Mahasiswa a.n. dr Muh Husen Prabowo, MPH menjadi pembicara dalam acara pelantikan pengurus PKFI Cabang Kabupaten Semarang

Upaya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) mempersiapkan kredensialing dan rekredensialing sebagai provider Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan menjadi permasalahan yang menarik untuk diidentifikasi, karena merupakan elemen penting dalam pertimbangan penyelesaian permasalahan. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Perhimpunan Klinik & Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Indonesia (PKFI) wilayah Jawa Tengah, dr Muh Husen Prabowo, MPH dalam acara pelantikan pengurus PKFI cabang kabupaten Semarang, Sabtu 24 Nopember 2018 di Hotel Griya Persada Bandungan.

Mutu pelayanan dan pembiayaan menjadi issu utama dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Perjalanan JKN yang akan memasuki tahun ke 6 tentunya diperlukan upaya perbaikan sistem dan kebijakan untuk mencapai tujuan dan peran asosiasi merupakan wadah perwakilan provider diharapkan dapat sejajar seperti dalam tripartite skema asuransi kesehatan sosial di Indonesia.

Provider merupakan salah satu unsur yang rentan menjadi sasaran penentu mutu dan tidaknya pelayanan sistem jaminan kesehatan, padahal permasalahan yang mendasar untuk mendapatkan mutu pelayanan kesehatan adalah kesesuaian anggaran untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan. PKFI sebagai wadah asosiasi pelayanan kesehatan tingkat pertama, memberikan arahan dan pedoman kepada anggota agar meningkatkan mutu pengelolaan faskes tingkat pertama dan berupaya melakukan negosiasi dan advokasi kepada pemerintah agar keseimbangan sistem dapat berjalan dengan baik. Data sebagai salah satu fakta untuk memeperkuat negosiasi sehingga diharapkan semua anggota berpartisipasi dalam memperkuat data yang baik dan relevan.