teachers, owner or guardian of building, students, and the workers.
Data were validated with data triangulation technigues. Interactive data analysis was used by elaborating data collection with data reduction, data display, and conclusion drawing.
It was concluded that (1) Salatiga keeps historical relics of Dutch colonial inheritance; (2) The historical relics of Dutch colonial inheritance have the educative values; (3) The historical relics of Dutch colonial inheritance haven’t been used as learning resources in Salatiga senior highschool optimally; (4) There are many obstacles faced by teachers as well as the students if they want to use historical relics of Dutch colonial inheritance as learning resources in Salatiga senior highschool.
Key word : historical relics of Dutch colonial inheritance, learning resources