Workshop Diseminasi Hasil dan Kick-Off Meeting Fase Intervensi SUNI-SEA

Salah satu tanggung jawab peneliti adalah memastikan bahwa hasil penelitian tidak berhenti di publikasi dan naskah akademik. Pada Rabu, 14 Oktober 2020, kami berdiskusi dengan stakeholder tentang hasil penelitian dan rencana intervensi untuk pengendalian penyakit tidak menular di Indonesia secara daring melalui aplikasi Zoom.

Workshop Diseminasi Hasil dan Kick-Off Meeting Fase Intervensi SUNI-SEA dilakukan bersama Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, dr. Achmad Yurianto, Kepala Sub Direktorat Diabetes Melitus dan Gangguan Metabolik Kementrian Kesehatan, dr.Lily Banonah Rivai, M.Epid, serta Kepala Sub Direktorat Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Kementrian Kesehatan, dr. Ratna Budi Hapsari, MKM. Acara ini juga dihadiri stakeholder 8 Kabupaten/Kota (Medan, Deli Serdang, Batang, Semarang, Surakarta, Kediri, Jember, dan Karanganyar), serta perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi yang terkait (Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Jawa Timur).

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P (K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Selanjutnya, sesi pertama dengan moderator oleh Dr. Sumardiyono, SKM., M.Kes. diisi dengan paparan tentang Program Penyakit Tidak Menular di Era Adaptasi Kebiasaan Baru oleh dr. Achmad Yurianto. Pada sesi kedua, dilakukan diseminasi hasil studi fase retrospektif oleh Vitri Widyaningsih., dr., MS., Ph.D yang dilanjutkan dengan pemaparan rencana studi fase prospektif oleh Ketua Tim Penelitian SUNI-SEA, Prof. Ari Natalia Probandari, dr., MPH., Ph.D. Acara kemudian ditutup dengan diskusi, tanya jawab, serta masukan dari stakeholder.