IMG-20170329-WA0016

PROFIL PRODI S2 PENDIDIKAN BIOLOGI

KEKHASAN PRODI

Karakteristik khas prodi S2 pendidikan Biologi UNS ini didukung oleh keahlian dosen yang berada pada area keahlian pengkajian model pembelajaran, bahan ajar, evaluasi dan pemberdayaan soft skills yang terintegrasi dalam kajian pendidikan Biologi. Posisi strategis UNS Surakarta di pusat Budaya Jawa memungkinkan untuk dikaji kearifan lokal “Pendidikan Jawa” yang dapat diintegrasikan dalam Pendidikan Biologi.

CAPAIAN LULUSAN

Profil lulusan prodi S2 Pendidikan Biologi dibutuhkan ditingkat nasional, regional, dan lokal. Profil lulusan Prodi S2 Pendidikan Biologi adalah calon dosen S-1, peneliti, dan pengembang inovasi pendidikan biologi. Kebutuhan lulusan Prodi S2 Pendidikan Biologi di tingkat nasional masih kurang. Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang mengelola Prodi S2 Pendidikan Biologi hanya 13 PT, bahkan di wilayah Jawa Tengah dan DIY belum ada PT yang mengelola Prodi S2 Pendidikan Biologi.

PELUANG KERJA

Peluang kerja bagi mahasiwa lulusan Program Studi S2 Pendidikan Biologi yaitu

  • Menjadi seorang pakar
  • Peneliti
  • Pengajar

CAPAIAN PRODI

(1) Prodi S2 Pendidikan Biologi telah memiliki sarana dan prasarana sangat memadai.

(2) Prodi S2 Pendidikan Biologi didukung SDM  yang memadai ditinjau dari kecukupan, kualifikasi, dan pengalaman dosen.

(3) Prodi S2 Pendidikan Biologi memiliki kesiapan kurikulum berbasis SN-DIKTI dan level 8 KKNI.

(4) Prodi S2 Pendidikan Biologi memiliki beragam pendanaan untuk operasional Prodi nantinya.

(5) Prodi S2 Pendidikan Biologi memiliki kesiapan manajemen akademis dan penjaminan mutu yang baik.

VISI

Memiliki karakter dan cerdas untuk menghasilkan rumusan profil lulusan Prodi S2 Pendidikan Biologi yaitu calon tenaga pendidik, peneliti, dan pengembangan inovasi dalam bidang pendidikan biologi yang berkarakter kuat dan cerdas.

MISI

(1) Meningkatkan mutu pendidikan prajabatan guru Biologi.

(2) Meningkatkan mutu pendidikan Biologi.

(3) Berperan serta dalam upaya mengidentifikasi serta memecahkan berbagai permasalahan pendidikan Biologi melalui kegiatan pembelajaran, penelitian, dan pengembangan.

(4) Memprakarsai upaya-upaya pengembangan inovasi pendidikan Biologi.