Monitoring Progress Report Mahasiswa Angkatan 2016, 2017 dan 2018

Meningkatkan proses penyelesaian disertasi tanpa mengurangi kualitasnya dan mempercepat proses lulusnya mahasiswa, maka prodi S3 IKM UNS dan tim promotor serta mahasiswa mengadakan pertemuan pada :

Hari/tanggal : Selasa, 14 Juli 2020
Waktu : 09.00 – 12.00 WIB
Tempat : Ruang masing-masing via zoom

link undangan : undangan-2_Rev_VW new

dengan berlangsungnya kegiatan ini bisa memberikan semangat serta motivasi untuk menyelesaikan disertasi.

 

Dosen S3 IKM UNS mengisi Webiner EPIDEMIOLOGI FKM UNEJ

Dosen S3 IKM UNS

Vitri Widyaningsih, dr., MS., PhD. mengisi WEBINAR EPIDEMIOLOGI FKM UNEJ SERI I dengan tema “Opportunity of Epidemiology Research in Pandemic Periode”

Topik : Penggunaan Data Sekunder Dalam Penelitian Epidemiologi.

kegiatan dilaksanakan pada Hari : Senin, 27 Juli 2020, Waktu : 09.00-11.00 WIB, Via : Zoom

 

?Registration by Google Form, klik:
https://bit.ly/EpidFKMUnej

 

Sosialisasi Program Studi

Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Doktor Universitas Sebelas Maret berkontribusi dalam acara Sosialisasi Program Studi yang diselenggarakan oleh SPMB UNS secara online. Kegiatan tersebut dapat diakses melalui: https://www.youtube.com/watch?v=SsCH3F6kuCE

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a.n. Sukismanto NIM T511808005

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a.n. Sukismanto NIM T511808005 telah dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Juni 2020 pukul 13.00 s/d 15.00 via Zoom Meeting.

Judul proposal disertasi  “Peran Peer Support dan Family Support terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Pelaksanaan Kesehatan Kerja Pengolah Batu Kapur di Kabupaten Gunung Kidul”.

Dengan penguji :

  1. Dr. Isna  Qadrijati, dr.,M.Kes
  2. Prof. Dr. Hartono, dr, M.Si
  3. Dr Sumardiyono, SKM, MKes
  4. Dr. Tri Rejeki Andayani, S.Psi, M.Si
  5. Dr. Yuliani Setyaningsih, SKM, M.Kes

Mahasiswa S3 IKM UNS a/n Sri Mintarsih,S.Kep.,Ns.,M.Kes Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat Melalui Siaran Radio di Mentari FM Solo

Pandemi Covid-19 di Indonesia pada pertengahan bulan Maret 2020, tepat nya tanggal 14 Maret 2020 yang lalu. Pengumuman dari pemerintah tentang Kejadian Luar Biasa (KLB) ini dievaluasi sampai 14 hari ke depan. Tanggal 28 Maret 2020, pandemi Covid-19 ini belum berlalu. Akhirnya di evaluasi lagi 14 hari ke depan.

Perkembangan kasus Covid-19 tetap belum mereda, akhirnya beberapa mahasiswa memutuskan untuk pulang ke kampung halaman masing-masing. Kegiatan kegiatan yang telah direncanakan berubah dan ditunda, baik kegiatan akademis maupun non akademis. Wabah pandemi Covid-19 ini menyebabkan dampak di seluruh sektor kehidupan, salah satunya adalah dampak ke mahasiswa yang tengah menjalani proses belajar pada masa semester genap TA 2019/2020.  Pandemi Covid-19 ini sangat mempengaruhi seluruh aktivitas masyarakat, demikian juga dalam dunia pendidikan, khususnya mahasiswa juga berdampak langsung akibat  pandemi ini yaitu dengan diliburkan dari seluruh berbagai  kegiatan  di seluruh tanah air dan dialihkan dari pembelajaran tatap muka menjadi E-learning (daring).

Hal ini  membuat mahasiswa harus cepat dapat beradaptasi dengan cerdas dan cepat. Dampak tersebut menjadikan mahasiswa menjadi kurang nyaman karena berubahnya sistem dalam pembelajaran, namun walaupun demikian sebagai mahasiswa kita perlu untuk mengambil sisi positif dari setiap peristiwa terjadi.

Sistem pembelajaran E-learning untuk mahasiswa, mau tidak mau, harus dan bisa  belajar dari rumah atau tempat tinggal masing-masing. Para mahasiswa, setelah mendapat pengumuman mengenai perkuliahan yang di lakukan dengan sistem E-learning (daring), sebagian besar mahasiswa rantau kembali ke rumah di kampung halamannya mereka masing-masing, ada beberapa beberapa mahasiswa masih ada yang memilih untuk menetap di tempat kost. Sebenarnya memilih untuk tetap tinggal di tempat kost merupakan pilihan tepat,  baik dan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran virus ini. Namun, karena semua tidak tahu, kapan pandemi ini akan berakhit, memlih  berkumpul dengan keluarga (pulang kampung) adalah kerinduan bagi kebanyakan mahasiswa rantau yang sering homesick, apalagi setelah pandemi ini berlangsung selama 6 minggu, disambung dengan  datangnya bulan ramadhan dan sekalian dilanjutkan libur Idul Fitri, sehingga para mahasiswa semakin kuat keinginan dan dorongan dari orang tua untuk pulang kampung.

Setelah pulang kampung, mereka mengikuti protokol yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat. Sisi positif pandemi Covid-19 ini juga membuat para mahasiswa dapat berkumpul dengan keluarga  dengan alokasi waktu yang panjang , yang mungkin biasanya waktu dihabiskan untuk kegiatan akademik maupun non-akademik di kampus.

Setelah berjalan beberapa minggu wabah pandemi ini, mahasiswa sudah dapat beradaptasi dan menyesuaikan dengan baik, kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dilakukan melalui daring/online. Pelatihan organisasi, diskusi online, telah menjadi familier sekali bagi mereka, sehingga kegiatan-kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tetap dapat berjalan dengan baik. Ketahanan mahasiswa ini, meliputi 2 hal, ketahanan fisik dan psikologis. Ketahanan fisik, bagaimana menyiakan stamina, daya tahan tubuh dan imunitas tubuh agar tetap selalu fit dalam masa pandemi dan era new normal ini. Sedangkan ketahanan psikologi, bagaimana mahasiswa mudah beradaptasi dengan cepat dan cerdas, tidak panik, tidak stress dan tidak cemas.

Pesan-pesan/tips untuk tetap bisa eksis dan kreatif di masa pandemi ini adalah, (1) Tetap semangat & selalu positif thingking, (2) Tetap kreatif dan selalu ingin tahu akan informasi-informasi baru, (3) Meningkatkan kegiatan-kegiata sosial/jiwa relawan/kerja sama, saling membantu walau secara online, bila harus secara luring, harus memenuhi ketentuan/protokol yang ada, (4) Memanfaatkan media tutorial yang ada di media sosial, menyalurkan bakat positif yang sesuai, (5) Tetap belajar dengan rajin dan tekut, menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dan menyelesaikan tugas akhir, agar bisa wisuda tepat waktu, walaupun wisudanya secara daring, (6) Semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT dengan cara meningkatkan kualitas ibadahnya.  Semoga pandemi ini segera berlalu, agar kita semua, bisa beraktifitas kembali seperti sedia kala. Aamin.

 

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS dr Adji Suwandono, S.H, Sp.F, menjadi Narasumber dalam Inhouse Training di RS Brayat Minulya

RS Brayat Minulya Surakarta pada hari Rabu 9 Juni 2020, di Aula RS mengadakan pelatihan inhouse training bagi dokter, perawat dan karyawan RS dengan tema Penatalaksanaan Jenazah COVID-19/Terduga COVID-19. Hadir sebagai narasumber, dr. Adji Suwandono, S.H., Sp..F. Dosen FK UNS, Mahasiswa S3 IKM UNS bersama tim pemulasara RS UNS. Dalam inhouse training ini dibahas dan didiskusikan penatalaksanaan Jenazah yg meninggal dunia di RS, dari ruang perawatan, menuju ruang rawat jenazah kemudian transportasinya hingga dituntaskan di pemakaman. Dilanjutkan dengan hands on tata cara rukti jenazah dengan menggunakan media manequin. Pelatihan ini dilakukan dengan meenerapkan protokol kesehatan (memakai masker, cuci tangan sebelum dan sesudah pelatihan, dan physical distancing).

Dosen Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS Vitri Widyaningsih, dr, MS, Ph.D menjadi narasumber dalam Webinar Research Series  – Identifikasi Data Sekunder untuk Penelitian Kesehatan

Dosen Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS Vitri Widyaningsih, dr, MS, Ph.D menjadi narasumber dalam Webinar Research Series  – Identifikasi Data Sekunder untuk Penelitian Kesehatan pada hari Jumat, 29 Mei 2020 pukul 09.00-11.00 WIB.

 

Prof. Ari Probandari menjadi kolaborator dalam COVID-19 Surveillance, Evaluation and Research Program

Prof. Ari Probandari menjadi kolaborator dalam COVID-19 Surveillance, Evaluation and Research Program. Artikel penelitiannya dipublikasikan dalam website berikut ini :

https://kirby.unsw.edu.au/project/understanding-role-community-pharmacies-and-drug-stores-during-covid-19-outbreak-indonesia

 

 

Kepala Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS Prof. Ari Probandari, dr, MPH, PhD menjadi narasumber kuliah tamu di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP

Kepala Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS Prof. Ari Probandari, dr, MPH, PhD menjadi narasumber kuliah tamu di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP. Kegiatannya hari ini: Sabtu, 16 Mei 2020 jam 10-12.30. dengan materi mengenai “Pendekatan Riset Epidemiologi Pada Penyakit Infeksi Dan Non Infeksi Sebagai Imbas Kebijakan Penanggulan Covid-19″ di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP”

Ujian Kelayakan Mahasiswa A.N Burhannudin Ichsan

Ujian Kelayakan Mahasiswa S3 IKM UNS atas nama , NIM T511608002, dengan judul “Efektivitas Program Peer Support dengan Dukungan Nenek dalam Mengubah Perilaku Ibu-Ibu Menyusui”.
Telah dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Mei 2020 pukul 14.30 s/d selesai di Via ZOOM.
Dosen penguji :
  1. Prof. Dr. A.A. Subijanto, dr, MS
  2. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD
  3. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, M.Pd
  4. Prof. Dr. Harsono Salimo,  dr, Sp.A (K)
  5. Dr. Sri Mulyani.,S. Kep.,Ns.,M. Kep
  6. Prof. dr. Djauhar Ismail, MPH.,SPA(K).,PhD

Pertemuan Koordinasi S3 IKM UNS dan Dinas Kesehatan untuk Penanggulangan COVID-19 di Klaten

Pada tanggal 8 Mei 2020, telah dilakukan koordinasi dan diskusi melalui zoom online dengan peserta yang dihadiri oleh Dinas Kesehatan Klaten, mahasiswa s3 prodi IKM UNS TA 2019/2020, dan dosen pembimbing.
Pada pertemuan ini dilakukan presentasi oleh 3 kelompok tentang rencana pengabdian dan penelitian penanggulangan covid 19 di Klaten yang terintegrasi dalam mata kuliah pengendalian penyakit dengan koordinator MK. Dr. Sri Mulyani, S.Kep. M.Kes. Pihak DKK Klaten menyambut baik kegiatan ini, karena waktu yang tepat untuk mengetahui data-data yang diperlukan dalam penanggulang covid 19. Kegiatan akan dilakukan mulai bulan Mei sampai Juni 2020, dan akan dilakukan di lokasi/kecamatan terdampak di Klaten, dengan sasaran yang berbeda yaitu masyarakat, perangkat dan FKTP. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang komprehensif, sehingga kegiatan pencegahan COVID-19 yang dilakukan dapat lebih terarah dan efektif.

 

 

 

 

Tim Peneliti SUNISEA Indonesia Memaparkan Konsep Fase Prospective Pada Pertemuan Konsorsium Secara Online

Tim peneliti SUNISEA (Scaling Up Noncommunicable Disease Intervention in South East Asia) Indonesia, yang terdiri dari Dosen Fakultas Kedokteran dan S3 IKM FK UNS, memaparkan konsep fase prospective pada pertemuan konsorsium yang dilaksanakan pada hari Rabu 6 Mei 2020 secara online. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh konsorsium penelitian SUNISEA, yang terdiri dari University Medical Center Groningen (Netherlands, Coordinator) University of Groningen (Netherlands), University of Passau (Germany), Trnava University (Slovak Republic), HelpAge International (UK), Thai Nguyen University (Vietnam), Health Strategy and Policy Institute, Vietnam, dan Universitas Sebelas Maret (Indonesia). Ketua Prodi S3 IKM, Prof. Ari Probandari, dr., MPH., Ph.D menjadi principal investigator untuk Indonesia, dengan lokasi penelitian untuk fase prospective meliputi 4 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Penelitian 4 tahun ini meliputi fase retrospective dan prospective. Dimana fase prospective bertujuan untuk meningkatkan efektivitas implementasi program skrining dan referral untuk penyakit tidak menular di Indonesia.

