Sekolah pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta menggelar diskusi terkait rencana perubahan nama Sekolah Pascasarjana menjadi “Fakultas Sains Interdisipliner dan Pascasarjana” pada Rabu (30/08/2023) di Ruang Serbaguna Sekolah Pascasarjana Lantai 2.

Hadir dalam acara diskusi, Ketua Dewan Profesor UNS, Prof. Drs. Suranto, M.Sc, Ph.D.., Dekan Sekolah Pascasarjana, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Kepala Program Studi S2/S3, Prof. Bambang Sutopo, M.Com., Ak. (FEB), Taufiq Arifin, S.E., M.Sc., Ph.D , Ak (Direktur KOA), Dr. Agung Budiharjo, S.Si., M.Si.  (Sekretaris SPI ), Muhammad Indrawan, S.Si., M.Si. (F. MIPA), dan Tim Pengembang Sekolah Pascasarjana.

Dalam Sambutannya Dekan Sekolah Pascasarjana menyampaikan keinginannya untuk merespon sejumlah tantangan dan problematika dunia saat ini yang perlu diselesaikan secara multidisiplin. Selain itu perlunya wadah bagi program studi maupun jurusan S1 multidisiplin yang saat ini belum dimiliki oleh UNS.

Ketua Dewan Profesor menyambut baik rencana perubahan nama sekolah pascasarjana dan mengusulkan untuk mengubah menjadi fakultas. Beliau menambahkan bahwa di Dewan Profesor bahkan sudah pernah dibentuk panitia kerja untuk pendirian S2 Bio Bisnis yang merupakan interdisiplin antara Ilmu biologi dan ilmu hayati lain (pertanian, peternakan) dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Tim panjang yang dibentuk tengah bekerja menyelesaikan dokumen pendirian prodi tersebut dan rencananya setelah terbentuk akan diserahkan kepada Sekolah Pascasarjana yang menaungi prodi multidisiplin.

Prof. Bhisma Murti, dr.,MPH,M.Sc,Ph.D, Kaprodi S2 IKM juga menyampaikan apresiasi terhadap diskusi dan menyatakan adanya potensi pembukaan S1 Multidsiplin Ilmu Kesehatan Masyarakat dimana pangsa pasarnya sangat besar di Indonesia. Terkait pengembangan keilmuan multidisplin di UNS, Prof. Bambang (FEB) sangat setuju karena memang diperlukan untuk menjawab permasalahan dunia yang semakin kompleks dan dibutuhkan solusi yang komprehensif.

Menutup diskusi, Prof. Sutarno menyampaikan akan segera menfinalisasi dokumen rencana perubahan nama Sekolah Pascasarjana bersama dengan Tim Pengembang Sekolah Pascasarjana agar dapat segera dipresentasikan dihadapan bapak Rektor UNS. Dukungan dari para pihak sangat dinanti untuk perkembangan keilmuan multidisplin di Universitas Sebelas Maret.