Selasa, 18 Februari 2020 – bertempat di Aula Gedung Pascasarjana UNS telah dilaksanakan pelantikan dan kuliah perdana mahasiswa baru S-2 dan S-3 Pascasarjana UNS Semester Februari-Juli 2020 TA 2019/2020. Mahasiswa baru yang dilantik melakukan registrasi pada pukul pukul 08.00. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Pascasarjana Universitas Sebelas Maret yaitu Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D. sekaligus menyampaikan penjelasan umum tentang Pascasarjana, dilanjutkan dengan laporan dari Ketua SPMB. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Periode II Tahun 2019 untuk Program Magister dan Doktor dilaksanakan dalam dua gelombang: Gelombang I yang dibuka untuk umum, dan Gelombang II yang dikhususkan untuk program S3 jalur internal. Jumlah pendaftar yang diterima registrasi dan keketatan persaingan masuk pada program Magister sebanyak 620 pendaftar sementara jumlah calon mahasiswa baru 439. Pada program Doktor jumlah pendaftar adalah 214 sementara jumlah calon mahasiswa baru adalah 127. Penyerahan berkas laporan tersebut diwakili oleh perwakilan SPMB kepada Rektor Universitas Sebelas Maret.

Pelantikan dan Pengarahan dari Rektor ditandai dengan penyematan Karmas-Kartu mahasiswa kepada perwakilan mahasiswa S2- S3. Secara simbolis penyerahan daftar mahasiswa baru dari Rektor Universitas Sebelas Maret kepada Direktur Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Kegiatan dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Afif Nur Cahya, S.Si. Pembekalan materi disampikan oleh beberapa pemateri:
1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd., – Sosialisasi Kebijakan Akademik [Materi]
2. UPT TIK – Sosialisasi Sistem Informasi Akadmik [Materi]
3. UPT Bahasa – English for Academic Purposes (EAP) [Materi]
4. UPT Perpustakaan – Ketentuan Jurnal dan Publikasi [Materi]

Pada akhir kegiatan, beberapa perwakilan organisasi mahasiswa Pascasarjana menyosialisasikan program kerjanya untuk memfasilitasi pada mahasiswa selama aktif menjadi mahasiswa Pascasarjana. Diantaranya yaitu Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP), FOMPAS, dan Ikatan Mahasiswa Kristen Pascasarjana.