Dosen S3 IKM dan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, kembali mendapatkan hibah penelitian dengan skema Program Kerja Sama Perguruan Tinggi

Dosen S3 IKM dan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, kembali mendapatkan hibah penelitian dengan skema Program Kerja Sama Perguruan Tinggi dengan Kementrian Kesehatan RI. Pada tahun 2020 ini, UNS akan melaksanakan kegiatan penguatan evidence based penyakit akibat kerja faktor ergonomi di sektor manufaktur. Program kerjasama ini diawali dengan Kick-off meeting, yang dilaksanakan pada tanggal 21 April 2020, yang dihadiri oleh Vitri Widyaningsih, dr., MS., Ph.D, serta Dr. Sumardiyono, SKM., M.Kes sebagai tim peneliti. Penelitian ini merupakan kerjasama lanjutan, setelah pada tahun 2019 dilaksanakan Kajian pelayanan penyakit akibat kerja pada era SJSN.

 

Kepala Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS Prof. Ari Probandari, dr, MPH, PhD menjadi narasumber dalam Workshop Penelitian tentang Akreditasi Rumah Sakit tahap II

Kepala Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS Prof. Ari Probandari, dr, MPH, PhD menjadi narasumber dalam Workshop Penelitian tentang Akreditasi Rumah Sakit tahap II. Acara ini diselenggarakan dalam webinar pada tanggal 28 April 2020. Materi yang disampaikan yaitu “Dasar-Dasar Penyusunan Proposal Penelitian”.

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a.n. Indriyati Oktaviano NIM T5116080002

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a.n. Indriyati Oktaviano NIM T511608002 telah dilaksanakan pada hari Senin, 6 April 2020 pukul 01.30 s/d via Zoom Meeting.

Judul proposal disertasi  “Determinan Sosial Penyakit Hipertensi di Indonesia berdasarkan data IFLS 4 dan IFLS 5”.

Dengan penguji :

  1. Vitri Widyaningsih, dr, MS, Ph.D
  2. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD
  3. Dr. sc. hum. Budi Aji, SKM, M.Sc
  4. Dr. Isna  Qadrijati, dr.,M.Kes
  5. Dr Sumardiyono, SKM, MKes

Belajar Pengalaman Taiwan Dalam Menangani Covid-19, sebuah tulisan dari Mahasiswa

BELAJAR PENGALAMAN TAIWAN

 

Dr Muhammad Husen Prabowo, MPH

Mahasiswa S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Universitas Sebelas Maret

 

Dari sebuah artikel Response to COVID-19 in Taiwan Big Data Analytics, New Technology, and Proactive Testing” yang telah dipublikasikan   https://jamanetwork.com/journals/jama/fullarticle/2762689 3 Maret 2020.

 

Mengapa tertarik untuk menuliskan ini?

Bahwa Taiwan merupakan negara yang mempunyai potensi tinggi terhadap terkenanya wabah COVID-19 yang berasal dari Wuhan, oleh karena Taiwan relatif dekat dengan Wuhan, banyak penerbangan Taiwan-China, Taiwan sendiri memiliki jumlah penduduk 23 juta dimana dari sekian penduduk tersebut 850.000 penduduk tinggal di China dan 404.000 bekerja di China serta kunjungan ke Taiwan tahun 2019 mencapai 2,71 juta.  Hal ini ada kemiripan dengan Indonesia dimana penerbangan langsung dan perpindahan penduduk China–Indonesia cukup tinggi.

Taiwan berhasil merespon dan melakukan manajemen wabah COVID-19 dengan baik, dimana kinerja presiden dan kementrian kesehatan di apresiasi kepuasan oleh warga negaranya dan sampai 24 Februari 2020 kasus positif COVID-19 hanya 30, ini jauh dari prediksi karena diperkirakan kasus di Taiwan akan tinggi.

 

Apa yang telah dilakukan oleh pemerintah Taiwan ?

Taiwan berhasil mencegah epidemic dalam skala yang lebih besar, dengan memobilisai sumber daya dan pembatasan untuk melindungi kesehatan masyarakat. Taiwan memanfaatkan database asuransi kesehatan terintegrasi dengan imigrasi untuk memantau dan tracking riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir, hotline untuk laporan warga negara dan dukungan bagi warga yang dikarantina.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari Penanganan COVID-19 oleh Taiwan

  1. Upaya percepatan penanganan COVID-19 menggunakan pendekatan epidemiologi, melalui identifikasi, klasifikasi, surveilan, kontrol penularan dan penemuan kasus secara proaktif.
  2. Manajemen dan leadership yang kuat dalam penanganan COVID-19 dengan didukung kemajuan teknologi dan analisa data besar yang terintegrasi untuk membantu pengambilan keputusan.
  3. Sikap pemerintah untuk mengalokasikan semua sumber daya yang ada, mengontrol kesiapsiagaan berbagai institusi terkait, dan berkomunikasi dengan masyarakat untuk sadar ikut berpartisipasi pengendalian penularan COVID-19.

 

Salam

Semoga bermanfaat

Mahasiswa S3 IKM UNS menjadi narasumber di TA Radio mengupas tentang penanggulangan penyebaran wabah COVID-19 di Wilayah Kota Surakarta

Berkaitan dengan adanya 2 kasus pasien yg positif terinfeksi COVID-19 yang meninggal dunia di kota Solo, TA Radio dalam program Bintang Spesial menghadirkan narasumber dari IDI Cabang Kota Surakarta (dr. Adji Suwandono, S.H., Sp.F) Ketua Umum yang juga mahasiswa S3 IKM UNS dan Ketua Satgas Penanggulangan Penyebaran COVID-19 (dr. Wahyu Indianto, M.H.) untuk mengupas tuntas penanganan terkini untuk penanggulangan penyebaran wabah COVID-19 di Wilayah Kota Surakarta

 

Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS meluncurkan SIMBOK HATMA SEMAR

Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS meluncurkan SIMBOK HATMA SEMAR

yang merupakan sebuah konten Ig, Whatapp, Facebook terhubung secara sistematis untuk membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap fenomena kesehatan yang terjadi belakangan ini, salah salunya adalah COVID-19. menanggapi hal tersebut sudah ada 2 video yang dibuat dapat dilihat di bawah ini

Episode 1 : Jaga Jarak

 

Epidose 2 : Keluar rumah (sosial distance)

 

Episode 3 : Tinggal di rumah

Episode 4 : Pemeriksaan ke RS atau laboratorium

 

Episode 5 : siapa yang rentan Covid-19

SIMBOK HATMA SEMAR

HAT (Kesehatan),   MA (Masyarakat),    SE (Sebelas),   Mar (Maret)

Produk media sosial Simbok Hatma Semar adalah:

1. WA (+62 821 3390 8480)

2. Facebook

3. Instagram

4. Twitter

Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS melakukan pembelajaran daring.

Melalui rilis yang dikeluarkan Rabu (11/3) lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan pernyataan kalau kasus corona yang menyebabkan COVID-19 adalah pandemi.  menanggapi hal tersebut Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan ederan untuk melakukan pembelajaran secara online/daring. Pemerintahan Surakarta serta Universitas Sebelas Maret juga menerapkan upaya memutus penyebaran COVID-19, salah satu caranya adalah dengan melakukan pembelajaran metode darling.  Selama Kejadian Luar Biasa COVID-19 Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS tetap menjalankan kegiatan pembelajaran metode darling

Dua orang dosen Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS menerima hibah dari USAID PEER Women’s Mentorship

Dua orang dosen Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS: Prof. Ari Probandari, dr, MPH, PhD dan Vitri Widyaningsih, dr, MS, PhD menerima hibah PEER Womens’ mentorship dari USAID. Projek akan meliputi peningkatan kapasitas peneliti muda perempuan untuk melakukan penelitian dan menulis publikasi pada bidang Tuberkulosis. Penerima hibah akan mendapat pelatihan tentang proses mentorship pada bulan Juni 2020.

Ujian Kualifikasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat  UNS a/n Indriyati Oktaviano  NIM T511708002

Ujian Kualifikasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat  UNS a/n Indriyati Oktaviano  NIM T511708002 telah dilaksanakan pada hari Senin, 02 Maret 2020 pukul 10.00 s/d selesai, bertempat di ruang 7.2 lantai 7 Gedung Pendidikan Dokter UNS.

Judul proposal disertasi “Determinan Sosial Penyakit Hipertensi di Indonesia Data IFLS 4 dan IFLS 5”.

Dengan penguji :

  1. Dr. Isna Qadrijati, dr, M.Kes
  2. Prof. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD
  3. Vitri Widyaningsih, dr, MS, Ph.D
  4. Dr. Sumardiyono, SKM, M.Kes

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Violita Siska Mutiara menjadi narasumber tentang “Hoax-Hoax Coronavirus” di Terang Abadi (TA) Radio

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Violita Siska Mutiara menjadi narasumber tentang “Hoax-Hoax Coronavirus” di Terang Abadi (TA) Radio 103.5 FM Surakarta Pada hari Jumat, tanggal 21 Februari 2020 pukul 10.00-11.00 WIB.

 

Dr Eti Poncorini Pamungkasari, dr, MPd dosen S3 Kesehatan Masyarakat UNS dilantik sebagai wakil ketua Komite PAUDIT Nurhidayah Surakarta

Dr Eti Poncorini Pamungkasari, dr, MPd dosen S3 Kesehatan Masyarakat UNS dilantik sebagai wakil ketua Komite PAUDIT Nurhidayah Surakarta periode 2020-2022, sekaligus sebagai MC acara seminar parenting “Love Quran Love Family” pada tanggal 22 Maret 2020.

 

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Violita Siska Mutiara menjadi narasumber “Gaya Hidup Sehat dan Bersih” di RDS FM Surakarta

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Violita Siska Mutiara menjadi narasumber “Gaya Hidup Sehat dan Bersih” di Radio Dakwah Syariah 101.4 FM Surakarta Pada hari Minggu, tanggal 23 Februari 2020 pukul 07.30-09.00 WIB.

Ujian Seminar Hasil Riset dan Naskah Publikasi Mahasiswa S3 IKM UNS atas nama Burhannudin Ichsan

Ujian Seminar Hasil Riset dan Naskah Publikasi Mahasiswa S3 IKM UNS atas nama Burhannudin Ichsan, NIM T511608002, dengan judul “Efektivitas Program Peer Support dengan Dukungan Nenek dalam Mengubah Perilaku Ibu-Ibu Menyusui”.
Telah dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Februari 2020 pukul 09.30 s/d selesai di Ruang Sidang 7.2 lantai 7, Gedung Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UNS. 
Dosen penguji :
  1. Prof. Dr. A.A. Subijanto, dr, MS
  2. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD
  3. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, M.Pd
  4. Prof. Dr. Harsono Salimo,  dr, Sp.A (K)
     

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Violita Siska Mutiara menjadi narasumber dalam acara Bincang Pagi RRI Pro1 

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Violita Siska Mutiara menjadi narasumber dalam acara Bincang Pagi RRI Pro1  101 FM Surakarta dengan tema “Tangkal Hoaks Penyebaran Virus Corona”. Pada hari Jumat, 14 Februari 2020 pukul 08.00-09.00 WIB.

 

 

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a.n. dr Muhammad Husen Prabowo MPH menjadi pembicara dalam Seminar dan Workshop “Reuni Without Pain”

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a.n. dr Muhammad Husen Prabowo MPH menjadi pembicara topik Etika Kedokteran dalam acara Seminar dan Workshop “Reuni Without Pain” kerjasama Panitia Reuni Angkatan 93 Fakutas Kedokteran UNS dengan Ikatan Dokter Indonesia Cabang Klaten. Bertampat di Harris Hotel Solo, pada tanggall 18 Januari 2020.

 

Ujian Seminar Hasil Disertasi dan Naskah Publikasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS atas nama Istar Yuliadi, NIM T511608005

Ujian Seminar Hasil DIsertasi dan Naskah Publikasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS atas nama Istar Yuliadi, NIM T511608005, dengan judul “Resiliensi Keluarga serta Pengaruh terhadap Kecemasan dalam Perkawinan, Kualitas Hidup dan Niat Perceraian”.
Telah dilaksanakan pada hari Selasa, 21 Januari 2020 pukul 13.00 s/d selesai di Ruang Sidang 7.4 lantai 7, Gedung Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UNS. 
Dosen penguji :
  1. Prof. Dr. A.A. Subijanto, dr, MS.
  2. Prof. Dr. Aris Sudiyanto, Sp.KJ (K)
  3. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD
  4. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, M.Pd

 

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a.n. Yopi Harwinanda Ardesa  NIM T511608010

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a.n. Yopi Harwinanda Ardesa  NIM T511608010 telah dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Januari 2020 pukul 13.30  s/d selesai, bertempat di ruang 7.4  lantai 7 Gedung Pendidikan Dokter UNS,

Judul proposal disertasi “Pengembangan Layanan Terintegrasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk Penderita Hipertensi di Kabupaten Klaten”.

Dengan penguji :

  1. Vitri Widyaningsih, dr, MS, Ph.D
  2. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD
  3. Yodhi Mahendradata, dr, M.Sc, PhD, FRSPH
  4. Prof Nawi NG
  5. Dr Sumardiyono, SKM, MKes

Monitoring dan Evaluasi Penelitian Kesehatan Kerja oleh Kementerian Kesehatan

Monitoring dan Evaluasi Penelitian Kesehatan Kerja oleh Kementerian Kesehatan pada tim peneliti yang diketuai dosen S3 Kesehatan Masyarakat UNS atas nama DR. Sumardiyono SKM, M.Kes. Acara ini diseenggarakan pada hari Selasa, 17 Desember 2019 di Gedung Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UNS.

