UNS-Pada hari Rabu, tanggal 6 September 2023 Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Akademik Mahasiswa Baru 2023/2024 Periode 1 Semester Agustus 2023 – Januari 2024 dengan tema “Studying is a Journey, Be Well Prepared!”. Bertempat di ruang Aula lantai 6 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, acara dibuka oleh Dekan Sekolah Pascasarjana, Prof. Drs. Sutarno M.Sc., Ph.D dan dihadiri jajaran pimpinan dekanat juga Bapak/Ibu Kepala Program Studi di lingkungan Sekolah Pascasarjana.

Dalam sambutannya Prof. Drs. Sutarno, M.Sc.,P.h.D menyampaikan “Selamat datang untuk mahasiswa baru di Sekolah Pascasarjana UNS. Mahasiswa diharapkan lulus tepat waktu bukan lulus di waktu yang tepat , dengan target S2 selesai 2 tahun dan untuk S3 lulus 3 tahun-3,5 tahun saja. Mahasiswa untuk dapat mempersiapkan diri dengan baik, terutama mengenali khususnya secara akademik yang nanti akan terkait dengan Administrasi Akademik, karena ada tahapan- tahapan yang akan di lalui”.

Di lanjutkan seremonial penyerahan mahasiswa baru kepada program studi, kegiatan ini dihadiri 103 mahasiswa baru angkatan 2023 Periode 1. Sekolah Pascasarjana terdapat 6 program studi yaitu S2 dan S3 Ilmu Lingkungan, S2 dan S3 Penyuluhan Pembangunan, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat dan S2 Ilmu Gizi.

Melalui kegiatan ini materi utama sosialisasi akademik disampaikan oleh Prof. Dr.sc.agr. Ir. Adi Ratriyanto, S.Pt., M.P., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan dengan judul “Strategi Studi Tepat Waktu di Jenjang Pascasarjana”. Selain materi utama, kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari UPT. Perpustakaan UNS dengan materi “5 Pratical Steps To Publish Scientific Articles” yang di paparkan oleh Riah Wiratningsih.

Dengan diadakanya kegiatan sosialisasi ini di harapkan menambah wawasan tahapan yang akan di lalui oleh mahasiswa baru, dan pastinya akan menambah semangat untuk mahasiswa.