SP UNS –  Untuk kedua kalinya pertemuan pembahasan pendirian Program Studi Baru Sekolah Pascasarjan (SP) Universitas Sebelas Maret (UNS) pada hari Senin (15/01/2024) di Ruang Serba Guna Sekolah Pascasarjana.

Pertemuan di hadiri pimpinan Sekolah Pascasarjana, Dewan Profesor, SPI, Direktur keu dan Optimalisasi aset, Unit Pengembang Sekolah Pascasarjana dan KTU. Pertemuan menghasilkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Finalisasi recana kurikulum Program Studi S2 Biobisnis
  2. Finalisasi rencana penemptana dosen yang berhome base di Program Studi S2 Biobisnis
  3. Dipilihnya Program Studi S2 Biobisnis sebagai Program Studi Baru yang multidisiplin karena
  4. Keberlanjutan ekonomi, masyarakat, dan lingkungan
  5. Pengembangan produk sumber daya biologis lokal (obat, jamu, kosmetik, parfum, buah lokal go internasional, bumbu-bumbu, tanaman hias, etc)
  6. Mempertimbangkan praktek yang ada di masyarakat/komersial sudah berlangsung
  7. Gagasan Inisiasi respon pengembangan Fakultas Multidisiplin, dengan alasan :
  8. Masalah-masalah yang dihadapi dunia saat ini merupakan masalah yang bersifat multi sektoral dan memiliki kaitan satu sama lain. Masalah yang kompleks tersebut tidak lagi dapat diatasi hanya dengan menggunakan satu disiplin atau pendekatan saja, tapi penggabungan berbagai disiplin ilmu.
  9. Konsep multidisiplin dan interdisiplin berusaha memecahkan masalah kompleks dan urgensi pendidikan sebagai ilmu, khususnya di era revolusi indusrtri 5.0 harus sangat kuat dalam kolaborasi xmultidisiplin/interdisiplin. Harus berbasis sosial, sains terapan dan teknologi untuk meraih kemajuan yang lebih besar.