 

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Progress Disertasi Mahasiswa Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Progress Disertasi Mahasiswa Angkatan 2016, 2017, dan 2018 Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat Program Doktor Pascasarjana UNS. Diadakan pada hari Senin tanggal 16 Desember 2019 pukul 13.00-16.00 di Ruang Sidang 2 Lantai 3 Gedung Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UNS. Kegiatan ini dihadiri oleh pengelola prodi, pembimbing akademik, promotor, co-promotor, mahasiswa angkatan tahun 2016, 2017, 2018 dan 2019.

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS atas nama Istar Yuliadi mengisi Acara Symposium dan Workshop “Spiritual and Religious Psichiatry” 

Acara Symposium dan Workshop “Spiritual and Religious Psichiatry”  yang diadakan oleh Prodi Ilmu Kedokteran Jiwa Fakultas Kedokteran UNS/RSUD Dr Moewardi Surakarta diadakan pada hari Jumat tanggal 13 Desember 2019 di Hotel Syariah Surakarta. Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS atas nama Istar Yuliadi menjadi moderator pada acara pukul 13.30 s/d  15.00.

Dilanjutkan menjadi narasumber dengan Tema “Resiliensi Keluarga untuk Mencegah Konflik Perkawinan” pada acara pukul 15.30 s/d 17.00 wib.

Dosen S3 Kesehatan Masyarakat UNS atas nama DR. Sumardiyono, SKM, M.Kes memperoleh award dalam Malam Apresiasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS

Dosen S3 Kesehatan Masyarakat UNS atas nama DR. Sumardiyono, SKM, M.Kes memperoleh award dalam Malam Apresiasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS pada hari Jumat tanggal 13 Desember 2019 pukul 20.00 bertempat di Gedung Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UNS.

 

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Istar Yuliadi menjadi narasumber dalam acara Talkshow Healthy Life Rotary Family Day

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Istar Yuliadi menjadi narasumber dalam acara Talkshow Healthy Life Rotary Family Day yang diselenggarakan oleh Solo Paragon Lifestyle Mall pada hari Rabu, tanggal 11 Desember 2019 pukul 15.00 s/d 17.00 dengan materi yang disampaikan yaitu “Kesehatan Reproduksi Remaja”.

Ujian Seminar Kemajuan Riset 2 dan Naskah Publikasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS atas nama Istar Yuliadi, NIM T511608005

Ujian Seminar Kemajuan Riset 2 dan Naskah Publikasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS atas nama Istar Yuliadi, NIM T511608005, dengan judul “Resiliensi Keluarga Sebagai Determinan Kecemasan dalam Rumah Tangga dan Kualitas Hidup”.
Telah dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Desember 2019 pukul 11.00 s/d selesai di Ruang Sidang 7.2 lantai 7, Gedung Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UNS. 
Dosen penguji :
  1. Prof. Dr. A.A. Subijanto, dr, MS.
  2. Prof. Dr. Aris Sudiyanto, Sp.KJ (K)
  3. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD
  4. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, M.Pd

 

Ailiana Santosa, MD, M.MedSc(PH), Ph.D dari University of Gothenberg, Swedia akan menjadi narasumber dalam Kuliah Tamu Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat dan S2 Kedokteran Keluarga UNS

Kuliah Tamu Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat dan S2 Kedokteran Keluarga UNS dengan Tema “Introduction to Longitudinal Analysis” yang akan disampaikan oleh narasumber Ailiana Santosa, MD, M.MedSc(PH), Ph.D dari University of Gothenberg, Swedia.

Acara ini akan diselenggarakan pada hari Jumat, tanggal 13 Desember 2019 pukul 13.00-15.00 WIB. Bertempat di Aula Gedung A Lantai 3 Fakultas Kedokteran UNS. Acara ini wajib dihadiri oleh seluruh mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat dan S2 Kedokteran Keluarga UNS.

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a.n. Mulyaningsih NIM T511708004

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a.n. Mulyaningsih NIM T511708004 telah dilaksanakan pada hari Senin 02 Desember 2019 pukul 10.00 s/d selesai, bertempat di ruang sidang 7 lantai 7 Gedung Pendidikan Dokter UNS,

Judul proposal disertasi “Efektivitas Senam “MULDA” Sebagai Upaya Penurunan Risiko Ulkus Kaki Diabetik”.

Dengan penguji :

  1. Prof. Dr. A.A. Subijanto, dr, MS 
  2. Dr. Isna Qadrijati, dr, M.Kes
  3. Dr. Sri Mulyani, S.Kep, M.Kes
  4. Vitri Widyaningsih, dr, MS, PhD
  5. Dr Bagoes Widjanarko, dr, MPH

Kuliah Tamu Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat dan S2 Kedokteran Keluarga UNS dengan Tema “Citation Manager, Mendeley”

Kuliah Tamu Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat dan S2 Kedokteran Keluarga UNS dengan Tema “Citation Manager, Mendeley” yang disampaikan oleh narasumber Dra Ngesti Gandini, M.Hum pada hari Jumat, tanggal 29 November 2019 pukul 09.30-11.30 WIB. Bertempat di Ruang Sidang 1 Lantai 2 Gedung Pascasarjana UNS. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat dan S2 Kedokteran Keluarga UNS.

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n dr Indriyati Oktaviyano M.Kes menjadi narasumber dalam acara Seminar Parenting pada orang tua murid SD IT Nurhidayah Surakarta

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n dr Indriyati Oktaviyano M.Kes menjadi narasumber dalam acara Seminar Parenting pada orang tua murid SD IT Nurhidayah Surakarta dengan topik kepekaan terhadap anak, pada hari Minggu tanggal 30 November 2019.

Kuliah Tamu Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat dan S2 Kedokteran Keluarga UNS dengan Tema “Citation Manager, Mendeley”

Kuliah Tamu Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat dan S2 Kedokteran Keluarga UNS dengan Tema “Citation Manager, Mendeley” yang akan disampaikan oleh narasumber Dra Ngesti Gandini, M.Hum pada hari Jumat, tanggal 29 November 2019 pukul 09.30-11.30 WIB. Bertempat di Ruang Sidang 1 Lantai 2 Gedung Pascasarjana UNS. Acara ini wajib dihadiri oleh seluruh mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat dan S2 Kedokteran Keluarga UNS.

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Istar Yuliadi menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Buruh Migran dan Gender

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Istar Yuliadi menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Buruh Migran dan Gender yang diadakan oleh Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNS pada hari Selasa, tanggal 19 November 2019 di Ruang Seminar Fisip UNS  pukul 09.30 s/d 10.30 dengan materi yang disampaikan yaitu “Seksualitas Pada Migrant Worker”.

Kepala Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD menjadi narasumber Diseminasi Hasil Penelitian Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta 2019

Kepala Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD menjadi narasumber Diseminasi Hasil Penelitian Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta pada hari Rabu, tanggal 20 November 2019.

Ujian Kualifikasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat  UNS a/n Violita Siska Mutiara NIM T511808006

Ujian Kualifikasi Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat  UNS a/n Violita Siska Mutiara NIM T511808006  telah dilaksanakan pada hari Rabu, 13 November 2019 pukul 11.00 s/d selesai, bertempat di ruang 7.2 lantai 7 Gedung Pendidikan Dokter UNS.

Judul proposal disertasi “Studi Netnografi Komunitas Online pada Tingkat Literasi Kesehatan”.

Dengan penguji :

  1. Dr. Sri Mulyani, S.Kep, NS, M.Kes
  2. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD
  3. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, M.Pd.

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Agus Hidayat menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi PATUH pada Penderita Penyakit Tidak Menular

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Agus Hidayat menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi PATUH pada Penderita Penyakit Tidak Menular yang diadakan oleh Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun, pada tanggal 22 Oktober 2019 di Gedung Diklat Kota Madiun.

 

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Istar Yuliadi menjadi narasumber dalam kuliah pra nikah yang diadakan oleh Majelis Taklim Muslimah IPHI

Mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat UNS a/n Istar Yuliadi menjadi narasumber dalam kuliah pra nikah yang diadakan oleh Majelis Taklim Muslimah IPHI pada hari Sabtu, tanggal 26 Oktober 2019 di Gedung IPHI pukul 10.30 s/d 11.45 dengan tema “Kesehatan Reproduksi untuk Persiapan Nikah”.

 

Vitri Widyaningsih, dr., MS., Ph.D, dosen S3 IKM dan FK UNS, menjadi narasumber dalam Pertemuan Koordinasi Teknis Program Kesehatan Masyarakat Tingkat Provinsi

Vitri Widyaningsih, dr., MS., Ph.D, dosen S3 IKM dan FK UNS, menjadi narasumber dalam Pertemuan Koordinasi Teknis Program Kesehatan Masyarakat Tingkat Provinsi, tanggal 23 Oktober 2019, di Semarang. Pada kegiatan ini, dr. Vitri menyampaikan paparan tentang hasil penelitian kajian pelayanan penyakit akibat kerja di era Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), serta menyampaikan diseminasi model yang telah disusun oleh tim peneliti, berkaitan dengan penyakit akibat kerja

 

Dosen S3 IKM UNS dr. Vitri Widyaningsih, MS, PhD selaku perwakilan dari tim UKS 4.0 mempresentasikan pentingnya pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM)

Pada tanggal 01 Oktober 2019, tim UKS 4.0 mengadakan pertemuan dengan perwakilan guru atau petugas UKS SMP dan SMA/SMK di wilayah Puskesmas Kratonan, Kota Surakarta, sebagai penggiat kesehatan di sekolah. Pada pertemuan yang bertempat di aula Puskesmas Kratonan tersebut, turut hadir sebagai peserta perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Surakarta. Pertemuan yang bertajuk “Revitalisasi Upaya Kesehatan Sekolah (UKS) di Era 4.0” ini berfokus pada pengenalan aplikasi UKS 4.0 sebagai salah satu wadah pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) pada remaja.

Kegiatan ini dibuka dengan presentasi dari dr. Vitri Widyaningsih, MS, PhD., selaku perwakilan dari tim UKS 4.0. Presentasi tersebut memuat tentang pentingnya pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan modifikasi gaya hidup sejak dini, pemaparan video edukasi tentang PTM, serta pengenalan tentang aplikasi UKS 4.0. Lewat kegiatan ini diharapkan aplikasi UKS 4.0 dapat disebarluaskan oleh peserta dan digunakan oleh murid-murid sekolah yang bersangkutan. Setelah pertemuan berakhir, peserta kegiatan dapat mengakses video edukasi, aplikasi UKS 4.0, dan formulir evaluasi aplikasi UKS 4.0 lewat tautan yang dikirim ke nomor masing-masing peserta.

 

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a/n Dewi Rokhanawati

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a/n Dewi Rokhanawati NIM T511708007, dengan judul proposal disertasi “Peningkatan Self Efficacy, Perilaku Parenting, Ibu Muda, dan Tumbuh Kembang Anak Balita Melalui Program Peer Education Parenting”.

Dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Oktober 2019 pukul 10.00 s/d Selesai  di Ruang Sidang 7 Lantai 7 Gedung Pendidikan Dokter FK UNS. Dengan penguji : 

  1. Prof. Dr. Harsono Salimo, dr, Sp.A (K)
  2. Dr. Sri Mulyani, S.Kep, Ns, M.Kes
  3. Dr. Tri Rejeki Andayani, S.Psi, M.Psi
  4. Prof. dr. Mohammad Hakimi, Sp.OG (K), Ph.D
  5. Prof. Djohar Ismail, dr, Sp.A (K), MPH, PhD

Dr. Sumardiyono, SKM., M.Kes, dosen S3 IKM UNS sebagai ketua tim peneliti Kajian Pelayanan Penyakit Akibat Kerja (PAK) menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan

Dr. Sumardiyono, SKM., M.Kes, dosen S3 IKM UNS sebagai ketua tim peneliti Kajian Pelayanan Penyakit Akibat Kerja (PAK) menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan atas kerjasama dalam hibah penelitian kerjasama dalam bidang kesehatan kerja, Banda Aceh, 9 Oktober 2019.

Dosen S3 IKM Dr. Sumardiyono, SKM., M.Kes dan Vitri Widyaningsih, dr., MS., Ph.D dan Balgis, dr, MSc CM-FM, Sp.Ak, AIFM, menghadiri Forum Nasional Kesehatan Masyarakat, 1st Family Medicine Meeting, serta 3rd Syah Kuala International Conference

Dosen S3 IKM Dr. Sumardiyono, SKM., M.Kes dan Vitri Widyaningsih, dr., MS., Ph.D dan Balgis, dr, MSc CM-FM, Sp.Ak, AIFM, menghadiri Forum Nasional Kesehatan Masyarakat, 1st Family Medicine Meeting, serta 3rd Syah Kuala International Conference, di Banda Aceh, untuk mempresentasikan hasil penelitian tentang Kajian dan Implementasi Pelayanan Penyakit Akibat Kerja, hibah kerjasama penelitian dengan Kementrian Kesehatan RI tahun 2019.

Ari Probandari, dr, MPH, PhD dan Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, M.Pd menghadiri pre Kick Off Meeting di Institute Tropical Medicine Antwerp Belgia

UNS merupakan bagian dari konsorsium projek yang didanai oleh European Commission Erasmus +, yakni Health Information and Technology for Improved Health Education (HITIHE). Ari Probandari, dr, MPH, PhD dan DR. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, M.Pd menghadiri pre Kick Off Meeting di Institute Tropical Medicine Antwerp Belgia, 6-7 Oktober 2019.

Ujian Seminar Kemajuan Riset dan Naskah Publikasi II Mahasiswa S3 IKM UNS atas nama Ida Untari

Ujian Seminar Kemajuan Riset dan Naskah Publikasi II Mahasiswa S3 IKM UNS atas nama Ida Untari, NIM T511608004, dengan judul “Program TEKEN (Telaten, ELing  Kenangan, Etung lan seNeng) untuk meningkatkan fungsi kognitif pada lansia.
Telah dilaksanakan pada hari Senin, 30 September 2019 pukul 10.00 s/d selesai di Ruang Sidang 2 lantai 3, Gedung Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UNS. 
Dosen penguji :
  1. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD
  2. Dr. Isna Qadrijati, dr, M.Kes
  3. Prof. Dr. A.A. Subijanto, dr, MS
  4. Rossi Sanusi, dr, MPA, PhD
  5. Dr. Diah Kurnia Mirawati, dr, Sp.S

 

 

 

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a/n Yessy Nur Endah Sary NIM T511708006

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Yessy Nur Endah Sary NIM T511708006, dengan judul proposal disertasi “Peran Kader Kesehatan Melalui Modul Cegah Pernikahan Remaja (Cenikma) sebagai Upaya Mendukung Ayah Mencegah Pernikahan Dini Remaja Daerah Pesisir”.

Dilaksanakan pada hari Senin, 30 September 2019 pukul 11.00 s/d Selesai  di Ruang Sidang 7 Lantai 7 Gedung Pendidikan Dokter FK UNS. Dengan penguji : 

  1. Prof. Dr. Harsono Salimo, dr, Sp.A (K)
  2. Dr. Sri Mulyani, S.Kep, Ns, M.Kes
  3. Dr. Tri Rejeki Andayani, S.Psi, M.Psi
  4. Dr. Bagoes Widjanarko, dr, MPH

Kegiatan sharing pengalaman studi dan proses penelitian dari mahasiswa angkatan pertama S3 IKM UNS a/n Ida Untari bersama semua mahasiswa angkatan 4 (tahun 2019)

Kegiatan sharing pengalaman studi dan proses penelitian dari mahasiswa angkatan pertama S3 IKM UNS a/n Ida Untari bersama semua mahasiswa angkatan 4 (tahun 2019).  Pada hari Kamis, tanggal 26 September 2019, bertempat di gedung Fakultas Kedokteran UNS lantai 7 Ruang 7 pukul  8.00 s.d 9.30.

 

Dosen S3 IKM UNS, Vitri Widyaningsih, dr., MS., Ph.D dan Dr. Sumardiyono, SKM., M.Kes, memaparkan hasil penelitiannya dalam Workshop Penyusunan Peta Jalan Kesehatan Kerja di Indonesia

Dosen S3 IKM UNS, Vitri Widyaningsih, dr., MS., Ph.D dan Dr. Sumardiyono, SKM., M.Kes, memaparkan hasil penelitian “Kajian Implementasi Pelayanan Penyakit Akibat Kerja di Era SJSN” pada workshop penyusunan Peta Jalan Kesehatan Kerja di Indonesia tahun 2020-2024. Acara ini diselenggarakan oleh Sub Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, pada tanggal 24 September 2019 di Hotel The Grove Suites, Jakarta.

 

“Dasar-Dasar Keterampilan Belajar untuk Kedokteran dan Kesehatan” merupakan publikasi ilmiah mahasiswa S3 IKM UNS a/n Burhanuddin Ichsan dalam bentuk buku ber-ISBN

“Dasar-Dasar Keterampilan Belajar untuk Kedokteran dan Kesehatan” merupakan publikasi ilmiah mahasiswa S3 IKM UNS a/n Burhanuddin Ichsan dalam bentuk buku ber-ISBN. Buku ini membahas dasar-dasar keterampilan belajar termasuk: learning how to learn, Problem Based Learning, adult learning, gaya belajar, learnimg resources dan lain-lain.

 

Mahasiswa S3 IKM UNS a/n Istar Yuliadi menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan Remaja

Mahasiswa S3 IKM UNS a/n Istar Yuliadi menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan Remaja di Masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surakarta pada hari Senin, tanggal 23 September 2019. Bertempat di Pendopo Kelurahan Penumping Kec Laweyan Kota Surakarta. Materi yang disampaikan berjudul “Remaja dan Perkawinan”. 

Publikasi Ilmiah Mahasiswa S3 IKM UNS a/n Burhanuddin Ichsan dalam buku ber-ISBN berjudul “Literasi Informasi Ilmiah untuk Kedokteran dan Kesehatan”.

Publikasi Ilmiah Mahasiswa S3 IKM UNS a/n Burhanuddin Ichsan dalam buku ber-ISBN berjudul “Literasi Informasi Ilmiah untuk Kedokteran dan Kesehatan”.

Buku ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan mahasiswa kedokteran dan kesehatan hal-hal terkait tips-tips mengakses kemudian menilai, interpretasi dan mengaplikasikan jurnal-jurnal ilmiah maupun tulisan ilmiah lainnya. Buku ini juga menyinggung tentang prinsip critical appraisal termasuk contoh untuk critical appraisal jurnal terapi dan critical appraisal systematic review.

 

‘Diabetes is a gift from god’ a qualitative study coping with diabetes distress by Indonesian outpatients : Pubikasi Ilmiah Kepala Program Studi S3 IKM UNS Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD

‘Diabetes is a gift from god’ a qualitative study coping with diabetes distress by Indonesian outpatients : Pubikasi Ilmiah Kepala Program Studi S3 IKM UNS Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD dalam jurnal internasional Quality of Life Research https://doi.org/10.1007/s11136-019-02299-2.

Full text download :

Arifin_et_al-2019-Quality_of_Life_Research

Kuliah Pakar “Evidence Based Medicine : a role of research synthesis” oleh Prof Pisake Lumbiganon, MD, MS, PhD

Kuliah Pakar “Evidence Based Medicine : a role of research synthesis” oleh Prof Pisake Lumbiganon, MD, MS, PhD dari Khon Kaen University Thailand pada hari Selasa-Rabu, tanggal 17-18 September 2019 bertempat di Aula lantai 3 gedung A Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Mahasiswa S3 IKM UNS dr Muh Husen Prabowo, MPH menjadi moderator dalam Seminar Nasional di Stikes Duta Gama Klaten

Menghadapi tantangan revolusi Industri 4.0 diperlukan strategi dan kesiapan tenaga kesehatan baik dalam pendidikan maupun implementasi di lapangan pekerjaan. Era yang merupakan kombinasi fisik, digital dan bioloogi seperti halnya internet of things, artificial intelligence, new materials, big data, robotics, e-learning, hal ini disampaikan oleh Prof dr Ali Ghufron Mukti, MSc PhD sebagai Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam acara Seminar Nasional yang diselenggarakan STIKES DUTA GAMA KLATEN, 7 September 2019 di Pendopo Kabupaten Klaten.
Sebagai garis besar yang disampaikan, prioritas pengembangan SDM adalah kesehatan ibuhamil, bayi, balita dan anak sekolah; kualitas pendidikan yang terus ditingkatkan diantaranya pengambangan vocational training; manajemen talenta; dan tugas Perguruan Tinggi menghasilkan sumber daya yang beriman, berintegritas, berkualitas, kompeten dan berdaya saing tinggi sebagaimana di highlight moderator seminar Nasional ini yaitu dr Muh Husen Prabowo, MPH sebagai ketus STIKES DUTA GAMA KLATEN dan sebagai mahasiswa Program Studi Program Doktor IKM UNS.

 

dr Muh Husen Prabowo, MPH mahasiswa Program Doktor IKM UNS menjadi narasumber dalam asistensi pelayanan kesehatan di FKTP Klinik POLRI se- Jawa Tengah.

Akreditasi fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama merupakan pengakuan yang diberikan suatu lembaga independen penyelenggara akreditasi faslitas kesehatan tingkat pertama yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien; meningkatkan perlindungan sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungan serta fasilitas kesehatannya; meningkatkan kinerja fasilitas kesehatan dalam pelayanan kesehatan perorangan maupun masyarakat. Hal ini sebagaimanaya telah diatur dalam peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomer 46 tahun 2015.
Institusi Kepolisian Republik Indonesia yang memiliki fasilitas kesehatan tingkat pertama di setiap tingkat kepolisian resor mempersiapkan menghadapi akreditasi klinik dengan menyelenggarakan asistensi pelayanan kesehatan di FKTP untuk Klinik POLRI se-Jawa Tengah yang diselenggarakan pada tanggal 14 Agustus 2019 di Hotel Gets, Semarang dan sebagai salah satu narasumber adalah dr Muh Husen Prabowo, MPH mahasiswa Program Studi Program Doktor IKM UNS yang menyampaikan materi tentang identifikasi permasalahan serta penyusunan dokumen akreditasi klinik.

Rapat Kerja dan Sarasehan Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS

Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS mengadakan rapat kerja dan sarasehan pada hari Sabtu, 31 Agustus 2019, bertempat di Kompleks Rejosari Husada Delanggu, Klaten, Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa angkatan 1-4 dan seluruh pengelola Prodi S3 IKM UNS. Acara ini diisi dengan kuliah perdana mahasiswa angkatan tahun 2019 (angkatan 4), program kerja prodi dan rencana studi mahasiswa, dialog mahasiswa dengan pengelola, ramah tamah dan games. 

Peluncuran Pos Pembinaan Terpadu Kesehatan, Universitas Sebelas Maret Surakarta yang diinisiasi oleh dosen S3 IKM UNS yang tergabung dalam Riset Grup Disease Control.

Dosen S3 IKM UNS yang tergabung dalam Riset Grup Disease Control, menginisiasi peluncuran Pos Pembinaan Terpadu Kesehatan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Pada hari Jumat, tanggal  9 Agustus 2019

Kegiatan Kick off Meeting “Scalling-up NCD Interventions In South-East Asia (SUNI SEA)” yang juga merupakan kegiatan penelitian bersama antara dosen dan mahasiswa S3 IKM UNS

Kegiatan Kick off Meeting “Scalling-up NCD Interventions In South-East Asia (SUNI SEA)” yang juga merupakan kegiatan penelitian bersama antara dosen dan mahasiswa S3 IKM UNS pada hari Senin dan Selasa tanggal 22-23 Juli 2019 di Lorin Hotel Solo.

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Rusnoto menjadi Narasumber dalam Seminar Keperawatan dengan tema “Tatalaksana TB-MDR & Penguatan Pemberdayaan Pengawas Minum Obat (PMO)”

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Rusnoto menjadi Narasumber dalam Seminar Keperawatan dengan tema “Tatalaksana TB-MDR & Penguatan Pemberdayaan Pengawas Minum Obat (PMO)” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 27 Juli 2019 pukul 09.00 s/d selesai di Ruang Pertemuan Wakil Bupati Kudus.

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Istar Yuliadi menjadi Narasumber dalam Peringatan Hari BerMuhammadiyah oleh PCM Laweyan

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Istar Yuliadi menjadi Narasumber dalam Peringatan Hari BerMuhammadiyah oleh Pengurus Cabang Muhammadiyah Laweyan, Pada hari Minggu tanggal 21 Juli 2019 pukul 07.45 s/d selesai, bertempat di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Materi yang disampaikan berjudul “Muhammadiyah dan Resiliensi”.

 

Foto bersama Rektor UMS Prof DR Drs Sofyan Anif MSi dan ketua Badan Pembina UMS Bpk Drs Ahmad Dahlan Rais MHum.

 

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penelitian Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS  atas nama Burhannudin Ichsan

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penelitian Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS  atas nama Burhannudin Ichsan dengan judul” Efektivitas Program Peer Support dengan Dukungan Nenek Bayi Terhadap Perilaku Pemberian ASI Eksklusif”. Dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 24 Juli 2019 bertempat di Ruang Aula 7 Lantai 7 Fakultas Kedokteran UNS.

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Istar Yuliadi menjadi Narasumber dalam Acara “Entrepreneurship in Dermatology” di RSUD Dr MOEWARDI Surakarta

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Istar Yuliadi menjadi Narasumber dalam Acara Continuing Medical Education di SMF Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran UNS/RSUD Dr MOEWARDI Surakarta, Pada hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019 pukul 09.00 s/d selesai, bertempat di Ruang Parangkusumo lantai 3 Radiologi RSUD Dr MOEWARDI Surakarta. Materi yang disampaikan berjudul “Menjadi Dokter Sambil Berbisnis”.

 

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Rusnoto

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Rusnoto NIM T511608008, dengan judul proposal disertasi “Under-Reporting Case Tuberculosis di Kabupaten Kudus Jawa Tengah”.

Dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Juni 2019 pukul 10.00 s/d Selesai  di Ruang Sidang 7 Lantai 7 Gedung Pendidikan Dokter FK UNS. Dengan penguji : 

  1. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr. MPd
  2. Prof. Bhisma Murti, dr, MPH, M.Sc, PhD
  3. Dr. Reviono, dr, Sp.P (K)
  4. Vitri Widyaningsih, dr, M.Sc, PhD
  5. Prof. Dr. Chatarina Umbul Wahyuni, dr, MS.

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Istar Yuliadi menjadi Narasumber dalam Acara Ceramah Kesehatan Seksual di Dharmawanita Persatuan UNS

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Istar Yuliadi menjadi Narasumber dalam Acara Ceramah Kesehatan Seksual di Dharmawanita Persatuan UNS dalam rangka kunjungan kerja pengurus DWP Kemenristekdikti yang di hadiri Ibu Hj Hasbiah M. Nasir istri dari Menristekdikti. Acara ini dihadiri juga oleh Rektor dan Wakil Rektor  UNS serta undangan lainnya sekitar 200 orang, Pada hari Kamis tanggal 27 Juni 2019 pukul 12.00 s/d selesai, bertempat di Auditorium UNS. Materi yang disampaikan berjudul “Kesehatan Seksual : Seks, Perkawinan dan Selingkuh”.

 

 

Mahasiswa Program Doktor Kesehatan Masyarakat a.n. dr. Agus Hidayat, Sp.P menjadi narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional “Trend and Issue of Palliative Care Nursing 2019”

Mahasiswa Program Doktor Kesehatan Masyarakat a.n. dr. Agus Hidayat, Sp.P menjadi narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional “Trend and Issue of Palliative Care Nursing 2019” yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2019 pukul 08.00-16.00 di Ballroom Kemala, Universitas Esa Unggul.

Materi yang disampaikan dr. Agus Hidayat, Sp.P adalah “Adjuvant therapy for patients with terminal illness”.

 

Ujian Seminar Kemajuan Riset Mahasiswa S3 IKM UNS atas nama Burhannudin Ichsan

Ujian Seminar Kemajuan Riset Mahasiswa S3 IKM UNS atas nama Burhannudin Ichsan, NIM T511608002, dengan judul “Efektivitas Program Peer Support dengan Dukungan Nenek Bayi Terhadap Perilaku Pemberian ASI Eksklusif”.
Telah dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Juni 2019 pukul 12.00 s/d selesai di Ruang Sidang 7.2 lantai 7, Gedung Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UNS. 
Dosen penguji :
  1. Prof. Dr. Harsono Salimo,  dr, Sp.A (K)
  2. Prof. Dr. A.A. Subijanto, dr, MS.
  3. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD.
  4. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, M.Pd

 

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Agus Hidayat

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Agus Hidayat NIM T511608001, dengan judul proposal disertasi “Peranan Faktor Resiko dan Skrining Pengkajian Paripurna Pasien Geriatri (P3G) Sebagai Alat Bantu Deteksi Dini TB Paru pada Penderita Lanjut Usia”.

Dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Juni 2019 pukul 10.00 s/d Selesai  di Ruang Sidang 7 Lantai 7 Gedung Pendidikan Dokter FK UNS. Dengan penguji : 

  1. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr. MPd
  2. Prof. Bhisma Murti, dr, MPH, M.Sc, PhD
  3. Prof. Dr. Suradi, dr, Sp.P (K), MARS
  4. Dr. Soedarsono, dr, Sp.P (K)
  5. Prof. Dr. Chatarina Umbul Wahyuni, dr, MS.

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Istar Yuliadi menjadi Narasumber dalam Acara Gathering dan Silaturrahmi Keluarga Besar Pusat Studi Lingkungan Hidup UNS

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Istar Yuliadi menjadi Narasumber dalam Acara Gathering dan Silaturrahmi Keluarga Besar Pusat Studi Lingkungan Hidup UNS, pada hari Rabu tanggal 15 juni 2019 pukul 14.00 s/d selesai, bertempat di Lantai 2 Gedung Pusat Studi Lingkungan Hidup UNS. Materi yang disampaikan berjudul “Menciptakan Lingkungan Harmonis”.

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Istar Yuliadi menjadi Narasumber dalam Acara Halal Bihalal Fakultas Hukum UNS

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Istar Yuliadi menjadi Narasumber dalam Acara Halal Bihalal yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UNS, pada hari Kamis tanggal 13 Juni 2019 pukul 10.45 s/d selesai, bertempat di Aula Gedung 3 Fakultas Hukum UNS. Materi yang disampaikan berjudul “Maaf dan Resiliensi Diri”.

 

Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Dewi Rokhanawati

Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Dewi Rokhanawati NIM T511708007  telah dilaksanakan pada hari Rabu 29 Mei 2019 pukul 10.00 s/d selesai, bertempat di ruang 7.2 Gedung Pendidikan Dokter UNS,

Judul proposal disertasi “Efektivitas Program Peer Support Parenting Pada Ibu Dibawah 20 Tahun Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta”.

Dengan penguji :

  1. Dr. Sri Mulyani, S.Kep, NS, M.Kes
  2. Prof. Dr. Harsono Salimo, dr, Sp. A (K)
  3. Dr. Tri Rejeki Andayani, S.Kep, NS, M.Kes
  4. Prof. H. Moch Hakimi, dr, Sp.OG, PhD.

 

Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Mulyaningsih

Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Mulyaningsih telah dilaksanakan pada hari Rabu 29 Mei 2019 pukul 13.00 s/d selesai, bertempat di ruang 7.2 Gedung Pendidikan Dokter UNS,

Judul proposal disertasi “Efektivitas Senam “MULDA” Sebagai Upaya Penurunan Risiko Ulkus Kaki Diabetik”.

Dengan penguji :

  1. Prof. Dr. A.A. Subijanto, dr, MS 
  2. Dr. Isna Qadrijati, dr, M.Kes
  3. Dr. Sri Mulyani, S.Kep, M.Kes
  4. Vitri Widyaningsih, dr, MS, PhD

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Ida Untari menjadi Narasumber dalam Seminar Keperawatan Nasional 2019

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Ida Untari menjadi Narasumber dalam Seminar Nasional Keperawatan dengan tema “Permasalahan dan Issue Pelayanan Kesehatan Lansia di Era Millenial” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 11 Mei 2019 pukul 08.00 s/d selesai di Malioboro inn Solo.

Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa keperawatan, dosen pengajar, dan praktisi pelayanan kesehatan. Materi yang disampaikan berjudul “Strategi Optimalisasi Kesehatan Lansia di Era Millenial (Bagian dari disertasi kesehatan geriatri)”.

 

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Istar Yuliadi menjadi Narasumber dalam Acara Kajian Ramadhan Fakultas Ilmu Budaya UNS

Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Istar Yuliadi menjadi Narasumber dalam Acara Kajian Ramadhan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya UNS, pada hari Rabu tanggal 24 Mei 2019 pukul 13.30 s/d selesai. Acara tersebut dihadiri oleh dekanat, dosen dan staf Fakultas Ilmu Budaya UNS. Materi yang disampaikan berjudul “Puasa, Takwa dan Resiliensi”.

 

Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a.n Yessy Nur Endah Sary

Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi Mahasiswa S3 IKM UNS a.n. Yessy Nur Endah Sary  telah dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 30 April 2018 pukul 13.00 s/d selesai, bertempat di ruang 7.2 Gedung Pendidikan Dokter UNS,

Judul proposal disertasi “Model Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) melalui Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) untuk Mencegah Seks Pranikah di Kabupaten Probolinggo”.

Dengan penguji :

  1. Prof. Dr. Endang Sutisna Sulaeman, dr, M.Kes.
  2. Prof. Dr. Harsono Salimo, dr, Sp.A (K)
  3. Dr. Sri Mulyani, S.Kep, M.Kes
  4. Dr Tri Rejeki Andayani, S.Psi, M.Psi

 

 

Kegiatan Diskusi Mahasiswa S3 IKM UNS dengan Tema Sistematik Review dan Meta Analisis

Mahasiswa S3 IKM UNS angkatan tahun 2016-2018 mengadakan kegiatan diskusi bersama pada hari Kamis, tanggal 17 Mei 2019 di ruang sidang 7 Gedung Fakultas Kedokteran UNS.

Diskusi ini membahas tentang Sistematik Review dan Meta Analisis, dengan pembicara utama yaitu Ida Untari dan Burhanudin Ichsan, mahasiswa angkatan tahun 2016 yang telah menyusun penelitian Sistematik Review dan sudah diterima untuk dipublikasi dalam jurnal internasional terindeks Scopus.

Kegiatan Seminar Rumpun Ilmu Bidang Kesehatan Pascasarjana UNS

Seminar Rumpun Ilmu Bidang Ilmu Kesehatan diselenggarakan oleh Pascasarjana  UNS pada hari Senin, 13 Mei 2019 bertempat di ruang aula lantai 6 gedung Pascasarjana UNS. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa Prodi S3 Kesehatan Masyarakat, S2 Ilmu Gizi, S3 Ilmu Kedokteran, S2 Kesehatan Masyarakat, dan S2 Kedokteran Keluarga.

Mahasiswa S3 IKM UNS An. Ida Untari menjadi pembicara dengan materi yang disampaikan adalah “Program TEKEN (Telaten, ELing, Kekancan, Etung lan seneng) untuk meningkatkan fungsi kognitif pada lansia.

Kaprodi S3IKM Ari Probandari, dr, MPH, PhD menjadi anggota kelompok panitia penyelenggara pemilihan umum 2019 TPS 074 Nusukan Surakarta

Kaprodi S3IKM Ari Probandari, dr, MPH, PhD menjadi anggota kelompok panitia penyelenggara pemilihan umum 2019 TPS 074 Nusukan Surakarta sebagai wujud kepedulian dan keterlibatan S3IKM terhadap masyarakat dan pembangunan bangsa Indonesia.

 

Ujian Seminar Kemajuan Riset dan Naskah Publikasi Mahasiswa S3 IKM UNS A.n Istar Yuliadi

Ujian Seminar Kemajuan Riset dan Naskah Publikasi Mahasiswa S3 IKM UNS atas nama Istar Yuliadi, NIM T511608005, dengan judul “Resiliensi Keluarga Sebagai Determinan Kecemasan dalam Rumah Tangga dan Kualitas Hidup”.
Telah dilaksanakan pada hari Selasa, 23 April 2019 pukul 11.00 s/d selesai di Ruang Sidang 7.2 lantai 7, Gedung Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UNS. 
Dosen penguji :
  1. Prof. Dr. A.A. Subijanto, dr, MS.
  2. Prof. Dr. Aris Sudiyanto, Sp.KJ (K)
  3. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD
  4. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, M.Pd

Mahasiswa Program Doktor Kesehatan Masyarakat UNS a.n. dr. Agus Hidayat, Sp.P menjadi narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional “Trend and Issue of Palliative Care Nursing 2019”

Mahasiswa Program Doktor Kesehatan Masyarakat a.n. dr. Agus Hidayat, Sp.P menjadi narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional “Trend and Issue of Palliative Care Nursing 2019” yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2019 pukul 08.00-16.00 di Ballroom Kemala, Universitas Esa Unggul.

Materi yang disampaikan dr. Agus Hidayat, Sp.P adalah “Adjuvant therapy for patients with terminal illness”.

 

Kegiatan Dosen Program Doktor Kesehatan Masyarakat UNS Dr Eti Poncorini Pamungkasari, dr, MPd dalam acara WMFE 2019 Conference di Republic of Korea

Dosen Program Doktor Kesehatan Masyarakat UNS Dr Eti Poncorini Pamungkasari, dr, MPd presentasi poster pada WFME (World Federation for Medical Education) 2019 conference di Republic of Korea, 7-10 April 2019, Sebagai co author adalah Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD dan Ratna Kusumawati, dr, MBiomedSci.

 

Kegiatan mahasiswa Program Doktor Kesehatan Masyarakat UNS a.n. Husen Prabowo dalam Conference 7th Central Java Seminar and Workshop Aesthetic Medicine

How to managing good quality Aesthetic Services ?
Aesthetic services was called good quality, if they were done legally, compliance to standards, patients safety and patients satisfaction. The topic was submitted by Muh Husen Prabowo (student of doctoral program in public health, University of Sebelas Maret, Surakarta) when Conference 7th Central Java Seminar and Workshop Aesthetic Medicine (CeSWAM), on Friday, 22nd March 2019 in Alana Hotel, Yogyakarta.

 

Ujian Proposal Disertasi Mahasiswa Program Doktor Kesehatan Masyarakat UNS a.n. Indrayadi

Ujian Proposal Disertasi a.n. Indrayadi, dengan judul proposal disertasi “Eksplorasi Perilaku Open Defecation Suku Dayak Bakumpai di Pedesaan Sungai Barito”.

Dilaksanakan pada hari Jumat, 5 April 2019 pukul 09.00-11.00 di Ruang Sidang 7 Lantai 7 Gedung Pendidikan Dokter FK UNS. Dengan penguji : 

  1. Dr. Sri Mulyani, S.Kep, NS, M.Kes
  2. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD
  3. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr. MPd
  4. Dr. Dra. Retna Siwi Padmawati, dr, M.Pd
  5. Dr. Argyo Demartoto, M.Si

Dosen Program Doktor Kesehatan Masyarakat UNS menjadi Sintha dan Lesmana dalam Sendratari Ramayana dalam rangka Dies Natalis UNS ke-43

Dosen Program Doktor Kesehatan Masyarakat UNS  yaitu Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, M.Pd menjadi Sintha dan Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD sebagai Lesmana dalam Sendratari Ramayana dengan judul Rahwana Mencari Cinta.

Ramayana Epic yang diadakan di Teater Terbuka Taman Balekambang. Manahan, Surakarta ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis UNS ke-43.

 

Ujian Proposal Disertasi a.n. Eram Tunggal Pawenang

Ujian Proposal Disertasi a.n. Eram Tunggal Pawenang dengan judul proposal disertasi “Pengembangan ETP sebagai Alat Deteksi Dini Keracunan Pestisida pada Petani”.

Dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Maret 2019 pukul 11.00-13.00 di Ruang Sidang 7 Lantai 7 Gedung Pendidikan Dokter FK UNS. Dengan penguji : 

  1. Dr. Isna Qadrijati, dr, M.Kes
  2. Prof. Dr. Hartono, dr, M.Si
  3. Dr. Setyo Sri Raharjo, dr, M.Kes
  4. Dr. Pranoto, M.Sc
  5. Dr. Nanik Wijayanti, M.Si

 

Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD menjadi peneliti utama pada hibah penelitian yang didanai oleh European Comission dalam program Horizon 20-20

Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD, dosen S3 Kesehatan Masyarakat UNS,  menjadi peneliti utama pada hibah penelitian yang didanai oleh European Comission dalam program Horizon 20-20. Penelitian ini dilaksanakan oleh konsorsium 9 institusi dari 7 negara. Hibah kompetisi ini  dilaksanakan dalam periode 2019-2022. Berikut ini adalah link beritanya.

 

Dosen S3 Kesehatan Masyarakat UNS mendapatkan hibah penelitian Scaling Up Non Communicable Diseases Intervention in South East Asia

Dosen S3 Kesehatan Masyarakat UNS mendapatkan hibah penelitian Scaling Up Non Communicable Diseases Intervention in South East Asia. Penelitian tersebut dilaksanakan oleh konsorsium 9 institusi dari 7 negara. Hibah kompetisi ini didanai oleh European Comission dalan program Horizon 20-20 yang akan dilaksanakan dalam periode 2019-2022.

 

Ujian Seminar Kemajuan Riset dan Naskah Publikasi Mahasiswa S3 IKM UNS

Ujian Seminar Kemajuan Riset dan Naskah Publikasi Mahasiswa S3 IKM UNS atas nama Ida Untari, NIM T511608004, dengan judul “Program TEKEN (Telaten, ELing, Kekancan, Etung lan seNeng) untuk meningkatkan fungsi kognitif pada lansia.
Telah dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Februari 2019 pukul 13.00 s/d selesai di Ruang Sidang 7.2 lantai 7, Gedung Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UNS. 
Dosen penguji :
  1. Dr. Isna Qadrijati, dr, M.Kes
  2. Prof. Dr. A.A. Subijanto, dr, MS
  3. Rossi Sanusi, dr, MPA, PhD
  4. Dr. Diah Kurnia Mirawati, dr, Sp.S

 

 

 

 

 

 

Pengabdian Masyarakat Program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat UNS

Kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sebelas Maret dalam rangka meningkatkan promosi kesehatan pengendalian penyakit.  Upaya membuat narasi komunikasi yang sederhana dan dapat diterima masyarakat umum dengan tujuan agar masyarakat peduli dan mau melakukan upaya pencegahan risiko terhadap suatu penyakit memerlukan ketrampilan tertentu. Kegiatan mahasiswa terjun langsung dalam masyarakat merupakan salah satu bentuk pengembangan pendidikan dan pengembangan ketrampilan halus (soft skill) yang sangat diperlukan.
 

Sosialisasi Pemantauan Mandiri Diabetes Mellitus di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama se Wilayah Jawa Tengah

Jumlah peserta aktif JKN KIS tahun 2018 tercatat 199.529.757 jiwa dan sejumlah 4.271.017 jiwa (2,14%) menderita diabetes mellitus. Pengelolaan penyakit dibetes mellitus memerlukan biaya tinggi termasuk komplikasi-komplikasinya. Prolanis dengan kegiatan edukasi klub, konsultasi medis, pemeriksaan penunjang, senam prolanis, home visit dan pelayanan obat yang terintegrasi diharapkan dapat menekan biaya kasus diabetes mellitus.

Saat ini ada 13.742 (61%) fasilitas kesehatan tingkat pertama pengelola prolanis, 25.514 klub prolanis dan 350.682 peserta prolanis diabetes mellitus terdaftar. Bagaimanakah dengan 3,9 juta penderita diabetes mellitus yang lain? apakah fasilitas kesehatan telah mengelola prolanis dengan baik? Dan apakah penderita diabetes yang dikelola tersebut terkontrol?  Hal ini disampaikan oleh tim kendali mutu dan kendali biaya propinsi Jawa Tengah dalam kegiatan sosialisasi pemantauan mandiri diabetes mellitus di fasilitas kesehatan tingkat pertama se wilayah Jawa Tengah, Kamis tanggal 5 Desember 2018 .

Mahasiswa a.n. dr Muh Husen Prabowo, MPH menjadi pembicara dalam acara pelantikan pengurus PKFI Cabang Kabupaten Semarang

Upaya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) mempersiapkan kredensialing dan rekredensialing sebagai provider Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan menjadi permasalahan yang menarik untuk diidentifikasi, karena merupakan elemen penting dalam pertimbangan penyelesaian permasalahan. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Perhimpunan Klinik & Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Indonesia (PKFI) wilayah Jawa Tengah, dr Muh Husen Prabowo, MPH dalam acara pelantikan pengurus PKFI cabang kabupaten Semarang, Sabtu 24 Nopember 2018 di Hotel Griya Persada Bandungan.

Mutu pelayanan dan pembiayaan menjadi issu utama dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Perjalanan JKN yang akan memasuki tahun ke 6 tentunya diperlukan upaya perbaikan sistem dan kebijakan untuk mencapai tujuan dan peran asosiasi merupakan wadah perwakilan provider diharapkan dapat sejajar seperti dalam tripartite skema asuransi kesehatan sosial di Indonesia.

Provider merupakan salah satu unsur yang rentan menjadi sasaran penentu mutu dan tidaknya pelayanan sistem jaminan kesehatan, padahal permasalahan yang mendasar untuk mendapatkan mutu pelayanan kesehatan adalah kesesuaian anggaran untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan. PKFI sebagai wadah asosiasi pelayanan kesehatan tingkat pertama, memberikan arahan dan pedoman kepada anggota agar meningkatkan mutu pengelolaan faskes tingkat pertama dan berupaya melakukan negosiasi dan advokasi kepada pemerintah agar keseimbangan sistem dapat berjalan dengan baik. Data sebagai salah satu fakta untuk memeperkuat negosiasi sehingga diharapkan semua anggota berpartisipasi dalam memperkuat data yang baik dan relevan.

Hasil Kerjasama S3 IKM UNS dengan UMEA University Swedia

Untuk meningkatkan kualitas lulusan S3 IKM UNS,  melakukan kerjasama joint supervisi dengan UMEA University Swedia. Hal ini dibuktikan dengan salah satu dosen dari UMEA University Swedia menjadi promotor disertasi salah satu mahasiswa yaitu a.n M. Husen Prabowo. Tahap selanjutnya, salah satu dosen UMEA juga akan menjadi promotor untuk mahasiswa a.n Yopi Harwinanda Ardesa. 

Ujian Proposal Disertasi a.n. M. Husen Prabowo

Ujian Proposal Disertasi a.n. M. Husen Prabowo dengan judul disertasi “Cost Effectiveness Analysis Chronic Disease Management Program (Prolanis) Diabetes Mellitus in Primary Health Care for The Participants of the National Health Insurance in Klaten District”.

Dilaksamakam pada hari Kamis, 22 November 2018 pukul 15.00-16.30 di Ruang Sidang 7 Lantai 7 Gedung Pendidikan Dokter FK UNS. Dengan penguji : 

  1. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr. M.Pd
  2. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, PhD
  3. Yodhi Mahendradhata, dr, M.Sc, PhD, FRSPH
  4. Annie-Maria Pulkki-Brannstorm, dr, PhD, Prof
  5. Dr. Chriswardani Suryawati, Dra, M.Kes

Mahasiswa a.n M. Husen Prabowo mengisi acara pelantikan pengurus PKFI

Upaya FKTP mempersiapkan kredensialing dan rekredensialing sebagai provider Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan menjadi permasalahan yang menarik untuk diidentifikasi, karena merupakan elemen penting dalam pertimbangan penyelesaian permasalahan. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris PKFI wilayah Jawa Tengah, dr Muh Husen Prabowo, MPH dalam acara pelantikan pengurus PKFI cabang kabupaten Semarang, Sabtu 24 Nopember 2018 di Hotel Griya Persada Bandungan.

Mutu pelayanan dan pembiayaan menjadi issu utama dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Perjalanan JKN yang akan memasuki tahun ke 6 tentunya diperlukan upaya perbaikan sistem dan kebijakan untuk mencapai tujuan dan peran asosiasi merupakan wadah perwakilan provider diharapkan dapat sejajar seperti dalam tripartite skema asuransi kesehatan sosial di Indonesia.

Provider merupakan salah satu unsur yang rentan menjadi sasaran penentu mutu dan tidaknya pelayanan sistem jaminan kesehatan, padahal permasalahan yang mendasar untuk mendapatkan mutu pelayanan kesehatan adalah kesesuaian anggaran untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan. PKFI sebagai wadah asosiasi pelayanan kesehatan tingkat pertama, memberikan arahan dan pedoman kepada anggota agar meningkatkan mutu pengelolaan faskes tingkat pertama dan berupaya melakukan negosiasi dan advokasi kepada pemerintah agar keseimbangan sistem dapat berjalan dengan baik. Data sebagai salah satu fakta untuk memeperkuat negosiasi sehingga diharapkan semua anggota berpartisipasi dalam memperkuat data yang baik dan relevan.

Mahasiswa a.n Agus Hidayat menjadi narasumber pertemuan sosialisasi pedoman kesehatan lanjut usia

Dampak keberhasilan pembangunan kesehatan a,l penurunan angka kesakitan dan kematian serta bertambah meningkatnya usia harapan hidup (UHH) di Indonesia. Tahun 2004 UHH 68,6 tahun diprediksi tahun 2014 menjadi 72 tahun. Jumlah penduduk lansia Indonesia th 2010 sekitar 7,6% (18,04 juta jiwa). Di Jawa Timur th 2016 penduduk lansia berkisar sekitar 12% dari total jumlah penduduk Jawa Timur.
Pelayanan kesehatan lansia dilakukan mulai dari tingkat masyarakat kelompok lansia ( Posyandu Lansia),Puskesmas santun lansia hingga rujukan ke rumah sakit dengan pelayanan Geriatri Terpadu. Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan mengutamakan upaya promotif dan preventif serta kuratif maupun rehabilitatif se optimal mungkin dengan menggunakan jejaring puskesmas dan lintas sektoral. Agar petugas puskesmas dapat memberikan pelayanan yg berkualitas,maka perlu di bekali dg kemampuan teknis secara teori,praktek dan program perihal standar penyelenggaraan puskesmas santun lansia sehingga tercapai pelayanan kesehatan yg aman,bermutu dan berkesinambungan dalam mencapai derajat kesehatan masyarakat yg optimal. 

kegiatan dilaksanakan pada tanggal 14-15 November 2018 di Hotel Sartika, Surabaya

Mahasiswa a.n M. Husen Prabowo menjadi narasumber temu kerja penguatan pelayanan KB

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Propinsi Jawa Tengah yang mempunyai visi dan misi mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas, dengan menyelenggarakan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi serta Penguatan akses pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi.
BKKBN propinsi jawa Tengah menyelenggarakan  Temu Kerja Penguatan Pelayanan KB Jalur  Swasta di Klinik Pratama dan Dokter Praktik Swasta melalui asosiasi fasiitas kesehatan tingkat pertama yaitu PKFI dan Asklin. Acara diselenggarakan pada hari Selasa-Rabu, 13-14 Nopember 2018 di Hotel Oak Tree Semarang. BKKBN propinsi Jawa Tengah mengundang seluruh BKKN kabupaten dan kota se-Jawa Tengah, perwakilan FKTP serta PKFI dan ASKLIN cabang kabupaten dan kota se-Jawa Tengah. 

Dalam materi yang disampaikan oleh PKFI Jawa Tengah diwakili oleh dr Muh Husen Prabowo, MPH selaku sekretaris PKFI wilayah Jawa Tengah menyampaikan bahwa PKFI sebagai salah satu wadah asosiasi fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama siap mendukung terselenggaranya pelayanan KB dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional.
Mengingat bahwa kompetensi fasilitas pelayana kesehatan pertama, sesuai standar pendidikan dokter Indonesia yaitu pelayanan Konseling Kontrasepsi, Insersi dan ekstraksi IUD, Kontrasepsi injeksi, Penanganan Komplikasi KB (IUD, pil, suntik dan implant) termasuk dalam ketrampilan klinis dengan kemampuan IV A.
Dalam upaya mendukung pelayanan KB tersebut disampaikan bahwa diperlukan kontruksi yang perlu dibangun untuk meningkatkan akses pelayanan KB dengan memenuhi ketersediaan alat kontrasepsi dan pembayaran pelayanan, sosialisai informasi dan peningkatan sarana dan prasarana FKTP, monitoring dan evaluasi serta pemberian reward bagi pemberi pelayanan yang berprestasi. Untuk itu diperlukan sinergi untuk mendukung ini dengan mengkoordinasikan stakeholder yaitu BKKBN, DInas Kesehatan, BPJS Kesehatan, Asosiasi FKTP dan Peserta.
Dr Muh Husen Prabowo, MPH yang saat ini sedang menempuh pendidikan program doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat UNS mengidentifikasi permasalahan saat ini adalah 1) Sistem dimana kurangnya koordinasi, kurang komunikasi dan kurang sosialisasi dan 2) Permasalahan pelayanan adalah sarana dan prasarana serta kemampuan provider pelayanan, indikator capaian dan logistik program serta mekanisme dan syarat klaim jaminan pembiayaan. Kordinasi, Komunikasi dan sosialisasi program kunci keberhasilan pelayanan KB dalam era JKN pungkasnya.

S3 IKM UNS ikut dalam Projek Penelitian Protecting Indonesia from the Threat of Antibiotic Resistance (PINTAR).

Projek Penelitian Protecting Indonesia from the Threat of Antibiotic Resistance (PINTAR). Projek Penelitian PINTAR adalah kegiatan kolaborasi 6 institusi di 3 negara. Projek tersebut mulai dijalankan, dengan suatu pertemuan tingkat nasional di Jakarta pada tanggal 25 Oktober 2018.

Ujian kualifikasi doktor a.n. Indrayadi

Ujian kualifikasi a.n. Indrayadi. Pada hari Selasa, 23 Oktober 2018 telah terselenggara ujian kualifikasi doktor a.n. Indrayadi,

dengan penguji : 1. Prof. Dr. A.A. Subijanto, dr, MS,

                                     2. Dr. Sri Mulyani, S.Kep, M.Kes,

                                     3. Dr. Eti Poncorini, dr, M. Pd,

                                     4. Ari Probandari, dr, MPH, PhD

Dr Eti Poncorini Pamungkasari, dr, MPd menghadiri dan presentasi poster pada 9th Asian Medical Education Association Symposium cum Frontiers

Dr Eti Poncorini Pamungkasari, dr, MPd menghadiri dan presentasi poster pada 9th Asian Medical Education Association Symposium cum Frontiers in Medical and Health Sciences Education di Hongkong, 14-16 Desember 2017.

Dr Eti Poncorini Pamungkasari, dr, MPd menghadiri dan menyampaikan oral presentasi di Bandung Global Health-Forum Kedokteran Islam

Dr Eti Poncorini Pamungkasari, dr, MPd menghadiri dan menyampaikan oral presentasi pada acara Bandung Global Health-Forum Kedokteran Islam, di Bandung. Pertemuan ini dihadiri oleh para peneliti dari Indonesia dan beberapa negara seperti Malaysia, sebagai forum untuk mendiseminasikan hasil penelitian.

Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, MPd presentasi poster dan menghadiri All Together Better Health (ATBH) IX

Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, MPd presentasi poster dan menghadiri All Together Better Health (ATBH) IX 3-6 September 2018 di Auckland, New Zealand. ATBH merupakan pertemuan dan forum internasional tentang interprofessional education dan collaboration, dihadiri oleh pemerhati dan penggiat IPEC dari seluruh belahan dunia. Selain presentasi poster, kehadiran di ATBH IX ini juga untuk mengikuti meeting forum IPE internasional sebagai perwakilan dari konsorsium IPEC Indonesia, membahas apa yg sudah dan akan dilakukan oleh berbagai negara, serta bagaimana rencana pengembangan IPEC bersama di era mendatang. 
 
 
 

Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat menerima assesor akreditasi LAM-PT Kes

Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat menerima assesor akreditasi LAM-PT Kes 

kegiatan dilaksanakan pada tanggal 10-12 Oktober 2018 bertempat di Gedung Pasca Sarjana UNS dan Gedung FK UNS

kegiatan ini sesuai dengan target dari Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat UNS, dengan harapan bahwa dengan status akreditasi yang didapatkan standar pendidikan yang diberikan bermutu dan sesuai dengan budaya kerja UNS yaitu  ACTIVE (Achievement Orientation, Customer Satisfaction. Teamwork, Integrity, Visionary, Entrepreneurship)

 

Ujian Kualifikasi Doktor a.n Agus Hidayat

Ujian Kualifikasi Doktor a.n Agus Hidayat

dengan judul disertasi : peranan faktor risiko dan skrining pengkajian paripurna pasien geriatri (P3G) sebagai alat bantu  deteksi dini TB paru  pada pasien lanjut usia

dilaksanakan pada Kamis, 11 Oktober 2018. jam 10.00 Wib di Ruang sidang 7.2 lantai 7 gedung pendidikan dokter FK UNS

dengan penguji:

  1. Prof. Suradi.,dr, Sp P(K), MARS
  2. Prof Bhisma Murti,dr. M.Sc, PhD
  3. Dr. Soedarsono, dr, Sp. P(K)
  4. Dr. Isna Qadrijati, dr.,M. Kes

Fakultas Kedokteran UNS menerima Diaspora Kemenristekdikti 2018.

Prof Nawi Ng dari Umea University mengunjungi Fakultas Kedokteran UNS pada tanggal 15 Agustus 2018. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Diaspora 2018 Kemenristekdikti sebagai rangkaian acara Simposium Cendekia Kelas Dunia. Setelah diterima oleh Wakil Rektor UNS Prof Sutarno, Prof Nawi Ng membagikan pengalaman dalam Workshop Pendampingan Penulisan Manuskrip untuk Publikasi Internasional Fakultas Kedokteran UNS.

Ujian proposal disertasi a.n Ida Untari

ujian proposal disertasi mahasiswa Ida untari pada hari  rabu, 8 Agustus 2018

jam 08.00 Wita dengan judul disertasi Latihan kognitif dan senam otak untuk meningkatkan fungsi kognitif pada lansia

dengan penguji:

1. Prof. A. A. Subijanto, dr.,MS

2. Dr. Isna Qadrijati.,dr.M. Kes

3. Dr. Rossi Sanusi, dr.,M.PA

4. Dr. Diah Kurnia Mirawati, dr.,Sp. S

 

Kepala Program Studi S3 IKM UNS menjadi pembicara Workshop of Implementation Research Proposal Development, Thailand

Kepala Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat menjadi pembicara/fasilitator pada

Workshop of Implementation Research Proposal Development di Khon Kaen University Thailand

kegiatan dilaksanakan pada tanggal 10-13 Juli 2018

Seminar rumpun ilmu kesehatan Pascasarjana UNS

Seminar rumpun ilmu kesehatan Pascasarjana UNS, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pascasarjana UNS setiap tahun untuk mengawal perjalanan mahasiswa dalam menyelesaikan secara cepat dan tepat waktu serta menghasilkan publikasi ilmiah yang merupakan salah satu syarat yang ditetapkan.

kegiatan dilakasanakan pada senin, 9 Juli 2018 di Ruang Aula Lantai 6 gedung Pascasarjana

prodi S3 IKM diwakilkan oleh mahasiswa Ida untari membahas mengenai publikasi penelitian systematic review

Rapat kerja dan Evaluasi Prodi S3 IKM UNS

Evaluasi merupakan aspek penting dalam menjalankan program studi, hal ini mendasari prodi S3 IKM mengadakan rapat kerja dan rapat prodi serta silahturahmi  dan syawalan baik bagi mahasiswa dan pengelola program studi.

kegiatan diadakan  pada sabtu, 7 juli 2018 di Villa Danar Hadi Tawangmanggu

kegiatan dimulai dengan evaluasi baik dari  mahasiswa dan dilanjutkan oleh mahasiswa, kemudian acara di lanjutkan dengan ramah tamah.

Ujian seminar proposal disertasi a.n Istar Yuliadi

  Ujian seminar proposal disertasi a.n Istar Yuliadi

disertasi judul : resiliensi keluarga sebagai determinan kecemasan dalam rumah tangga dan kualitas hidup

ujian dilaksanakan pada hari rabu 26 april 2018 di gedung pendidikna doktor UNS

nama penguji :

  1. Prof. Dr. H. Achmad arman subijanto.,dr. MS
  2. Pror. Dr. Aris Sudiyanto.,dr., SP. KJ (K)
  3. Prof. Dr. Yahya alex pangkahila dr. sp. and,  Aifo
  4. Ari Natalia Probandari., dr. MPH.,PhD
  5. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari.,dr. M.Pd

Workshop penelitian kualitatif

Meningkatnya tren penelitian dalam kualitatif mulai meningkatkan dan banyak digunakan untuk mengekplorasi suatu keadaan yang belum bisa dilakukan penelitian kuantitatif, tergubras dari hal itu maka himpunan mahasiswa program doktor kesehatan masyarakat menyelenggarakan Workshop penelitian kualitatif , kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20-21 April 2018 di solo view hotel Surakarta

Workshop penelitian kualitatif di isi oleh narasumber yang konsen dalam bidang penelitian kualitatif, para narasumber terdiri dari 3 yaitu :

  1. Ari Natalia Probandari, dr., MPH.,PhD
  2. Dr. Argyo Demartoto.,M.Si
  3. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., MPd

peneliti yang baik adalah meneliti yang selalu berkembang sesuai dengan perkembangan jaman dan ilmu pengetahuan.

Audit Mutu Internal di S3 Kesehatan Masyarakat

Audit mutu internal merupakan program untuk menjaga kuantitas dan kualitas pendidikan tinggi. Audit bertujuan untuk melihat kesesuaian antara kondisi actual dan apa yang tertlis di dokumen, kondisi actual itu bisa berupa record atau catatan mutu ataupun observasi dengan melihat tata cara seseorang dalam melakuakan tugas/ pekerjaannya apakah sesuai dengan yang tertulis dalam Prosedur/ Instruksi Kerja

Audit Mutu Internal di S3 Kesehatan Masyarakat dilaksanakan pada hari Senin 9 April 2018

The 1st international conference on maritime health and coastral medicine faculty of medicine

The 1st international conference on maritime health and coastral medicine faculty of medicine, hang tuah university, surabaya, Indonesia
 
four point hotel , 27- 28 juli 2018
 
TEMA: UNDERWATER MEDICINE AND COASTAL HEALTH FOR THE FUTURE
 
SUB TEMA
  1. Hiperbaric and underwater medicine :
    Seminar: HBOT PD KASUS-KASUS Klinis
    • Penyakit Dalam
    • Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
    • Bedah
    • Obstetri gynecology
    • THT
    • Oral Medicine / Gigi mulut
    • Oncology
    • etc.
  2. Maritime Transportation
  3. Port Health : 
  4. Coastal Health
  5. Marine Production for Health & Beauty
  6. Hyperbaric Oxygen Therapy for Health & Beauty
  7. Hyperbaric & Under water Medicine in Undergraduate Education
  8. Sport and Recreation

Kuliah tamu systematic review  

Systematic Review  adalah metode  yang mengidentifikasi, menilai, dan menginterpretasi seluruh temuan-temuan pada suatu topik penelitian, digunakan dalam mempertajam riset terutama bagi mahasiswa doktor dalam menyiapkan rencana disertasi. 

kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa S3 IKM UNS bekerja sama dengan dosen dan prodi S3 IKM UNS untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman dengan dr. Jaelan. MPH dari dinas kesehatan wonosobo yang sudah melakukan Systematic Review dan sudah publikasi di Emerald

kegiatan di adakan di FK UNS pada tanggal 21 Maret 2018

Ujian seminar proposal disertasi a.n Burhannudin ichsan

Ujian seminar proposal disertasi a.n Burhannudin ichsan

dilakukan pada tanggal 28 februari 2018 di ruang sidang Lt.6 gedung pendidikan dokter FK UNS

dengan nama penguji sebagai berikut:

  1. Prof . Dr. H. Achmad Arman Subijanto.,dr.,MS
  2. Ari Natalia Probandi.,dr.,MPH, PhD
  3. Prof. Dr. Harsono Salimo.,dr, Sp.A (K)
  4. Prof. Djohar Ismail, dr, Sp. A (K). MPH, PhD
  5. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, M. Pd

Pendanaan disertasi doktor UNS tahun 2018

Pendidikan doktor merupakan tingkat pendidikan jenjang tinggi yang menghasilkan suatu temuan atau novelty baru dalam dunia teknologi dan pendidikan.  Fakta di lapangan menunjukkan bahwa para kandidat doktor seringkali menghadapi kendala berupa keterbatasan dana kegiatan sehingga tidak bisa fokus untuk menuntaskan tugas belajarnya secara tepat waktu. Melalui aktivitas hibah PNBP yang terus berlanjut ini maka diharapkan akademisi UNS yang sedang menempuh pendidikan doktoral dapat terfasilitasi untuk menyelesaikan studinya tepat waktu. Sehingga meningkatkan rasio jumlah doktor di UNS dan segera dapat mengabdikan dirinya untuk memberikan kontribusi dalam memecahkan masalah lokal, nasional maupun global dengan pendekatan keilmuan yang terkini.

panduan pendaanaan disertasi doktor 2018 dalam di download pada link dibawah ini:

panduan-p2m-pnbp-uns_edisi-v_-2018compressed (1)

Ujian kualifikasi doktor a.n Eram Tunggal Pawenang

Ujian kualifikasi dokter A.N Eram Tunggal Pawenang dilaksanakan pada kamis, 14 desember 2017 jam 13.00 wib bertemepat di Ruang sidang prodi S3 IKM UNS.

nama penguji : 1. Prof. Dr. Hartono,dr.,M.Si

                                 2. Dr. Setyo Sri Raharjo,dr.,M.Kes

                                 3. Dr. Pranoto,M.Sc

 

Pengabdian masyarakat mahasiswa S3 IKM UNS Klaten

Peran Serta Aktif terlibat Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam upaya pengendalian penyakit tidak menular (PTM) bersama pemerintah daerah kabupaten Klaten, Salam Germas. Plt Bupati Klaten langsung memberikan contoh dalam gerak jalan dalam rangka hari kesehatan nasional tahun 2017.Peran Serta Aktif terlibat Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam upaya pengendalian penyakit tidak menular (PTM) bersama pemerintah daerah kabupaten Klaten, Salam Germas. Plt Bupati Klaten langsung memberikan contoh dalam gerak jalan dalam rangka hari kesehatan nasional tahun 2017.

Program studi S3 IKM mengirimkan bantuan korban banjir di Kabupaten Klaten

Angin musim  serta hujan lebat yang mengguyur setiap hari telah menyebabkan banjir besar di beberapa daerah, Klaten mengalami dampak yang sama , Banyak sekali penduduk yang diungsikan dan menunggu datangnya bantuan. Merasakan beratnya penderitaan  para korban banjir Program studi S3 IKM baik itu Kepala prodi, mahasiswa serta civitas akademik tergugah untuk memberikan bantuan secara langsung. kegiatan dilaksanakan pada 30 November 2017 di Kabupaten Klaten

Umpan balik visi misi Program Studi S3 IKM UNS

Umpan Balik  visi misi Program Studi S3 IKM UNS…

kegiatan dilaksanakan di FK UNS pada tanggal 9 Oktober 2017

kegiatan tersebut dihadiri oleh mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan berjumlah 30 orang

Hasil dari kegiatan tersebut adalah Mahasiswa secara presentasi sebanyak 55% paham dan 45 % sangat paham tentang visi misi. Dosen secara keseluruhan 93% paham dan 7% sangat paham sedangkan tenaga kependidikan 100% sudah paham mengenai visi misi

Seminar rumpun ilmu bidang kesehatan

SEMINAR RUMPUN ILMU BIDANG KESEHATAN PASCASARJANA UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Merupakan tempat untuk bertukar pikir dan saran , mempresentasikan rencana tesis dan disertasi, diwakili oleh rumpun ilmu kesehatan pascasarjana universitas sebelas maret, dari prodi s3 Ilmu kesehatan masyarakat diwakili oleh Burhanuddin Ichsan….

acara dilaksanakan pada Sabtu, 18 November 2017 di Aula lantai 6 gedung pasca sarjana.

Ujian kualifikasi doktor a.n. Istar Yuliadi

Pada hari Rabu 8 November 2017 telah diselenggarakan ujian kualifikasi doktor a.n.

Istar Yuliadi  (NIM: T511608005)

judul : Resiliensi keluarga sebagai determinan kecemasan dalam rumah tangga dan kualitas hidup

Nama Tim Promotor/tim pembimbing:

  1. Prof. Dr. Aris Sudiyanto, dr. SP.Kj (K)
  2. Ari Natalia Probandi, dr.,MPH.,PhD
  3. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr.,MPd

Critical appraisal (CA)

Critical Appraisal (CA)

Lubuk akal lautan merupakan pribahasa yang tepat untuk mahasiswa yang senang untuk memperdalam  dan memperluas ilmu pengetahuan.  Critical Appraisal (CA) merupakan metode untuk menilai hasil, validitas dan kegunaan dari suatu artikel ilmiah.  ctirical aprasial berguna untuk mengurangi jurang antara hasil riset dan  aplikasi praktis. Critical Appraisal merupakan agenda akademik rutin mahasiswa program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat UNS. dengan penerapan rutinitas critical appraisal setiap 2 minggu sekali membantu mahasiswa dalam memperdalam arah disertasi. kegiatan ini dihadiri oleh semua angkatan dan di dampingi oleh dosen yang ahli di dalam bidangnya. pemelihan topik diserahkan kepada mahasiswa dan disesuaikan dengan arah disertasi masing-masing. (ii)

 

Pengabdian Masyarakat Anggota Prolanis

http://pasca.uns.ac.id/s3ikm/penelitian-dan-pengabdian-masyarakat/pengabdian-masyarakat/

Diabetes Mellitus merupakan 10 besar penyakit di Indonesia guna penurunan kejadian tersebut Poliklinik Rejosari Husada bekerja sama dengan Mahasiswa S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Studi Pascasarjana UNS mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.  Mahasiswa dan tenaga kesehatan melakukan pemeriksaan vital sign dan cek kadar gula darah serta monitoring control gula darah kepada penderita Diabetes Mellitus. Dalam kegiatan mahasiswa juga melakukan penyuluhan untuk mengajak para penderita lebih peduli terhadap kesehatan pribadi maupun keluarga dengan berperilaku hidup ‘CERDIK’ yaitu dengan melakukan Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet yang seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress dengan baik. Dengan berperilaku CERDIK diharapkan pada penderita diabetes melitus dapat mengelola gula darahnya dengan baik dan dapat mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut serta mampu berperan serta dalam pencegahan terjadinya Diabetes Mellitus pada keluarga. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017 di Poliklinik Rejosari Husada, Delanggu, Klaten dan diikuti oleh 60 orang anggota Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis). (dyp)

Pengabdian masyarakat di posyandu ngudi waras semanggi

Mahasiswa Program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Posyandu Lansia Ngudi Waras Semanggi RW 17 Surakarta. Kegiatan ini dilakukan sekaligus dalam rangka memperingati Hari kesehatan Nasional (HKN) ke 57. Meningkatkan pengetahuan kesehatan salah satu upaya pencegahan terhadap penyakit bagi lansia. Untuk itu dilakukan beberapa kegiatan, yaitu:

  1. Penyuluhan kesehatan lansia tentang aterosklerosis
  2. Penyuluhan tentang Open Defecation Free (ODF) 
  3. Screening test fungsi kognitif lansia
  4. Pemberian vitamin dan PMT

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2017 di gedung serba guna semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta.

Outbond Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Doktor

Prodi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret melaksanakan kegiatan “Membangun Komunikasi dan Tanggungjawab dalam Menempuh Pendidikan Doctoral”. Kegiatan dibuka oleh Kepala Prodi dr. Ari Natalia Probandari, MPH., PhD di lanjutkan outbond dengan berbagai permainan individu maupun team, Outbond berlangsung dengan seru, penuh canda dan tawa sehingga terjalin keakraban yang lebih solid. salah satu yang menarik adalah pemaparan materi “Sukses Aku Butuh Kamu” oleh Dr. Tri Rejeki Andayani, S.Psi.,M.Psi , sangat menggugah semangat peserta untuk meningkatkan ritme progressivitas dalam menyusun disertasi. Acara diselenggarakan di Argowisata Amanah Tawangmangu pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017. Outbond dilaksanakan untuk meningkatkan sinergisme mahasiswa, dosen dan pengelola program studi.

Outbond Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Peninjauan dan pengembangan kurikulum program studi Kesehatan Masyarakat program Doktor (S3) UNS

Peninjauan dan pengembangan kurikulum program studi Kesehatan Masyarakat program Doktor (S3) UNS

Mengingat kurikulum program studi merupakan titik yang menentukan kualitas lulusan. Hal ini karena kurikulum yang diterapkan akan mempengaruhi proses transfer ilmu pengetahuan yang sesuai tuntutan, sehingga memerlukan pembaruan dan inovasi baru di setiap semester dalam rangka mencapai visi Mengingat sudah berjalannya proses pembelajaran pada Program Studi Ilmu misi dan tujuan program studi maka program studi Kesehatan Masyarakat program Doktor (S3) UNS melaksanakan Peninjauan dan pengembangan kurikulum pada tanggal 7-9 Agustus 2017 di FK UNS. Acara tersebut dihadiri oleh  stakeholder, mahasiswa dan dosen. Narasumber kegiatan tersebut adalah dr, Bagoes Widjanarko.,MPH

Hasil Lokakarya tersebut adalah

  1. Perlu diadakan revisi visi misi.
  2. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat program doktor adalah ilmu kesehatan masyarakat murni, tidak ada peminatan.
  3. Perlu diadakan logbook mahasiswa untuk memantau perkembangan mahasiswa.
  4. Masukan dari stakeholder, kurikulum harus mencakup permasalahan penyakit masyarakat patologi sosial.
  5. Perlu adanya kegiatan outbond semua angkatan agar terjalin komunikasi.

The South-East Asia One Health University Network (SEAOHUN) travel award

http://www.indohun.org/seaohun-travel-award-concept-note/

The South-East Asia One Health University Network (SEAOHUN) encourages participation of students and academic staff in One Health-focused national and international meetings, conferences and workshops. SEAOHUN supports participation by providing travel awards to students and academic staff to deliver presentations and share updated knowledge/ experiences at such venues.

Criteria for applicants:

  • Applicant must be a staff member (permanent or contracted), or a student from one of the SEAOHUN member faculties in Indonesia, Malaysia, Thailand and Vietnam, or one of the SEAOHUN expansion countries, namely Cambodia, Lao PDR, Myanmar and Bangladesh.
  • The applicant must have been already accepted for oral or poster presentation by the conference.
  • The attending conference must be related to One Health and taken place within 30 September 2017.

Sponsorship Package:

Sponsorships may be applied towards the registration fee, economy class air fares, local accommodation, ground transport, and per-diem during for conference days. Sponsorships are awarded at the discretion of the SEAOHUN committee and depending on the available budget. The decision of the committee is final and the maximum sponsorship budgets are allocated differently in two categories of applicants as following:

  1. Student category: maximum sponsorship is 1,500 USD per award (at minimum of 5 awards)
  2. Faculty’s staff category: maximum sponsorship is 1,650 USD per award (at minimum of 17 awards)

Application Timeline:

  • Application must be submitted to SEAOHUN Foundation at least 45 days prior to the conference date.
  • The applications time of Travel Awards 2017 will be closed on 31st August 2017 (application DEADLINE).
  • The attending conference must be taken place within 30th September 2017.

The following deliverables are expected within two weeks after the conference:

  • A digital copy of oral presentation or poster
  • A financial report and trip report (the report templates will be sent to the successful applicants)
  • Scanned boarding passes and receipts sent via email
  • Original boarding passes and receipts sent via air mail to SEAOHUN Foundation office

Application Package:

  • Completed the “TRAVEL AWARD APPLICATION FORM” (using format as attached). The application must be endorsed and signed by the Head of Department or Faculty Dean.
  • Abstract of oral presentation or poster
  • Proof of abstract acceptance from the conference organizer
  • Brief Curriculum Vitae
  • Justification Letter of Attendance
  • A copy of photo page of passport. At least 6-month passport validity is required before traveling
  • Conference program (if available in PDF or words)

Application Submission or general enquiries:
Ms. Jutamart Jattuchai or May at secretariat@seaohun.org or jutamart@seaohun.org with subject line “Travel Award Application.”

IMPORTANT NOTE:

  1. SEAOHUN does not cover non-official meeting days, personal extra days, personal expenditures
  2. Once travel awardee has accepted the travel grant from SEAOHUN and the grant has already been transferred, the awardee cannot cancel the commitment on the travel award.
  3. The travel awardee must attend the whole event of the conference.
  4. All international travel will be subject to final travel approval from USAID/Washington DC. Travel Awardee must not incur any costs, including registration fee, prior to USAID approval.
  5. SEAOHUN and USAID must be acknowledged in the awardee’s oral and poster presentation.

One Health Teaching, Research, and Community Outreach (OH-TRAC) Workshop

Indonesia is one of the zoonoses hotspot in the world that has a high risk of transmission of emerging infectious diseases, re-emerging infectious diseases, and potential pandemic diseases. Zoonotic diseases influence the health of humans, animals, and ecosystems, which reviewed from various perspectives, especially the economy of a country, thus requiring cross-sectoral synergistic efforts in preventing and overcoming it.
One of the efforts in addressing the zoonoses problem is to increase countries’ capacity to detect, prevent and respond to zoonoses. Human life sectors needs to implement One Health approach which focuses on collaboration multi-sectoral to control zoonoses problem. Not only in research, but also in an academic course and community. Student needs to understand One Health approach and how to implement the approach into real situation to tackle zoonoses. Researcher needs to do research to find potential diseases and vaccine to protect human and animal. Last, we also need to involve community to implement the good practice of One Health approach in their community.
Indonesia One Health University Network (INDOHUN), a university platform of One Health  approach in Indonesia, contributes in enhancing the One Health workforce capacity in teaching,  research and community outreach. Through The One Health Teaching, Research, and  Community Outreach Workshop (OH-TRAC Workshop) sponsored by USAID, INDOHUN wants  to improve the capacity of innovative teaching, research, and community outreach. OH-TRAC  Workshop will be held on March 21-23, 2017 in East Java. This workshop has three sub-activities  and will hold in three parallel classes, as follows:
  1. One Health Teaching Workshop
This workshop is designed for young lecturers and will equip you with knowledge of innovative instructional methods, and teaching skills appropriate for training One Health workforce. Also, facilitators will train you on how to write a grant-winning teaching proposal.
  1. One Health Research Workshop
This workshop is designed for lecturers, faculty academic staffs, students (undergraduate  and postgraduate), and researchers (not eligible for those who were Grant Writing Workshop  participants on 2015 in Makassar and 2016 in Surabaya). This class will equip you with  writing methods of One Health related proposal. Also, facilitators will train you on how to  write a grant-winning research proposal.
  1. One Health Community Outreach Training
This workshop is designed for lecturers, faculty academic staff, and students (undergraduate and postgraduate). You will be equipped with effective community-oriented health promotion strategies using One Health approach. The class will discuss about effective strategy to empower local community and you will also be trained on how to write a grant-winning proposal of community outreach project.
Please get full information about the workshop here. (PDF Available)
If you are interested in being a part of this class, come and join us through the link below.
For any inquires, do not hesitate to contact Ms. Chandra through phone number (+6221 29302084) or email nco@indohun.org. Thank you!